Perjalanan sistem uang di Indonesia bukanlah perkara mudah. Dimulai dari sistem barter hingga ada sebuah wujud untuk merepresentasikan alat untuk melakukan jual-beli. Meski sudah mendapatkan satu wujud pasti, tidak menutup kemungkinan bagi harta manusia yang paling berharga tersebut untuk selalu mengalami perubahan.

Oeang Repoeblik Indonesia (ORI) berganti menjadi rupiah hingga nominal yang makin ke sini makin banyak yang hilang. Memperingati Hari Uang Nasional, Boombastis.com akan menyajikan transformasi wajah rupiah dari masa ke masa. Mana saja yang pernah kamu miliki?

Satu Rupiah, uang yang paling banyak mengalami perubahan. Bisa dibilang menjadi saksi bisu dalam perjalanan Indonesia.

Satu Rupiah [image source]

Mengalami perubahan selama kurang lebih 8 kali, Satu Rupiah mulai beredar ketika jaman penjajahan Jepang dan berakhir pada tahun ‘70an.

Satu Rupiah lanjutan [image source]

Sepuluh Rupiah, sama seperti Satu Rupiah, uang ini juga mengalami perubahan. Namun karena tergolong nominal yang cukup besar pada jaman itu, tidak banyak yang memiliki uang ini dalam kantongnya.

Sepuluh Rupiah [image source]

Seratus Rupiah, sebelum berganti menjadi uang logam seperti sekarang, dulu uang pecahan ini beredar dalam bentuk kertas dengan desain yang menarik. Siapa yang masih mengalaminya?

Seratus Rupiah [image source]

Lima Ratus Rupiah, hayooo siapa yang masih ingat sering menggunakan uang pecahan ini untuk mengejek satu sama lain?

Lima Ratus Rupiah [image source]

Seribu Rupiah, kalau uang yang ini pasti netizen sekalian ikut merasakan dari pertama ‘debut’ hingga berganti wajah menjadi koin baru-baru ini.

Seribu Rupiah [image source]

Lima Ribu Rupiah, cetakan pertama dan kedua belum pernah penulis pegang, kalau kamu?

Lima Ribu Rupiah [image source]

Sepuluh Ribu Rupiah, uang ini yang agak miris, karena ketika diedarkan cetakan barunya banyak yang mengejek figur yang ada di tampilan depan. Padahal, beliau juga pahlawan yang berjasa terhadap tanah air.

Sepuluh Ribu Rupiah [image source]

Lima Puluh Ribu Rupiah, wah ada wajah Presiden Soeharto di situ, sejauh ini berarti Presiden yang telah menghiasi wajah rupiah masih pemimpin Indonesia pertama dan kedua saja

Lima Puluh Ribu Rupiah [image source]

Seratus Ribu Rupiah, nominal yang terbesar di Indonesia sejauh ini dan masih mengalami perubahan yang paling sedikit.

Seratus Ribu Rupiah [image source]
Transformasi di atas secara tidak langsung membuktikan tidak ada yang abadi di dunia ini. Begitupun uang yang diwakili oleh rupiah dalam hal ini. Meski wajahnya telah berubah-ubah, fungsi dari rupiah ini masih tetap terjaga kuantitasnya. Semoga ke depannya, mata uang rupiah tetap stabil ya meski ada wacana untuk redenominasi dan sebagainya. Di antara 9 transformasi rupiah di atas, mana yang jadi favoritmu?