in

Hindari Melakukan 5 Hal Ini Saat Traveling Naik Motor Kalau Ingin Selamat

mogok [image source]

Bagi sebagian orang berkendara menggunakan motor saat traveling adalah sebuah pilihan utama. Selain bisa merasakan pemandangan secara langsung, menggunakan motor juga dinilai lebih cepat ketimbang kendaraan lain. Oleh sebab itu tidak jarang banyak orang yang rela duduk berjam-jam di atas jok hingga sampai ke tempat liburan.

Namun sayangnya tidak semua traveler yang menggunakan motor itu berkendara dengan aman dan nyaman. Yang ada malah sebaliknya, sehingga membahayakan diri dan orang lain. Nah, biar aman sentosa saat bertraveling menggunakan kendaraan bermotor, beberapa hal harus diperhatikan. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

Jangan sampai luput dalam mengecek segala hal

Periksa dengan cermat [image source]
Ini adalah hal utama yang sering kali terlupakan saat traveling. Seringnya, hanya gara-gara luput saat mengecek kondisi motor, perjalanan jadi tertunda lama. Bukan hanya kondisi motor, keadaan destinasi pun juga mesti diperhatikan. Misalnya saja spot-spot yang digunakan untuk istirahat nanti hingga SPBU dan tempat ibadah yang bisa disambangi saat sedang di jalan. Satu lagi yang terpenting, jangan lupa untuk mempersiapkan konsumsi dan obat-obatan, remeh memang tapi ternyata perannya vital. Cek semua secara teliti, baik bensin, ban, mesin, terutama rem sebelum melakukan perjalanan.

Jangan berkendara dengan cara yang ngawur

berkendara ngawur [image source]
Kebanyakan para traveler yang menggunakan motor, kadang sering lupa daratan. Lantaran ingin membawa banyak perbekalan asal ada space langsung saja dijejali dengan berbagai barang. Alhasil malah membahayakan para pengendara saat berada di jalanan gara-gara tidak seimbang atau keberatan beban. Ingat selalu untuk tidak membawa banyak barang karena hal tersebut tak hanya membahayakan diri sendiri tapi juga orang lain. Sudah banyak kasus orang meninggal di jalan bukan karena kesalahannya sendiri.

Jangan bersikap kampungan saat berada di jalan

jangan kampungan [image source]
Satu hal yang sering dilakukan oleh seorang traveler motor biasanya adalah sering melakukan hal yang tidak perlu. Misalnya saja  tidak fokus berkendara karena satu sama lain sedang asyik foto kanan dan kiri karena ingin mengabadikan pemandangan atau main kebut-kebutan karena jalan sedang dalam keadaan sepi. Hal ini seharusnya tidak dilakukan, selain berbahaya juga bisa dianggap sama sekali tidak sopan. Bukannya terlihat keren yang ada malah kampungan jadinya. Ingat kalau jalanan bukan milik kita, sehingga adab kesopanan juga harus dijaga.

Jangan sampai mesin motor jadi overheat

mogok [image source]
Tidak semua mesin bisa digunakan untuk keadaan jauh, oleh karena itu saat melakukan traveling dengan motor mesti sering diperiksa. Mesin bisa panas akibat perjalanan jauh atau keadaan macet, kalau hal itu terjadi, yang ada malah overheat dan motor pun jadi mati. Untuk mencegahnya jangan lupa melakukan istirahat sebentar saat perjalanan ketika mesin dirasa sudah sangat panas. Lalu bagaimana kalau hal itu sudah terlanjur terjadi? Bawa mesin menjauh dari jalan raya istirahatkan sejenak, selanjutnya cabut busi kemudian masukan oli pada lubang yang ada di piston (lubang di busi). Dengan cara itu mesin akan segera mendingin dan bisa digunakan lagi.

Jangan sendirian, usahakan berboncengan

boncengan [image source]
Sebisa mungkin sih, jangan pergi traveling sendiri, usahakan mengajak orang yang bisa membawa sepeda motor. Sepele mungkin, namun sangat bisa menyelamatkanmu. Pasalnya kelelahan atau ngantuk bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Oleh sebab itu, partner yang bisa mengemudikan sepeda motor sangat diperlukan apalagi kalau melewati perjalanan yang jauh.

Memang sih traveling menggunakan motor itu sangat berbeda kesannya ketimbang menggunakan kendaraan lain, macam mobil atau yang lain. Tapi jangan lupa bagaimana pun keselamatan adalah hal yang paling utama. Ingat selalu untuk mempersiapkan apa pun agar perjalanan bisa aman dan nyaman.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Seperti Inilah Penghasilan Vlog 5 Orang Penting Indonesia, Ternyata Jumlahnya Bikin Ngiler

Misteri Koh Tao, ‘Pulau Kematian’ yang Banyak Makan Korban Tapi Tetap Jadi Destinasi Utama di Thailand