Tradisi Arak Maling di Gili Trawangan Yang Bikin Jera Pelaku Pencurian

oleh Ayu
09:27 AM on Mar 16, 2015

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat adalah salah satu tempat wisata paling aman dan nyaman di Indonesia. Apalagi bagi Anda yang suka pelesir sendirian atau takut kehilangan barang bawaan yang Anda miliki. Di sini, barang Anda yang hilang bisa kembali lagi.

Baca Juga: 5 Jalan di Indonesia yang Indah Untuk Tujuan Wisata

Ada sebuah ‘tradisi’ yang sebenarnya merupakan inisiatif warga setempat agar nama bersih daerah Gili Trawangan tetap terjaga. Tradisi ini ialah mengarak atau membawa seorang maling yang ketahuan untuk berkeliling. Layaknya arak-arakan maling, pelaku juga diberi sebuah papan berkalung yang menunjukkan apa yang ia lakukan.

Baca Juga
Inilah 4 Kisah Pria Beruntung 2017, yang Berhasil Bikin Bule “Ngebet” Nikah
Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah

Maling yang ternyata bule pun bisa diarak keliling desa bila terbukti melakukan kesalahan via Pulau Lombok Facebook Page

Menariknya, hal ini diberlakukan oleh warga lokal pada semua kalangan, baik wisatawan asing, bule, wisatawan lokal atau warga setempat yang memang ketahuan melakukan kesalahan. Setelah dibawa berkeliling desa, barulah tersangka diserahkan pada yang berwajib untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Salah satu bukti bahwa tradisi ini tidak pandang bulu adalah ketika seorang pria bule ketahuan mencuri tas temannya. Bukti mereka dapatkan lewat CCTV yang ada di lokasi kejadian. Akhirnya wisatawan asing tersebut diarak keliling desa oleh pimpinan dan warga setempat.

Kebiasaan semacam ini bisa membantu menjaga nama baik daerah Gili Trawangan sebagai salah satu destinasi wisata paling diminati di Indonesia. Selain itu meningkatkan keamanan dan kenyamanan berwisata di Indonesia, khususnya di daerah Lombok itu sendiri.

Unik sekali ya? Daripada main hakim sendiri, hukuman seperti ini bisa membuat jera dan malu pelaku kriminalitas. Apalagi setelah diarak keliling kampung, maling dikembalikan ke pihak kepolisian. Kabarnya, jika Anda bepergian ke lombok dengan kendaraan umum, jangan lupa ingat nama pengendaranya. Selain bisa memudahkan Anda menemukan barang itu kembali, kadang pengendara itu yang akan mencari Anda untuk mengembalikan barang. Keren bukan?

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata Aneh yang Bikin Geleng Kepala

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA