Trappist-1, Tata Surya Tetangga Berisi 7 Planet Mirip Bumi yang Jadi Harapan Baru Manusia

oleh Faradina
14:00 PM on Feb 23, 2017

Awal 2017 in NASA sudah membuat masyarakat dunia penasaran dengan iming-iming akan diumumkannya planet baru yang serupa dengan bumi. Sontak seluruh dunia menunggu-nunggu ingin tahu kira-kira planet mana lagi yang dapat menyerupai bumi dan apakah tempat tersebut nantinya bisa dihuni oleh manusia?

Mungkin juga ada sebagian orang yang berpikir bahwa jika temuan NASA tersebut benar adanya, siapa tahu suatu saat nanti umat manusia dapat pindah menuju planet baru itu. Atau bahkan mahluk ekstraterestrial atau alien yang selama ini kita bicarakan hidup di sana. Yang pasti pada tanggal 23 Februari NASA benar-benar membuat konferensi pers secara live dan menceritakan soal planet tersebut.

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

Tidak hanya 1, ternyata ada tujuh planet berukuran mirip dengan bumi yang berputar pada sebuah orbit mengelilingi satu bintang. Dan sistem ‘tata surya’ itu dinamakan Trappist-1.

Trappist-1 berada di konstelasi Aquarius

Bumi kita ini terletak pada satu sistem yang dinamakan tata surya, dan sementara yang baru ditemukan oleh NASA merupakan sistem baru yang diberi nama Trappist-1. Para astronot hanya membutuhkan waktu selama 39 tahun juta cahaya untuk menuju sistem Trappist-1 dari sistem tata surya kita. Sistem baru tersebut memiliki struktur yang sama dengan tata surya, yaitu terdapat sebuah bintang sebagai pusat yang dikelilingi beberapa planet.

Trappist-1 [image source]
Sistem yang terletak dalam konstelasi Aquarius ini berpusat pada sebuah bintang yang ukurannya jauh lebih kecil dibanding matahari atau hanya sedikit lebih besar dari Jupiter. NASA juga menyebutkan bahwa Trappist-1 memiliki zona yang aman untuk dihuni manusia dengan temperatur antara 0 sampai 100 derajat celcius. Menurut penglihatan para peneliti menggunakan teleskop canggih, Spitzer, ada tujuh planet yang mengelilingi sang bintang pada orbitnya. Sama saja dengan saat planet kita berevolusi.

7 Planet dengan ukuran mirip bumi disinyalir dapat ditinggali

Saat ini tujuh planet tersebut diberi inisial b, c, d, e, f, g, dah h oleh NASA. Layaknya bumi, saat melakukan revolusi, permukaan planet yang menghadap bintang terlihat lebih terang daripada di sisi lainnya. Hal tersebut tentu saja mengingatkan kita dengan terjadinya peristiwa siang dan malam. Menurut penelitian, planet b (yang terdekat dengan inti Trappist-1) membutuhkan waktu selama 1,5 hari untuk berputar berevolusi. Dan butuh 13 hari untuk planet terjauh berevolusi.

Tujuh planet [image source]
Sementara untuk ukurannya, planet terbesar dengan inisial g dan b hanya 10% lebih besar dibanding bumi. Sementara planet terkecilnya yaitu d dan h memiliki ukuran 25% lebih kecil daripada planet kita. Planet-planet tersebut juga diduga memiliki bermukaan berbatu dan memungkinkan mengandung air serta dihuni oleh kawan-kawan luar angkasa kita.

Perlu diadakan penelitian lanjutan untuk membuktikan layak tidaknya planet itu dihuni

Para ilmuwan NASA menghimbau masyarakat dunia untuk tidak terlalu senang dulu karena masih ada banyak hal yang harus diteliti dari Trappist-1. Namun sejauh ini ada tiga planet yang memungkinkan untuk ditinggali oleh manusia karena berpotensi dapat menyimpan cadangan air dan memiliki sistem yang mirip dengan bumi.

Tappist dan Tata Surya [image source]
Selain itu Trappist-1 memiliki susunan planet yang padat. Jika dibanding tata surya, jarak antar planet di Trappist-1 terlampau dekat sehingga para peneliti mengibaratkan kalau seseorang berdiri di satu sisi planet, dia akan dengan mudah melihat planet tetangga di langit layaknya kita setiap malam bisa melihat bulan. Ilmuwan NASA juga mengemukakan mereka akan kembali melakukan konferensi online di tahun depan setelah mengadakan penelitian lanjutan.

Penemuan NASA tersebut seakan memberikan harapan baru bagi perkembangan ilmu pengetahuan dunia karena ternyata ada tempat lain di luar sana yang bisa saja memberikan harapan hidup di tengah isu semakin parahnya kondisi bumi saat ini. Menurutmu apa memungkinkan umat manusia mendiami planet-planet itu suatu hari nanti?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA