Sahabat Boombastis pasti masih ingat dengan peristiwa wahana pendulum patah yang terjadi di India beberapa waktu lalu? Nah, kejadian tersebut mengakibatkan tiga orang tewas dan 27 orang luka-luka. Dari situlah, banyak masyarakat menjadi takut naik pendulum atau wahana ekstrem lainnya. 

Tapi, kalian sebenarnya tak perlu takut akan hal ini. Dikarenakan ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti apa ya contohnya? Simak dulu yuk ulasan berikut ini. 

Tidak melanggar aturan yang ada 

360 pendudulum [sumber gambar]
Hal pertama yang bisa dilakukan adalah jangan sekali-kali melanggar aturan, meskipun itu terlihat sepele. Sebab, semua aturan yang diberlakukan pasti ada alasannya. Misalnya saja seperti tinggi badan kurang. Kalian enggak boleh tuh yang namanya nekat untuk menjajal wahana tersebut. Kalau tetap nekat, dikhawatirkan akan ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Pasti tak mau kan kejadian seperti ini menimpa kalian? 

Memperhatikan kondisi tubuh 

Wahana Tornado [sumber gambar]
Selanjutnya, Sahabat Boombastis juga perlu memperhatikan kondisi tubuh sebelum naik wahana. Apabila kalian dalam kondisi yang kurang sehat, ada baiknya untuk tidak naik wahana terlebih dulu. Jangan memaksakan diri, karena ditakutkan nantinya kalian mual hingga muntah ketika berada di atas wahana. Duh, malu dong kalau beneran terjadi, mah…

Memeriksa keamanan dari pemasangan sabuk pengaman 

Roller Coaster [sumber gambar]
Kalau sudah lolos dari dua poin di atas, boleh deh langsung naik ke wahana. Eits, tapi kalian harus melakukan hal ini terlebih dulu, Yaitu memeriksa sabuk pengaman yang sudah dipasang di tubuh kalian. Apakah sudah terkunci dengan benar atau belum. Apabila dirasa belum aman, langsung panggil petugas untuk memeriksa sabuk pengaman kalian. 

Jangan bertingkah berlebihan di atas wahana 

Wahana Kapal Nuh [sumber gambar]
Sabuk pengaman sudah aman? Waktunya untuk berpetualang seru dengan wahana. Namun, ada yang perlu kalian perhatikan lagi nih ketika menaiki permainan tersebut. Adalah jangan bertingkah berlebihan ketika naik wahana. Misalnya mencoba menjulurkan tangan ke luar lintasan atau semacamnya. Hal ini bisa membahayakan diri kalian sendiri dan tentu merepotkan orang lain. 

Dilarang selfie saat berada di wahana 

Gyo Drop [sumber gambar]
Terakhir, Sahabat Boombastis tidak boleh selfie di atas wahana. Walaupun tidak ada di dalam aturan, berselfie di atas wahana termasuk hal terlarang. Alasannya karena hal tersebut bisa membahayakan diri sendiri dan juga mengganggu orang lain, khususnya bagi yang menggunakan tongsis. Jadi, bersikaplah sewajarnya ketika naik wahana. 

BACA JUGA: 10 Perosotan Air Paling Menantang di Dunia, Berani Coba?

Jadi, itulah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika sebelum atau saat naik wahana. Ini perlu dilakukan supaya kalian nyaman ketika naik permainan ekstrem di taman bermain. Pada intinya, kalian harus tetap waspada dan jangan sampai melanggar aturan yang sudah ditetapkan. Oke, selamat seru-seruan dengan wahana-wahana ekstrem, ya.