in

Memakan Daging Mayat sampai Menikahkan Orang Mati, Ini 5 Tradisi Aneh yang Ada di India

India terkenal sebagai salah satu negara yang kaya budaya dan tradisi. Ada banyak sekali tradisi yang umurnya ratusan tahun dan masih lestari hingga saat ini. Salah satunya ada tradisi menari yang dilakukan di setiap upacara atau pemujaan.

Namun, di antara banyak tradisi, ada juga yang masuk dalam kategori ‘mengerikan’. Tradisi tersebut hanya bisa kamu temukan saat mengunjungi India. Berikut 5 tradisi aneh yang masih dilakukan di India.

Tradisi ‘memakan’ mayat oleh sekte Aghoris Kanibalistik

Selain terkenal dengan negara dengan berbagai jenis agama yang berkembang di dalamnya, India juga memiliki banyak jenis sekte. Salah satu sekte yang terkenal di India adalah Aghoris Kanibalistik. Para Aghoris Kanibalistik ini memuja Dewa Siwa, mereka percaya jika segala bisa dikonsumsi, termasuk manusia.

Aghoris Kanibalistik [sumber gambar]
Sekte Aghoris ini tak segala melakukan kegiatan ‘memakan’ manusia. Caranya? Sekte Aghoris menarik mayat dari sungai, merenungkannya, lalu mencabik-cabik tubuh mereka dan memakan dagingnya. Tulang-tulang mayat tersebut akan diolah menjadi wadah-wadah makanan.

Tradisi melempar bayi dari atas kuil

Salah satu ritual yang tak kalah aneh di India adalah tradisi lempar bayi dari atas kuil. Bukan tanpa alasan, melempar bayi ini dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan dan kesehatan untuk si bayi. Pelemparan ini dilakukan dari atas balkon sebuah kuil yang tingginya 15 meter. Pertama-tama bayi akan dipegang tangan dan kakinya, lalu diayun-ayunkan seperti keranjang.

Tradisi melempar bayi dari atas kuil [sumber gambar]
Ibu sang bayi akan menunggu di bawah kuil bersama dengan warga, sambil membentangkan kain untuk menangkap bayi tersebut. Bayi yang nantinya menangis karena terkejut akan disambut sorak sorai, lalu digendong bergantian dengan orang yang ada di tempat tersebut.

Menikahkan dua mayat yang sudah lama meninggal

Pernikahan untuk orang-orang yang telah mati ini dinamakan sebagai Pretha Kalyanam. Pengantin yang dinikahkan haruslah meninggal saat masih bayi, atau anak-anak yang usianya masih di bawah 18 tahun. Masyarakat percaya bahwa menikahkan anak-anak yang sudah meninggal bisa mendatangkan keberuntungan. Sebaliknya, roh-roh yang dianggap gentayangan dan tidak dinikahkan akan mendatangkan kesialan bagi keluarga yang ia tinggalkan, terutama jika mereka meninggal saat belum menikah.

Menikahkan orang yang sudah lama mati [sumber gambar]
Arwah diyakini akan tenang setelah kebutuhan (menikah) terpenuhi. Pernikahan ini dilakukan dengan cara memajang pakaian pengantin, patung, atau boneka sebagai ganti mempelai. Sedangkan kedua orang tua mereka, hubungannya akan disahkan oleh penghulu.

Membakar diri bersama pasangan yang meninggal

Janji sehidup semati adalah hal yang bisa dilihat dengan mayat di India. India mempunyai tradisi yang disebut dengan Sati (Suttee), yaitu membakar diri bersama pasangan saat salah satunya telah meninggal dunia (dalam hal ini suami) terlebih dahulu. Sati sendiri berarti wanita yang baik atau istri yang suci.

Tradisi Sati di India [sumber gambar]
Dalam hal ini, istri akan dengan sukarela melakukan tradisi Sati saat suami mereka meninggal dunia. Caranya pun beragam, mulai dari membakar diri di rumah pemakaman suami, menenggelamkan diri, atau rela dikubur bersama suami mereka. Sati ini sendiri dianggap sebagai salah satu ritual penutup dalam pernikahan, bukti bahwa istri menjadi pasangan berbakti, bahkan sampai mengikuti suami ke alam baka.

Membunuh orang yang sudah lanjut usia

India tercatat sebagai salah satu negara yang miskin. Dilansir dari The Week, ada 360 juta penduduk di India yang tidak bisa mendapatkan makan yang layak tiga kali sehari. Dari kemiskinan ini, lahirlah sebuah tradisi yang disebut Thalaikoothal. Tradisi ini pertama kali lahir pada tahun 2014 lalu, yaitu praktik untuk membunuh orang tua yang sudah lanjut usia dan dilakukan oleh keluarganya sendiri.

Tradisi Thalaikoothal [sumber gambar]
Orang tua yang akan ‘dibunuh’ ini akan disuruh mandi dengan minyak kental sebelum fajar. Setelah mandi, mereka akan meminum air kelapa tua sepanjang hari. Akibatnya, orang tua tersebut akan mengalami gagal ginjal dan meninggal dunia. Tradisi ini sendiri dianggap sebagai salah satu tradisi agar meringankan beban keluarga. Selain minum air kelapa, tradisi ini juga bisa dilakukan dengan meminumkan racun kepada orang yang sudah lansia.

BACA JUGA: Ubasute, Tradisi ‘Durhaka’ Jepang yang Membuang Orang Tua Berusia Lanjut di Tempat Sepi

Tradisi ini merupakan hal yang sudah biasa terjadi di India dan tidak dipermasalahkan oleh pemerintah. Meskipun masuk dalam tradisi, bagi orang yang tidak berasal dari India, hal tersebut masuk dalam kategori tradisi menyeramkan.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Dapat Gaji 500 Juta Per Bulan, Pria Ini Malah Keluar dari Pekerjaannya karena Bosan

Iba ke Korban yang Anak Yatim, Penipu Ini Kembalikan Uang yang Sudah Dia Curi