in

Jangan Digaruk, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Gatal Terkena Ulat Bulu

Ulat bulu merupakan serangga yang tubuhnya dipenuhi oleh rambut halus. Rambut halus ini memiliki zat kimia beracun yang bisa memicu reaksi alergi dan iritasi jika terkena kulit manusia. Sederet gejala yang muncul karena bersentuhan dengan ulat bulu adalah gatal, bengkak, bentol, perih, ruam, hingga bercak kemerahan di kulit.

Kabar baiknya, gejala tersebut tidak akan bertambah parah jika ditangani dengan tepat. Boombastis membagikan beberapa tips saat kulitmu gatal terkena ulat bulu. Simak tipsnya di bawah ini.

1. Lepaskan ulat bulu yang menempel di kulit

Melepaskan ulat bulu [sumber gambar]
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuang ulat bulu yang menempel di kulit. Tapi jangan menggunakan tangan, gunakan ranting, sapu tangan, atau penjepit agar lebih aman. Biasanya kulitmu akan terasa gatal bahkan sampai bentol. Wajar jika kamu ingin menggaruknya, namun jangan pernah menggaruk bagian kulit yang gatal karena kuku yang tajam akan menggores kulitmu. Hal ini akan membuat kulit makin bentol, terluka, hingga berdarah. Hal ini bisa memicu iritasi kulit yang berbahaya.

2. Hilangkan sisa rambut halus

kulit gatal [sumber gambar]

Daripada menggaruk, lakukan cara yang aman yaitu menghilangkan sisa-sisa rambut halus penyebab gatal yang menempel di kulit. Selama masih ada rambut halus di kulit, maka kulitmu akan terasa gatal dan bisa menjalar ke bagian tubuh lainnya. Gunakan penjepit atau selotip agar semua rambut halus terangkat sempurna.

3. Bersihkan kulit dengan air mengalir

cuci kulit di bawah air mengalir [sumber gambar]
Setelah rambut halus hilang, cuci kulit kamu dengan air mengalir. Air mengalir dapat menghilangkan kotoran yang tertinggal di kulitmu. Jangan lupa gunakan sabun dengan kandungan kimia yang lembut agar tidak membuat kulitmu mengalami iritasi.

4. Kompres dengan air dingin

kompres kulit gatal [sumber gambar]

Mengompres kulit yang gatal, kemerahan, bengkak, atau perih dengan air dingin adalah pertolongan pertama. American Academy of Dermatology menyebutkan kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan karena rasa gatal di kulit. Bahkan mandi air dingin dapat membantu kamu mengurangi rasa ingin menggaruk. Waktu yang dibutuhkan untuk mengompres kulit kamu adalah 10-15 menit.

5. Konsumsi obat alergi

obat alergi untuk gatal [sumber gambar]

Jika rasa gatal tak kunjung sembuh dan justru membuatmu mengalami reaks alergi, sebaiknya segera temui dokter. Meski jarang, ternyata ulat bulu bisa menyebabkan reaksi alergi yang parah. Pada umumnya dokter akan memberikan obat antihistamin untuk meredakan gejala alergi yang kamu alami.

BACA JUGA: Waspada Dampak Mengucek Mata, Sederhana Tapi Bisa Berbahaya

Bila kamu merasa panik atau takut saat terkena ulat bulu, itu adalah hal yang normal. Namun berpikir tenang sangat diperlukan agar tak terjadi reaksi yang lebih parah. Pakailah celana dan baju panjang saat beraktivitas di luar rumah untuk menghindari terpapar ulat bulu.

Written by F A Agustina

Tidak Rela Mangga Langka dan Mahalnya Dicuri, Orang Ini Sampai Sewa Bodyguard dan Anjing

Sempat Terjerumus Pada Narkoba, 5 Artis Ini Menyesal dan Kini Bisa Jadi Sukses Lagi