5 Tradisi dan Ritual di India yang Bakal Bikin Kamu Ternganga

oleh Tetalogi
10:40 AM on Feb 20, 2016

India adalah tanah dengan budaya, peradaban dan ritual yang sangat kaya. Kebanyakan dari budaya-budaya tersebut sudah ada sejak lama dan masih terpelihara hingga saat ini.

Sebagian wilayah India memang berkembang seperti kota-kota besar di negara lain. Namun, ada juga sebagian kecil yang masih memegang erat tradisi yang terkadang bisa dibilang aneh dan tidak jarang ada juga yang mengerikan.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Melempar Bayi

Setiap tahun pada bulan Desember, lebih dari seratus bayi dilempar dari atap kuil ke kerumunan yang ada di bawahnya. Bayi-bayi tersebut dilempar dari ketinggian 60 meter dan sekelompok pria menunggu di bawah dengan kain untuk menangkap bayi tersebut.

Ritual menjatuhkan bayi [Image Source]
Ritual menjatuhkan bayi [Image Source]
Ritual ini dipercaya bisa memberi berkah kepada pasangan yang menikah dan membuat mereka bisa memiliki lebih banyak anak. Menurut mereka, ritual ini juga bisa membawa kesehatan dan keberuntungan bagi keluarga. Namun karena sifatnya yang berbahaya, pemerintah India berencana untuk melarang ritual yang sering dilakukan di daerah selatan Karnataka ini.

2. Festival Thookam

Festival Thookam dulunya dilakukan oleh para penganut Hindu India di Kerala. Namun, tradisi ini sekarang sudah jarang dilakukan karena dilarang oleh pemerintah. Dalam festival ini, pria ditusuk punggungnya dengan menggunakan pengait, kemudian diangkat dan digantung menggunakan tali.

Thookam [Image Source]
Thookam [Image Source]
Legenda menceritakan bahwa Dewi Kali tetap merasa tidak puas dan merasa kehausan setelah membunuh Darika. Maka dewa Wisnu kemudian mengirim Garuda untuk meredakan rasa haus Kali. Setelah Kali mendapatkan beberapa tetes darah Garuda, barulah ia merasa tenang. Ritual Thookam dilaksanakan berdasarkan kepercayaan ini.

3. Thaipoosam

Thaipoosam adalah sebuah festival Hindu yang diselenggarakan kebanyakan oleh komunitas Tamil saat bulan purnama. Dalam festival ini, masyarakat menyakiti diri sendiri demi mendapatkan berkah dari dewa. Mereka bisa menusuk tubuh mereka sendiri dengan pengait, tombak, atau alat penusuk.

Thaipoosam [Image Source]
Thaipoosam [Image Source]
Beberapa orang bahkan melukai diri sendiri dengan lebih parah. Ada yang berusaha menarik traktor atau benda berat lainnya dengan tali yang dipasang dengan kait di kulit. Ada juga yang melubangi lidah dan pipinya. Idenya adalah agar tidak bisa bicara sehingga bisa berkonsentrasi penuh pada Tuhan.

4. Berjalan di Atas Api

Di India ada sebuah festival yang cukup ekstrim yaitu Theemithi. Dalam festival ini, orang-orang berjalan menyeberangi sebuah galian berisi arang yang membara tanpa mengenakan alas kaki. Ritual ini dilakukan untuk menghormati Draupadi Amman.

Theemithi [Image Source]
Theemithi [Image Source]
Karena itulah untuk menghormati Draupadi, mereka tidak boleh melewati arang ini dengan berlari cepat-cepat, tapi harus berjalan dengan perlahan. Beberapa orang yang mengikuti ritual ini menderita luka bakar di kaki, dan bahkan juga seluruh tubuh jika mereka sampai terjatuh di bara api tersebut.

5. Ritual Kaum Aghori

Aghori adalah salah satu kelompok umat Hindu yang menyembah dewa Siwa namun dengan cara yang ekstrim. Aghori diketahui melakukan ritual-ritual yang melibatkan kematian, bahkan termasuk kanibalisme dan necrophilia atau berhubungan seksual dengan mayat.

Aghori [Image Source]
Aghori [Image Source]
Para Aghori sering kali tinggal di pekuburan, mereka juga mengoleskan abu sisa kremasi ke seluruh tubuh. Tidak hanya itu saja, mereka juga membuat cangkir dari tengkorak seperti yang biasa dilakukan oleh Siwa. Mereka juga menggunakan tulang belulang manusia sebagai aksesoris. Para umat Hindu lain menentang praktik yang dilakukan Aghori karena berlawanan dengan Hindu pada umumnya.

Itulah tadi beberapa ritual di India yang mungkin memang terdengar tidak masuk akal meski nyata ada. Untungnya beberapa ritual tersebut sudah dilarang dan jarang dilakukan karena dinilai berbahaya dan bisa menyakiti diri sendiri atau orang lain. Memang ritual dilakukan untuk menunjukkan kepatuhan dalam beragama, karena itu melarang ritual tersebut akan menjadi hal yang terkadang sulit untuk dilakukan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA