Inilah Tokoh Berdarah Asli Minang yang Sosoknya Tergambar Dalam Uang 4 Negara

oleh Aini Boom
16:00 PM on Feb 3, 2017

Orang Minang selama ini dikenal sebagai suku dengan adat yang tak lapuk dek hujan tak lekang dek panas. Tak hanya itu, suku yang biasa menyebut dirinya urang awak ini telah melahirkan banyak generasi emas dalam sejarah bangsa Indonesia maupun sejarah dunia.

Salah satu tokoh yang banyak kita kenal adalah sang proklamator, Muhammad Hatta. Tidak hanya menjadi pelopor kemerdekaan, Hatta juga terkenal sebagai ahli diplomasi yang disegani. Pun begitu, beliau terkenal dalam kesederhanaannya yang mengagumkan. Tak berlebihan kalau gelar pahlawan disematkan padanya.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Namun Muhammad Hatta bukanlah satu-satunya urang awak yang dihormati bahkan diabadikan dalam mata uang suatu negara. Tokoh-tokoh lainnya adalah Tuanku Imam Bonjol, Tuanku Abdul Rahman, Tun Yusuf Ishak, dan Sultan Hasanal Bolkiah.

Muhammad Hatta dan Tuanku Imam Bonjol

Tuanku Imam Bonjol dalam mata uang rupiah [Image Source]
Muhammad Hatta dan Tuanku Imam Bonjol adalah tokoh pejuang bangsa yang tidak asing lagi. Keduanya sempat diabadikan dalam mata uang rupiah. Muhammad Hatta adalah urang awak yang lahir di Bukittinggi pada 12 Agustus 1902. Sedangkan Tuanku Imam Bonjol lahir di daerah Bonjol, Pasaman, Sumatera Barat.

Muhammad Hatta dalam mata uang rupiah [Image Source]
Jika Bung Hatta dikenal sebagai sang proklamator Indonesia Tuanku Imam Bonjol adalah ulama dan pejuang penting dalam Perang Padri dengan lawan Belanda (1803-1838). Ia menjadi sosok yang sangat alot ditaklukkan oleh penjajah pada masa itu.

Tun Yusuf bin Ishak dalam Dolar Singapura

Tun Yusuf bin Ishak [image Source]
Sosok penting berikutnya adalah presiden pertama Singapura, Tun Yusuf bin Ishak. Beliau adalah anak dari Yusuf bin Ishak yang berasal dari Minangkabau Sumatera Barat. Sedangkan ibunya berasal dari Langkat, Sumatera Utara. Sebelum Singapura memisahkan diri dari Malaysia, Yusuf bin Ishak pernah menjadi Rektor Universitas Nasional Singapura.

Tun Yusuf Bin Ishaq dalam Dollar Singapura [Image Source]
Tidak hanya itu, ia pernah aktif menjadi wartawan dan perfilman di Negeri Singa itu. Karena berbagai jasanya, sampai kini sosoknya diabadikan dalam lembar uang dollar Singapura.

Tunku Abdul Rahman dalam Ringgit Malaysia

Tunku Abdul Rahman dalam Uang Ringgit [Image Source]
Dialah tokoh berdarah Minang yang terpilih sebagai Yang Dipertuan Agung (Perdana Menteri) Malaysia pertama. Pembawaan yang berwibawa dibanding raja-raja lainnya, membuatnya dipercaya memangku jabatan tersebut. Jasanya yang paling dikenang adalah berusaha mencapai kemerdekaan dari penjajah melalui perundingan. Tanpa penumpahan darah setitikpun. Atas jasanya itu, ia diberi gelar sebagai Bapa Kemerdekaan dan Bapa Malaysia, bahkan sosoknya diabadikan dalam uang Ringgit Malaysia.

Sultan Hassanal Bolkiah dalam Uang Brunei Darussalam

Uang bergambar Sultan Hassanal Bolkiah [Image Source]
Tokoh yang satu ini juga keturunan urang awak di Payakumbuh, Sumatera Barat. Dialah Sultan Hassanal Bolkiah yang sosoknya tergambar dalam mata uang negaranya. Termasuk salah satu orang terkaya di dunia, Sultan Bolkiah dikenal sebagai sosok yang dermawan dan cekatan dalam membantu rakyatnya yang kesusahan. Bahkan saat terjadi tsunami tahun 2004 di Aceh, Sultan Bolkiah memberikan sumbangan sekitar 23,5 miliar melalui yayasan yang dibentuknya.

Fakta-fakta mengenai keturunan Minang yang berjaya di Indonesia bahkan luar negeri seyogyanya membuat kita bangga dan mengambil pelajaran. Bahwa sebenarnya orang-orang Indonesia termasuk keturunannya mempunyai benih-benih orang yang besar dan sukses. Tinggal memupuk kemampuan dan kreativitas yang kita miliki untuk mencapai kesuksesan itu sendiri.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA