Tornado Alley, Tempat dengan Ribuan Tornado Berbahaya yang Siap Menghancurleburkan Apa Saja

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Nov 20, 2016

Beberapa orang mungkin akan merasa beruntung tinggal di Amerika. Dengan tinggal di sana, mereka bisa mendapatkan banyak hal dengan mudah. Apa-apa saja yang ada di sana sudah maju meski saat ini dipimpin oleh seorang Donald Trump. Sebenarnya tinggal di Amerika tidak beruntung-beruntung amat kok. Bukan karena ada Trump loh ya, tapi karena ada Tornado Alley yang membentang di beberapa negara bagian.

Tornado alley adalah tempat yang membujur dari utara ke selatan dari Amerika bagian tengah. Setiap tahun, kawasan ini selalu dilalui oleh ratusan tornado dari yang biasa hingga yang besar. Kalau penduduk sedang beruntung, tornado tidak akan menyebabkan apa-apa. Namun, kalau sedang sial, rumah dan segala isinya bisa hilang hingga orang-orangnya. Berikut ulasannya lengkap tentang Tornado Alley.

Baca Juga
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya
Mengenal Cempedak, Buah Asli Indonesia Super Lezat yang Kini Mulai Terlupakan

Sejarah Tornado di Amerika

Tornado sudah menjadi sejarah panjang bagi Amerika sejak ratusan tahun yang lalu. Sebelum bangsa dari Eropa melakukan pendudukan dan menggusur Indian, Tornado sudah ada dan kerap merusak apa-apa saja yang ada termasuk rumah hingga kawasan hutan. Saat tornado besar lewat, apa saja yang ada di dalam jalurnya akan habis tidak bersisa hingga kadang memakan korban jiwa.

Sejarah Tornado Alley [image source]
Sejarah Tornado Alley [image source]
Tornado yang ada di Amerika memiliki kecepatan hingga lebih dari 300 kilometer per jam. Dengan kekuatan ini, rumah-rumah yang dilewati bisa hancur tidak bersisa. Bahkan, menurut survei yang dilakukan oleh negeri itu, setidaknya 65-70% tornado yang ada di sana berpotensi menyebabkan kematian.

Penggunaan Istilah Tornado Alley

Istilah Tornado Alley diperkenalkan pertama kali oleh Angkatan Udara Amerika pada tahun 1952. Seorang pria bernama Ernest J. Fawbush menjabarkan letak dari Tornado Alley yang kerap diterjang oleh tornado sehingga banyak warga harus terus waspada. Istilah tentang Tornado Alley tetap digunakan hingga sekarang meski banyak warga kebingungan dengan perilaku tornado yang kerap berpindah.

IstilahTornado Alley [image source]
IstilahTornado Alley [image source]
Tornado Alley mencakup kawasan di South Dakota, Nebraska, Kansas, Oklahoma, hingga Texas. Beberapa ahli meteorotologi juga kadang memasukkan kawasan Kanada dalam kawasan Tornado Alley karena dilalui oleh tornado yang tidak ada habis-habisnya setiap tahun.

Penyebab Munculnya Tornado di Tornado Alley

Beberapa penduduk yang ada di kawasan negara bagian yang telah disebutkan di atas awalnya tidak tahu kenapa begitu banyak terjadi badai. Namun, setelah diadakan penelitian, barulah diketahui beberapa fakta yang bisa digunakan untuk acuhan prediksi munculnya tornado-tornado besar yang bisa merusak banyak hal dengan cepat.

Penyebab Munculmya Tornado [image source]
Penyebab Munculmya Tornado [image source]
Kawasan Tornado Alley yang ada di Amerika dikelilingi oleh banyak siklus udara yang beragam. Dari kawasan utara, udara dingin mengalir dengan cukup deras ke tengah. Dari arah selatan, udara hangat mengalir dari dua sisi yang berbeda. Pertemuan dari dara dingin dengan hangat ini menyebabkan adanya perputaran udara cukup besar hingga tornado pun bermunculan.

Tornado Mematikan vs Penduduk di Tornado Alley

Selama puluhan tahun, warga Amerika harus berjuang untuk bertahan dalam melawan tornado yang mematikan. Mereka berusaha tetap membangun lagi rumahnya meski pada akhirnya diterjang tornado yang memiliki sekitar 5 skala kekuatan dari yang biasa hingga mematikan dan banyak memakan menyebabkan adanya korban jiwa.

Tornado mematikan [image source]
Tornado mematikan [image source]
Dalam sejarah tornado di Amerika, ada beberapa kali peristiwa mematikan yang pernah dicatat dalam sejarah. Peristiwa paling mematikan pertama terjadi pada tahun 1925. Pada peristiwa ini ada lebih dari 650 warga meninggal dunia dan ribuan lagi mengalami luka-luka. Tornado terakhir yang menyebabkan banyaknya korban jiwa terjadi pada tahun 2011 dengan 158 orang korban meninggal dunia.

Inilah Tornado Alley yang merupakan sarangnya tornado. Tinggal di kawasan ini akan membuat Anda jadi was-was setiap saat jikalau ada tornado mendadak datang dan menerjang rumah yang Anda miliki.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA