Ketika bulan puasa, pasti ada saja drama bagi yang menjalankannya. Seperti buka puasa sebelum waktunya, lupa kalau belum adzan maghrib dan hal lainnya yang tak kalah kocak. Nah, salah satunya yang kerap terjadi di bulan suci ini adalah saat salat tarawih. Di mana banyak orang yang kehilangan sepatunya ketika selesai menjalankan ibadah. Alhasil mereka pakai alas kaki jelek atau malah tidak menggunakan apa-apa pada saat kembali ke rumah.

Peristiwa menyebalkan ini dialami oleh seorang rakyat twitter @WavyPele. Pada mulanya, ia mengunggah sepatu yang baru ia beli dan akan digunakan untuk berangkat tarawih. Namun, ketika dirinya selesai salat, sepatu barunya lenyap tak tahu di mana. Dengan terpaksa, pria tersebut pulang hanya memakai kaos kaki. Nah, supaya Sahabat Boombastis tak merasakan kepedihan kehilangan alas kaki saat tarawih, bisa dicoba nih tips dan trik di bawah ini.

Usahakan tidak memakai sepatu yang bermerek

Memakai sepatu bermerek memang menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Ya karena dengan begitu kita terlihat keren dan lebih percaya diri ketika berjalan. Tapi, hentikan keinginan besarmu untuk melakukan hal itu saat ingin berangkat salat tarawih. Pasalnya, itu bisa mengundang mata jahat dari jamaah masjid lain untuk mengambil barang kesayangan kalian.

Hindari pakai alas kaki bermerek [Sumber Gambar]
Mungkin kalian berpikir positif ketika ingin memakai alas kaki bermerek saat tarawih karena semua yang ada di sana berniat untuk salat. Namun, namanya juga manusia, kapan saja bisa khilaf gengs meskipun setan sedang dipenjara. Jadi, tunda dulu keinginanmu yang satu ini ya ferguso.

Terpaksa pakai alas kaki bermerek? Lakukan saja hal ini

Apabila kalian terpaksa menggunakan sepatu atau sandal bermerek karena suatu hal, enggak jadi masalah kok. Dikarenakan ada cara cerdik yang bisa Sahabat Boombastis gunakan untuk menghindari pencopetan alas kaki di area masjid. Adalah dengan meletakkan alas kaki sebelah kanan dan kiri di tempat yang terpisah.

Letakkan terpisah [Sumber Gambar]
Misalnya, sepatu sebelah kanan kalian letakkan di dekat tangga. Sedangkan sepatu yang sebelah kiri ditaruh di tempat peletakan khusus alas kaki. Dengan begitu, yang ingin mengambilnya bakal mengurungkan niatnya untuk berniat jahat. Selain sepatu aman, cara ini juga bisa menghindarkan orang-orang untuk berbuat jahat di bulan puasa. Nambah lagi tuh pahala kalian..

Gunakan alas kaki paling buruk rupa yang ada di rumah kalian

Cara ampuh selanjutnya yang bisa kalian terapkan yaitu tetap pakai alas kaki. Tapi yang dipakai penampilannya harus buruk rupa ya. Seperti warnanya sudah pudar, talinya hampir copot atau ciri lainnya yang menampakkan kemirisan dari seekor sandal atau sepatu.

Pakai sandal yang memprihatinkan [Sumber Gambar]
Kalau sudah seperti ini, niscaya orang-orang akan berucap astaghfirullah dan meninggalkan alas kaki kalian tetap pada tempatnya. Dan bisa juga ini mengundang keprihatinan dari seseorang yang akhirnya sandal kalian diganti dengan alas kaki baru. Sandal baru, alhamdulillah, untuk dipakai di hari raya…

Bawa sandal atau sepatu masuk ke dalam masjid

Masih enggak mau juga pakai cara-cara di atas? Hmm.. oke, pakai cara satu ini saja biar lebih gampang. Membawa alas kaki masuk ke dalam masjid. Eits tapi, kalian harus bawa tas atau kantong plastik dulu sebelumnya, supaya bisa ambil sepatu jamaah masjid lainnya.

Bawa tas dan kantong plastik [Sumber Gambar]
Eh, bukan-bukan, maksudnya untuk menaruh sandal atau sepatu kalian biar bisa masuk ke dalam masjid. Jangan asal masuk pakai alas kaki ke dalam tempat ibadah. Bukannya salat, malah yang ada kalian diusir dan tak boleh kembali ke masjid itu lagi.

Ini nih tips yang paling ampuh dari cara-cara di atas

Enggak perlu ragu atau bimbang kalau kerepotan pakai cara-cara di atas. Ada lho metode terakhir yang paling ampuh. Yaitu tidak pakai alas kaki ketika berangkat tarawih. Nah, pasti aman kan? Kalian tidak akan lagi cemas saat salat karena memikirkan bagaimana nasib alas kakimu. Jadi, kalian bisa tenang dan damai.

Tak perlu pakai alas kaki [Sumber Gambar]
Terus masih bingung bagaimana nanti kalau kaki kotor? Haduh, begitu aja rempong. Ya tinggal wudhu lagi di masjid bosque. Sangat tidak mungkin masjid, mushola dan tempat ibadah Islam lainnya tak menyediakan tempat wudhu atau kamar mandi.

BACA JUGA : Rawan Pencurian Sandal, Inilah 10 Tulisan Kocak Agar Para Maling Tobat Beroperasi di Masjid

Tips-tips di atas bisa kalian praktikkan saat sedang beribadah di masjid gengs. Jadi, kalian akan tenang ketika beribadah lantaran tidak perlu memikirkan apakah alas kaki hilang atau tidak. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba salah satunya?