in

Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana?

The Uptown Sneakerhead [image source]

Fenomena sneakers di Indonesia bukanlah sebuah hal baru. Di mana ada diskon dan barang baru, di situlah antrian panjang dari penggemar sepatu ini akan terlihat. Apalagi dengan didalangi oleh Jakarta Sneaker Day (JSD) yang diselenggarakan setiap tahunnya. Di tahun ini, berlokasi di Senayan City, JSD 2017 berhasil mengumpulkan para sneakerhead seluruh Indonesia. Acaranya ini meriah banget, buat kalian yang ngakunya sneakerhead tapi gak sempat ke sini, bakalan ketinggalan keseruannya Bro.

Tapi, sudah tahu belum sih Bro kalau penggemar sneakers alias sneakershead itu ada banyak beberapa golongan? Sneakers apa saja yang selalu lekat dengan mereka? Nah untuk hal yang satu ini, sebagai cowo kalian wajib banget tahu Bro, supaya kalian jadi #CowoLebihTau soal sneakers dan pastinya agar nggak salah masuk komunitas. Biar lebih ngerti dan bisa klasifikasikan golongan kalian, simak ulasan berikut ini.

1. The Uptown Sneakerhead, Rasa Lawas, Model Modis

Tagline “lawas, tapi tetap modis” ternyata bisa diasosiasikan dengan tipe yang satu ini Bro. Mereka yang tergolong dalam tipe the uptown sneakerhead, merupakan orang-orang yang bisa dibilang “gagal move on”. Kemodisannya bisa terlihat dari bagaimana mereka masih mempertahankan citarasa old skool dalam penampilannya. Biasanya panutan mereka merupakan seorang pemain basket legendaris, Clyde Frazier yang masih menggunakan sepatu merk lawas di zaman sekarang.

The Uptown Sneakerhead

Tipe sneakerhead yang satu ini mudah terdeteksi dari jenis sneaker apa yang melekat di kakinya Bro. Biasanya, mereka sering menggunakan sepatu high top yang menutupi sampai mata kaki dan juga kebanyakan dengan warna yang senada alias nggak banyak corak. Sedikit rahasia kecil dari tipe ini adalah mereka pasti masih memiliki koleksi wingtip sneaker.

2. The Sneakers Addict, Orang-Orang Yang Rela Antri Panjang Demi Mendapat Brand Terbaru

Agak sedikit berbeda dengan tipe yang pertama nih Bro, tipe ini bisa dibilang merupakan golongan yang ada di barisan terdepan ketika sebuah barang keluaran terbaru muncul. Benar-benar seorang sneakers addict. Biasanya, penampilan mereka dari atas sampai sebelum mata kaki tidak diperhatikan, semua perhatiannya ditujukan pada the only shoes they wear.

The Sneakers Addict

Nah tipe ini bisa dibilang sangat mengikuti tren, pada sembarang event sneakers, mereka akan selalu hadir di sana. Meski rela merogoh kocek, kepuasan tersendiri baginya kalau sudah bisa dapetin sneakers yang jadi incaran semua cowo seantero negeri. Role Model bagi kalangannya seperti Michael Jordan. Meski identik dengan high top, tapi kalian tahu nggak sih Bro? Kalau gak jarang juga mereka memakai jenis low top.

3. The Mall Teen Sneakerhead, Yang Buat Gaya-Gayaan Doang

Ada yang lucu nih Bro untuk jenis ini, biasanya kita kenal mereka dengan julukan “kids jaman now”. Biasanya tipe ini melekat banget pada anak-anak SMA sampai kuliah yang biasanya harus nabung dulu untuk beli alas kaki. Jenis sneakers yang sering mereka gunakan biasanya keluaran dari brand-brand mainstream sehingga nitip nyokap bokap pun bisa.

The Mall Teen Sneakerhead

Biasanya celah ini digunakan buat para produsen sepatu untuk memanfaatkan keadaan karena panutan tipe the mall teen sneakerhead ini biasanya menjadikan atlit seperti LeBron James sebagai panutan. Mereka menggunakan sneaker ini hanya untuk mendapatkan “wih gila sepatu lo, bro” things.

4. The Skater Sneakerhead, Rajanya Idealis

Dilihat dari nama tipenya saja sudah ketahuan siapa saja yang ada di dalam tipe ini. So pasti merekalah para skaters yang biasanya sepatu saja nggak kalah kece dari papan skate-nya. Mudah banget Bro untuk bisa mendeteksi tipe ini, karena from head to toe yang dipakai pasti “seragam”. Mulai dari snapback dan beanie hat, kaos-kaos ala skater, sampai celana yang agak longgar.

The Skater Sneakerhead

Biasanya nih para skater sneakerhead berkiblat pada Paul Rodriguez dan cara berdandannya. Sepatu yang melekat pada diri mereka juga kebanyakan berbahan kanvas dan jenisnya agak gemuk sehingga cocok banget untuk main skate, nah siapa tahu kalian ada yang suka skating ini bisa jadi referensi kalian supaya makin jadi #CowoLebihTau Bro.

5. The Euro Sneakerhead, Sepatu Lari Yang Dijadikan Sneaker

Sebenarnya perlu kita tilik lagi definisi dari sneakers itu sendiri. Dikutip dari kamus merriam-webster, sneakers memiliki arti sepatu dengan sol karet berbahan kanvas, yang biasa digunakan untuk aktivitas di luar rumah seperti olahraga. Nah, dalam tipe ini sebenarnya cocok karena anggotanya terdiri dari mereka yang menggunakan “sports look”. Kaos dipadupadankan dengan jogger pants yang menjadi ciri khas dari tipe ini.

The Euro Sneakerhead

Mengapa namanya Euro? Maksud dari Euro di sini adalah negara Eropa, sebuah pusat perkembangan budaya sneakers terbesar saat ini. Sehingga banyak orang mengacu ke sana. Nah, tipe manusia yang masuk dalam golongan ini bukan hanya “anak Eropa” saja, namun mereka yang berdandan seperti mereka. Sepatu yang melekat pada tipe ini adalah running shoes, sekarang bahan sepatu yang menjadi “sneakers” bukan hanya kanvas saja, tapi bahan-bahan yang digunakan dalam sepatu lari pun bisa dikatakan sebagai sneakers. Nah barangkali kalian ada yang termasuk jenis ini Bro? Jangan khawatir, tipe ini sudah makin sering banyak di sekitar kita kok. Kalian nggak sendirian.

6. Cowo Wajib Tau Soal The Menswear Sneakerhead, Jagonya Soal Manly!

Beda dari kelima jenis sneakerhead yang sudah dibahas di atas, untuk tipe ini adalah mereka yang dandan paling kasual dan dewasa Bro. Biasanya juga dilengkapi dengan rambut klimis nan macho. Berkiblat pada Poggy Man, jangan ditanya soal selera fashion mereka, sudah pasti seleranya setinggi langit. Meskipun dibalut dengan gaya yang santai, tapi jangan salah, merk-merk nomor wahid selalu melekat di badan mereka.

The Menswear Sneakerhead

Soal OOTD (Outfit of The Day) mereka-mereka inilah jawaranya. Jenis Sneakers yang hubungannya erat sekali dengan kehidupan mereka adalah high top dengan warna senada dan bahan-bahan seperti suede yang menjadi pondasinya, sehingga mau dilihat dari angle manapun sepatu yang mereka gunakan akan selalu kelihatan classy loh Bro.

7. The ‘Geek’ Sneakerhead, Sang Ensiklopedia Berjalan

Kalian pasti bakal terpingkal kalau diantara temen kalian ada yang masuk klasifikasi ini Bro. Biasanya mereka bisa saja menjelaskan secara runtun dari awal sneakers lahir di dunia, sampai fase mereka sampai secemerlang sekarang. Siapkan waktu kira-kira 10 jam untuk kalian mendengarkan sejarah versi mereka Bro. Tapi, jangan langsung skeptis kalau di antara temen kalian ada yang masuk dari jenis ini, dari merekalah kita bisa jadi #CowoLebihTau gimana caranya merawat sneakers dengan cara yang paling benar loh.

The ‘Geek’ Sneakerhead

Tipe ini biasanya berkacamata dan berdandan a la vintage, ya walaupun nggak semuanya vintage Bro. Sneakers yang sering dia kenakan adalah model klasik, berbahan kanvas dan memiliki sol karet. Kadang mereka juga tidak mencuci agar terlihat lebih keren, namun tetap terawat sehingga bisa tahan lama.

Meski banyak sekali ragam penggemar sneakers, satu hal yang pasti kalau pantang banget untuk pakai sneakers KW! Cowo pasti tahu banget soal sneakers bukan cuman untuk alas kaki dan gaya semata, selain itu #CowoLebihTau bedanya barang bagus dan bukan. Dari 7 tipe sneakerhead di atas, kira-kira masuk dalam golongan mana nih Bro?

Written by boombastis

Leave a Reply

Kawinan Membawa Berkah! 5 Pihak Ini Mendapat ‘Durian Runtuh’ di Pernikahan Kahiyang-Bobby

Sama-Sama Berasal dari Militer, Inilah 4 Klub Bola Dunia Saingan Berat PS TNI