Tragedi Pesawat TransAsia yang Jatuh ke Sungai di Taipei

oleh venny
10:22 AM on Feb 5, 2015

Musibah di dunia penerbangan kembali terjadi, pesawat milik maskapai Taiwan, TransAsia Airlines mengalami kecelakaan jatuh ke sungai Keelung di New taipei City, Taiwan pada Rabu (04/02/2015). Pesawat jenis turboprop ATR 72-600 itu mengangkut 58 penumpang itu jatuh ke sungai sesaat setelah lepas landas.

Sebelum pesawat yang hendak terbang dari Taipei menuju pulau lepas Pantai Kinmen terjatuh, badan pesawat banking (miring) ke arah kiri di atas sebuah jembatan layang Nanyang, jalan raya di Taipei City, dekat bandara Taipei Songshan. Saat menabrak jembatan layang, pesawat masih dalam keadaan terbang rendah. Terlihat dari foto yang beredar di twitter di akun seorang warga Taiwan @Missxoxo168.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Pesawat Transasia GE 235 yang jatuh ke sungai di Taipei (c)@Missxoxo168
Pesawat Transasia GE 235 yang jatuh ke sungai di Taipei (c)@Missxoxo168

Foto tersebut diimbuhi keterangan bahwa kejadian tersebut direkam menggunakan kamera yang dipasang di dashboard mobil.

Pesawat Transasia GE 235 yang jatuh ke sungai di Taipei (c)@Missxoxo168
Pesawat Transasia GE 235 yang jatuh ke sungai di Taipei (c)@Missxoxo168

Sebuah rekaman yang diduga merupakan percakapan terakhir pilot dengan lalu lintas bandara (ATC) terekam dalam liveatc.net. Dari rekaman tersebut, terdengar pilot mengabarkan kondisi darurat pada ATC. “Mayday! Mayday! Engine Flameout!” isi suara dalam rekaman tersebut, seperti dikutip dari Mirror, Rabu (04/02/2015)

Melalui percakapan itu terlihat bahwa pilot mengumumkan kondisi darurat kepada pihak ATC. Sementara Engine Flameout adalah istilah yang digunakan ketika sistem pembakaran dalam mesin mengalami gangguan dan tidak menghasilkan api yang menyebabkan kegagalan operasi mesin. Pada umumnya, pesawat yang memiliki dua mesin masih mampu terbang dengan menggunakan satu mesin saja.

Tim penyelamat telah menemukan 15 jenazah, namun mereka meyakini setidaknya ada 22 orang yang tewas dalam kecelakaan pesawat tersebut, semantara sisanya masih belum diketemukan.

Kecelakaan ini merupakan kali kedua tragedi naas pesawat yang dialami Transasia. Sebelumnya, Bulan Juli tahun lalu, sebuah pesawat TransAsia mengalami kecelakaan yang menewaskan 48 orang, pesawat  tersebut jatuh saat terbang dalam kondisi badai.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya
BACA JUGA