in

Ziarah Makam Sampai Cium Bendera Perang, Beginilah Ritual yang Dilakukan TNI Sebelum Bertugas

Dari dulu, Indonesia mempunyai pahlawan yang mampu melindungi, menjaga dan menyelamatkan rakyat dari musuh. Seperti Pangeran Diponegoro, Pattimura dan lain sebagainya. Tapi kini, bumi pertiwi juga mempunyai pahlawan kembali. Namun bukan seperti pahlawan nasional yang sudah disebutkan tadi.

Siapa hayo? Ya TNI, polisi, BASARNAS dan beberapa profesi lainnya. Mereka sudah bekerja keras untuk mengayomi masyarakat meskipun terkadang dipandang sebelah mata. Btw, berbicara tentang pahlawan zaman now ini, mereka ternyata mempunyai keunikan tersendiri di pekerjaannya. Salah satunya adalah tentang tradisi sebelum bertugas. Wah, apa saja sih kebiasannya?

Ziarah ke makam pendiri kerajaan

Tradisi unik pertama datang dari Batalyon Infanteri Raider 303/SSM Kostrad. Dilansir dari akun instagram @porosgarut, para prajurit melakukan ziarah ke makam. Hal ini juga diamini oleh Komandan Batalyon Infanteri Raider 303/SSM Kostrad Letkol Inf Taufik Ismail, S.Sos yang sekaligus menjadi pemimpin di acara ziarah ini.

Ziarah ke makam [Sumber Gambar]
Menurutnya, kegiatan ini merupakan tradisi satuan Yonif Raider 303/SSM Kostrad yang biasa dilaksanakan sebelum berangkat ke daerah penugasan. “Nilai-nilai yang dapat diambil dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan semangat dan motivasi juang kepada prajurit yang akan berangkat melaksanakan penugasan khususnya bagi prajurit Yonif Raider 303/SSM Kostrad yang sebentar lagi akan melaksanakan pengamanan perbatasan di wilayah RI-Malaysia,” terangnya.

Ngopi bareng sambil bertukar pikiran

Bagi yang mempunyai kerabat TNI mungkin sudah tahu dengan TMMD. Nah, bagi yang tidak tahu, TMMD merupakan singkatan dari TNI Manunggal Membangun Desa. Di mana itu adalah wujud dari operasi Bhakti TNI untuk membantu pembangunan di desa-desa. Nah, di akhir 2018 lalu, Desa Balecatur, Kabupaten Sleman, Yogyakarta kebagian memperbaiki desa bersama anggota TNI. Dan uniknya, anggota TNI yang berada di sana mempunyai kebiasaan sebelum bertugas.

Ngopi bersama warga [Sumber Gambar]

Adalah dengan ngopi bersama warga dan juga kepala daerah serta tak ketinggalan berbagi cerita tentang pengalaman-pengalamannya. Fenomena ini pun sangat disukai oleh Kepala Desa Balecatur, Hj Sebrat Haryanti. Ia mengungkapkan, dengan tradisi seperti ini, para warga dan juga TNI bisa menjalin keakraban satu dengan lainnya.

Mencium bendera perang yang menandakan sudah siap lahir batin untuk jalankan tugas

Lain lagi dengan anggota TNi Yonif 743/PSY di Kabupaten Kupang. Setiap anggota yang hendak bertugas sangat wajib menjalankan tradisi yang sudah berjalan turun temurun. Yaitu mencium bendera perang yang didahului oleh Komandan Batalyon Infanteri 743/PSY.

Cium bendera perang [Sumber Gambar]
Dilansir dari tribunnews.com, penciuman bendera perang ini merupakan wujud kebanggaan terhadap satuan yang didasari dengan hati bersih dan jiwa tulus. Lalu, menjadi pertanda kesiapan lahir dan batin bagi seluruh prajurit untuk menjalankan tugas yang dipercayakan negara. Tradisi ini terakhir dilakukan oleh 350 prajurit Yonif 743/PSY yang bertugas sebagai sebagai Satgas Pamtas RI-RDTL di perbatasan RI-RDTL Kabupaten Belu.

BACA JUGA : 5 Fakta Lucu TNI di Masa Lalu ini Akan Membuatmu Tertawa Tapi Bangga Luar Biasa

Ternyata, beberapa anggota TNI memiliki tradisi masing-masing sebelum berangkat bertugas. Ada yang ziarah makam, ngopi bareng hingga cium bendera perang. Semua itu dilakukan untuk meluapkan kegembiraan mereka yang akan berlanjut untuk membela negara dan tanah air. Terus semangat wahai prajurit TNI, terima kasih atas perjuangan yang telah kau beri kepada bumi pertiwi.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Diam-diam Jadi PNS, 4 Hal Ini Jadi Keistimewaan Atlet Indonesia Saat Jadi Aparatur Negara

Jadi Tempat Idola Napi, Inilah Penjara Sing Sing yang Punya Keamanan Super Ketat