Mulai dari dulu, bulan Ramadhan adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di dunia. Apalagi di Indonesia, penyambutan bulan suci ini bisa dibilang sangat meriah. Kembang api dan suara petasan selalu menandai kedatangannya. Apalagi melihat wajah anak kecil yang bahagia saat bulan puasa tiba.

Keberkahan bulan Ramadhan ternyata juga dirasakan oleh umat agama lain loh. Bahkan banyak dari mereka juga ikut berbagi dengan muslim yang sedang berpuasa. Toleransi seperti itu hanya bisa dirasakan saat bulan Ramadhan tiba. Berikut adalah kisah keharmonisan umat beragama yang menggetarkan hati saat bulan puasa.

Pembagian takjil gratis oleh jemaat gereja

Jemaat gereja bagi taksjil [image source]
Bagi-bagi takjil di bulan puasa adalah sebuah tradisi wajib yang selalu ada di Indonesia. Dari berbagai kalangan bahkan siap ikut turun ke jalan untuk berpartisipasi memberikan makanan bagi para pengendara yang melintas. Ternyata hal itu pula yang dilakukan oleh umat agama lain yang ada di Indonesia. Contohnya saja jemaat  Gereja GSPDI dan GKJ Bekasi yang melakukan kegiatan rutin setiap tahunnya dengan membagi-bagikan takjil gratis. Hal yang mereka lakukan ini membuktikan sebuah toleransi serta kerukunan antar umat beragama yang ternyata masih erat di Indonesia. Dari sore hingga menjelang isya, para jemaat gereja ini siap bekerja tanpa dibayar dengan membagikan ratusan takjil gratis.

Untuk menghormati orang islam, umat hindu ikut berpuasa

Muslim India [image spurce]
Lain lagi yang ada di India, negara yang mayoritas beragama hindu itu ternyata juga memiliki toleransi yang tinggi pula. Beberapa orang yang beragama Hindu di India rela untuk juga ikut berpuasa seperti seorang muslim. Awalnya mereka  melakukannya hanya untuk menghormati dan merasakan bagaimana rasanya puasa seorang muslim. Tapi setelah merasakan manfaat dari puasa, merekapun rutin melakukan puasa di setiap tahunnya. Toleransi seperti ini hanya bisa ditemukan saat bulan puasa.

Pria Kristen Israel ikut membangunkan sahur

Pria Israel membangunkan sahur [image source]
Ada sebuah pemandangan unik di salah satu daerah di Israel, seorang pria Kristen rela membangunkan sahur para umat Islam di sana. Ternyata kegiatan ini sudah dia lakukan setiap tahunnya saat bulan Ramadhan. Lelaki yang bernama Ayoub ini menjadi satu-satunya orang yang membangunkan sahur di daerah itu. Setiap menjelang imsak, pria itu bakal berkeliling sambil memukul sebuah gendang agar umat muslim bangun. Saking eratnya kedekatan pria israel ini dengan umat Muslim, tidak jarang dia diundang untuk sahur dan buka bersama.

Gelar buka bersama

Buka Bersama biarawati dan di vihara [image source]
Untuk memeriahkan bulan penuh berkah, beberapa umat agama lain juga ikut berpartisipasi sebagai wujud toleransi. Misalnya saja sebuah Vihara di kecamatan Lawang, Malang siap memberikan makanan gratis untuk siapa saja yang ingin berbuka di sana. Hal yang sama juga dilakukan beberapa biarawati di Lampung yang rutin mengelar acara buka bersama dengan para muslim sekitar. Memang benar jika dibilang Ramadhan adalah bulan keberkahan diaman dapat menyatukan umat beragama di Indonesia.

Mempersilakan Sholat Tarawih di Gereja

Sholat di Pasturan Jerman [image source]
Satu lagi bukti toleransi yang mungkin hanya ada saat bulan ramadhan. Seorang pastur mempersilakan seorang muslimah untuk melaksanakan shalat tarawih di Pasturan. Kejadian tersebut terjadi di sebuah daerah di Jerman. Diketahui ternyata pastur tersebut adalah orang asli Indonesia yang ada di Jerman. Bukan hanya mempersilakan sholat, bahkan dia muslimah tamu tersebut dipersilakan makan dan menginap di kamar tamu pasturan.

Sangat indah dan bikin haru melihat keharmonisan toleransi antar umat beragama itu. Rela berbagi dan berkorban untuk umat Islam hanya untuk menghormati keberadaan bulan suci Ramadhan. Keharmonisan seperti ini harus tetap dijaga, akan sangat damai rasanya bila melihat pemandangan seperti itu tiap hari.