Transplantasi Kepala Pertama di Dunia Tahun 2017, Berani Coba?

oleh Ayu
14:17 PM on Mar 5, 2015

Mungkin Anda tak pernah memikirkan ide transplantasi kepala. Karena setiap kali kepala ini lepas dari tubuhnya, maka nyawa kita pun akan melayang. Meski begitu, seorang ilmuwan bernama Dr. Sergio Canavero, sangat yakin dengan terobosan barunya dalam dunia medis.

Tranplantasi umumnya dilakukan pada organ penting tubuh. Itu pun tidak semua organ, misalnya hanya sumsum tulang belakang, kornea mata, ginjal dan sebagainya. Sedangkan ide ekstrim ini, dibuat oleh Canavero untuk orang-orang yang memiliki masalah dengan tulang belakang. Terutama lansia atau mereka yang mengalami tulang punggung bungkuk. Tidak hanya itu, metode ini bisa menjadi solusi bagi mereka yang tubuhnya digerogoti kanker.

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

Transplantasi kepala untuk orang sakit punggung via Mirror

Harapannya, dengan menggunakan cara ini, pasien bisa mendapatkan kembali tubuh yang sehat. Caranya adalah dengan mengganti tubuh mereka. Kepala akan dipindahkan dari tubuh yang sakit ke badan yang lebih sehat. Dilansir dari Mirror, konon yang teknik menempelkan kepala ini menggunakan lem khusus. Selanjutnya, pasien akan koma selama 4 minggu.

Dr. Sergio Canavero via Mirror

Fase koma tersebut diperlukan untuk masa penyatuan kepala dengan jaringan tubuh sehingga kepala tidak akan lepas (Wah, merinding juga ya membayangkannya?)Untuk tranplantasi kepala ini, Canavero akan membuka harga sebesar 7,5 juta poundsterling atau sekitar Rp 148 triliun. Pria tersebut membuka kesempatan pada tahun ini bagi mereka yang ingin menjalani transplantasi kepala pada tahun 2017 nanti. Well, hitung-hitung sambil mengumpulkan uang untuk membiayai transplantasi ini.

Namun karena terlalu ekstrim dan dianggap cukup beresiko, seorang pakar neurologi bernama William Matthews mengatakan bahwa konsep Canavero masih belum siap. “Dipikirnya sudah siap, tapi saya rasa masih terlalu jauh untuk bisa merealisasikannya,” ujarnya.

Kepala dan tubuh manusia adalah buatan Sang Pencipta yang sangat alami dan sempurna. Mampukah sains membuat hal yang sama? Kita lihat saja pembuktian transplantasi kepala ini dalam 2 tahun ke depan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA