Berbicara mengenai transfer, saat ini sepak bola tengah masuk keranah yang ‘gila’. Pasalnya banyak tim yang rela mengeluarkan uang milyaran atau bahkan triliunan untuk mendapatkan pemain incaran. Pembelian Neymar dari Barcelona oleh PSG contohnya, saat itu bintang Brasil di boyong dengan nila fantastis yakni 2,2 triliun. Angka yang apabila bila digunakan untuk memberangkatkan haji bisa satu kampung ikut.

Padahal sebelum era sepak bola seperti sekarang transfer pemain tidaklah begitu dahsyat. Bahkan cenderung memunculkan sebuah perjanjian pembelian pemain yang unik. Lantaran, tidak hanya uang yang digunakan, namun juga benda-benda yang tak terduka semacam timbangan. Ada pula yang juga ditukar dengan sebuah satu tas bola. Seperti apakah kisahnya? Simak ulasannya berikut ini.

Penyerang hebat, Indriyanto Nugroho dibeli dengan uang 100 perak

Mister seratus rupiah [Sumber Gambar]
Apabila melihat nominal yang dibayarkan yakni 100 perak untuk membeli Indriyanto Nugroho. Pastinya pemain yang pernah memperkuat Persik Kediri adalah yang termurah di jagad sepak bola. 100 sobat, jumlah yang sekarang hanya cukup untuk dibuat untuk membeli permen. Kejadian unik dan mengenaskan ini terjadi kala sepak bola nasional memasuki era Galatama. Saat itu pemilik klub Indriyanto Nugroho, Arseto Solo marah besar terhadap dirinya. Sehingga menyebabkan transfer murahnya ke Pelita Jaya terjadi.

Legenda MU, Gary Pallister pernah dibeli dengan satu tas bola saja

Gary Pallister berseragam MU [Sumber Gambar]
Selain dalam negeri, transfer pemain yang unik juga terjadi di daratan Eropa. Mantan Legenda Manchester United yakni Gary Pallister dibeli dengan hanya menggunakan satu set tas berisi bola. Kejadian aneh tersebut terjadi saat dirinya berpindah dari Middlesbrough ke Billingham Town. Entah apa yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi, tapi yang pasti hal tersebut tidak sebanding dengan reputasinya. Selama berkiprah di dunia bola, Gary Pallister adalah sosok pemain bola yang hebat, dengan mampu bermain luar biasa saat berseragam Manchester United.

Satu set timbangan jadi mahar mengangkut Ian Wright

Legenda Arsenal pernah dibeli dengan nilai tak lazim [Sumber Gambar]
Seperti mengikuti jejak kedua orang tadi, Ian Wright juga memiliki sebuah kisah yang bisa dibilang unik tentang masalah perpindahan pemain. Apabila tadi uang 100 perak dan satu tas bola sebagai mahar untuk bisa merekrut pemain. Mantan legenda Arsenal ini di transfer dengan hanya memberikan satu set timbangan. Peristiwa unik tersebut terjadi kala Ian Wright berpindah dari Greenwich Borough ke Crystal Palace. Berkat hal tersebut transfernya selalu teringat hingga sekarang.

Pemain hebat Liverpool, Jhon Barnes pernah dibeli dengan satu set baju

Jhon Barnes transfer unik [Sumber Gambar]
Dari timbangan dan tas berisi bola, transfer pemain dengan satu set baju saja adalah peristiwa yang membuat dahi siapa saja akan mengkerut dan sambil bertanya kok bisa?. Kejadian unik dialami oleh Jhon Barnes, seorang pesepakbola legenda Liverpool yang tidak perlu diragukan kemampuannya. Transfer pemain berperawakan besar ini terjadi kala dirinya berpindah dari klub Sudbury Court ke Watford, setelah sebelumnya berhasil bermain bagus di trail latihan selama beberapa bulan.

Selain terkadang memunculkan drama, sebuah rekor, sampai mistik, beginilah wujud sepak bola yakni unik dan aneh. Hampir semua unsur di kehidupan kita terdapat di olahraga ini. Jadi tidak heran apabila sepak bola terus bertahan dari zaman ke zaman. Dan setiap harinya juga selalu bertambah yang suka akan olahraga ini.