Tol Cipali Resmi Dibuka, Mudik Bakal Lancar Nih!

oleh Rizal
07:00 AM on Jun 16, 2015

Momen mudik adalah saat yang paling ditungguin sepanjang bulan Ramadan. Gimana nggak, ini adalah waktunya para keluarga besar untuk bertemu kembali dan saling bersuka cita dalam nuansa Idul Fitri. Namun mudik juga jadi hal yang membosankan setengah mati. Macet berpuluh-puluh kilometer bakal jadi hal yang pasti bakal dialami. Tapi, nggak usah khawatir karena pemerintah sukses membangun jalan tol baru yang bisa mengakomodasi para pemudik.

Yup, beberapa hari yang lalu Presiden secara official meresmikan Tol Cipali-Palimanan. Jalan raya sepanjang 116,75 kilometer ini bakal membuat jalur mudik lebih variatif dan macet pun bakal berkurang cukup drastis. Hal ini tentunya sangat menggembirakan, tapi ada beberapa fakta penting yang harus kamu tahu nih. Simak ulasannya berikut.

Baca Juga
Inilah 17 Potret Transformasi Chelsea Islan, Kata Netizen: “Kecantikan yang Hakiki”
Youtuber Ini Bikin Sosial Eksperimen Tentang Cewek Matre, Endingnya Bikin Ngelus Dada

1. Proses Pelik Selama 20 Tahun

Mungkin kamu udah mengetahui sebelumnya kalau wacana pembangunan Tol Cipali ini udah lama. Bahkan kalau dihitung waktunya, kurang lebih hampir 20 tahun mulai proses perencanaan hingga terealisasikan seperti sekarang ini. Dulu sih sepertinya melihat tol ini hanya angan-angan aja, namun berkat kebijakan Jokowi jalan bebas hambatan ini pun bisa benar-benar selesai.

Proses pengerjaan Tol Cipali [Image Source]
Proses pengerjaan Tol Cipali [Image Source]
Proses pembangunannya sendiri sebetulnya hanya memakan waktu 2 tahun lebih beberapa bulan aja. Namun yang menyulitkan para proyektor umumnya adalah masalah-masalah non teknis. Untung deh, mudik bakal makin lancar setelah ini.

2. Kendala

Yup, bukan tanpa sebab nih kenapa Tol Cipali ini baru jadi setelah 20 tahun lalu. Ada berbagai masalah yang melatarbelakangi. Paling rumit adalah masalah pembebasan tanah warga. Seperti proyek yang lain, tentunya banyak dari pemilik lahan yang keukeuh untuk nggak menjual tanah mereka. Waktu yang lama ini juga termasuk negosiasi perlahan dengan para pemilih lahan. Hingga akhirnya beberapa tahun lalu kesepakatan berhasil dicapai dan pembangunan pun makin lancar.

Proses pengerjaan Tol Cipali [Image Source]
Proses pengerjaan Tol Cipali [Image Source]
Masalah lain yang cukup bikin susah adalah supply material yang kurang bagus dan susah didapatkan. Namun perlahan hal ini berhasil diatasi dan berdirilah tol super besar ini.

3. Biaya

Pastinya butuh uang yang nggak sedikit nih untuk membangun infrastruktur kece kayak gini. Nah, pemerintah setidaknya menghabiskan uang sekitar Rp 10 triliun untuk merampungkan mega proyek ini. Jumlah yang nggak sedikit sih kalau dikomparasi dengan pembangunan tol lain.

Butuh biaya yang sangat besar untuk menyelesaikan Tol Cipali [Image Source]
Butuh biaya yang sangat besar untuk menyelesaikan Tol Cipali [Image Source]
Tapi, hasilnya sama sekali nggak mengecewakan kok. Overall sangat sesuai dengan ekspektasi dan pastinya juga bisa membuat pengguna jalan makin nyaman.

4. Fasilitas

Udah ditungguin lebih dari 20 tahun, tentunya banyak banget dong keunggulannya? Bener banget! Melewati Tol Cipali ini kamu bakal berasa di luar negeri. Jalannya sangat lebar sehingga nggak perlu berjejal untuk melewatinya. Dibikin setting film juga oke nih sepertinya.

Ilustrasi rest area [Image Source]
Ilustrasi rest area [Image Source]
Selain konstruksi jalan yang oke punya, Tol Cipali juga punya berbagai keunggulan lain. Misalnya ada 99 jembatan kokoh, rest area, serta beberapa SPBU di beberapa spot. Paling keren tentu adalah view yang nggak bakal gampang kamu dapatkan dimanapun. Asik yah?

Mudik lebaran tahun ini bakal benar-benar beda deh. Macet nggak bakal kamu temui lagi, meskipun di beberapa titik bakal masih tetap sama. Meskipun jalannya lebih lebar, keep safety riding ya. Jangan sampai terjadi hal-hal yang nggak diinginkan.

Hal yang penting untuk diperhatikan pula adalah tetap jaga fasilitas yang udah susah payah dibangun ini. Happy mudik meskipun masih lama!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren!
BACA JUGA