in

Tornado Alley, Tempat dengan Ribuan Tornado Berbahaya yang Siap Menghancurleburkan Apa Saja

Tornado di Amerika

Beberapa orang mungkin akan merasa beruntung tinggal di Amerika. Dengan tinggal di sana, mereka bisa mendapatkan banyak hal dengan mudah. Apa-apa saja yang ada di sana sudah maju meski saat ini dipimpin oleh seorang Donald Trump. Sebenarnya tinggal di Amerika tidak beruntung-beruntung amat kok. Bukan karena ada Trump loh ya, tapi karena ada Tornado Alley yang membentang di beberapa negara bagian.

Tornado alley adalah tempat yang membujur dari utara ke selatan dari Amerika bagian tengah. Setiap tahun, kawasan ini selalu dilalui oleh ratusan tornado dari yang biasa hingga yang besar. Kalau penduduk sedang beruntung, tornado tidak akan menyebabkan apa-apa. Namun, kalau sedang sial, rumah dan segala isinya bisa hilang hingga orang-orangnya. Berikut ulasannya lengkap tentang Tornado Alley.

Sejarah Tornado di Amerika

Tornado sudah menjadi sejarah panjang bagi Amerika sejak ratusan tahun yang lalu. Sebelum bangsa dari Eropa melakukan pendudukan dan menggusur Indian, Tornado sudah ada dan kerap merusak apa-apa saja yang ada termasuk rumah hingga kawasan hutan. Saat tornado besar lewat, apa saja yang ada di dalam jalurnya akan habis tidak bersisa hingga kadang memakan korban jiwa.

Sejarah Tornado Alley [image source]
Sejarah Tornado Alley [image source]
Tornado yang ada di Amerika memiliki kecepatan hingga lebih dari 300 kilometer per jam. Dengan kekuatan ini, rumah-rumah yang dilewati bisa hancur tidak bersisa. Bahkan, menurut survei yang dilakukan oleh negeri itu, setidaknya 65-70% tornado yang ada di sana berpotensi menyebabkan kematian.

Penggunaan Istilah Tornado Alley

Istilah Tornado Alley diperkenalkan pertama kali oleh Angkatan Udara Amerika pada tahun 1952. Seorang pria bernama Ernest J. Fawbush menjabarkan letak dari Tornado Alley yang kerap diterjang oleh tornado sehingga banyak warga harus terus waspada. Istilah tentang Tornado Alley tetap digunakan hingga sekarang meski banyak warga kebingungan dengan perilaku tornado yang kerap berpindah.

IstilahTornado Alley [image source]
IstilahTornado Alley [image source]
Tornado Alley mencakup kawasan di South Dakota, Nebraska, Kansas, Oklahoma, hingga Texas. Beberapa ahli meteorotologi juga kadang memasukkan kawasan Kanada dalam kawasan Tornado Alley karena dilalui oleh tornado yang tidak ada habis-habisnya setiap tahun.

Penyebab Munculnya Tornado di Tornado Alley

Beberapa penduduk yang ada di kawasan negara bagian yang telah disebutkan di atas awalnya tidak tahu kenapa begitu banyak terjadi badai. Namun, setelah diadakan penelitian, barulah diketahui beberapa fakta yang bisa digunakan untuk acuhan prediksi munculnya tornado-tornado besar yang bisa merusak banyak hal dengan cepat.

Penyebab Munculmya Tornado [image source]
Penyebab Munculmya Tornado [image source]
Kawasan Tornado Alley yang ada di Amerika dikelilingi oleh banyak siklus udara yang beragam. Dari kawasan utara, udara dingin mengalir dengan cukup deras ke tengah. Dari arah selatan, udara hangat mengalir dari dua sisi yang berbeda. Pertemuan dari dara dingin dengan hangat ini menyebabkan adanya perputaran udara cukup besar hingga tornado pun bermunculan.

Tornado Mematikan vs Penduduk di Tornado Alley

Selama puluhan tahun, warga Amerika harus berjuang untuk bertahan dalam melawan tornado yang mematikan. Mereka berusaha tetap membangun lagi rumahnya meski pada akhirnya diterjang tornado yang memiliki sekitar 5 skala kekuatan dari yang biasa hingga mematikan dan banyak memakan menyebabkan adanya korban jiwa.

Tornado mematikan [image source]
Tornado mematikan [image source]
Dalam sejarah tornado di Amerika, ada beberapa kali peristiwa mematikan yang pernah dicatat dalam sejarah. Peristiwa paling mematikan pertama terjadi pada tahun 1925. Pada peristiwa ini ada lebih dari 650 warga meninggal dunia dan ribuan lagi mengalami luka-luka. Tornado terakhir yang menyebabkan banyaknya korban jiwa terjadi pada tahun 2011 dengan 158 orang korban meninggal dunia.

Inilah Tornado Alley yang merupakan sarangnya tornado. Tinggal di kawasan ini akan membuat Anda jadi was-was setiap saat jikalau ada tornado mendadak datang dan menerjang rumah yang Anda miliki.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Kisah Para Hewan yang Pernah Menginvasi Manusia, Seram dan Mencekam!

Perbandingan Proses Membuat SIM di Dubai dan Indonesia Bak Bumi dan Langit