in

Pembersih Udara hingga Jual Beli Oksigen, Inilah 4 Fakta Tiongkok yang Sudah Tak Layak Huni

Makin majunya teknologi dan industri kadang berimbas pada keadaan alam yang malah memburuk. Misalnya, lihat saja di sekitar kita, banyaknya kendara bermotor dan berbagai teknologi sebagai sarana membantu manusia malah jadi bumerang buat diri sendiri. Alhasil kini udara bersih di tanah air ini jadi hal yang lumayan langka, terutama di kota-kota besar.

Namun ternyata ada yang lebih parah ketimbang Indonesia. Ya tepatnya di Tiongkok, udara bersih jadi hal yang benar-benar mahal. Bahkan tak jarang dari penduduknya rela untuk mengeluarkan banyak kocek hanya buat bisa bernafas. Lalu seberapa parah kah keadaan di sana itu? Simak ulasan berikut.

Dibangunnya menara pembersih udara bukti Tiongkok darurat udara bersih

Beberapa waktu yang lalu dunia dikejutkan dengan inovasi baru asal Tiongkok berupa menara pembersih udara yang akhirnya rampung dibangun. Ya, bangunan yang satu ini telah menggunakan teknologi yang sangat mutakhir untuk membereskan masalah polusi di sana yang luar biasa. Diperkirakan, jangkauan dari pembersihan udara dari menara ini adalah sekitar 10 Kilometer.

Menara pembersih udara [image source]
Usut punya usut, sejatinya tower ini sebenarnya sudah rampung di bangun sejak tahun 2016, namun dengan adanya penyempurnaan membuat teknologi ini jadi semakin berguna. Salah satunya dengan adanya penambahan solar sistem yang membuatnya jadi lebih ramah lingkungan ketimbang yang dulu.

Bencana polusi merajarela, hanya di Tiongkok udara bersih dijual jutaan rupiah

Mungkin bagi kita menghirup udara besar adalah hal yang biasa. Namun sayang kalau melihat keadaan di Tiongkok tentu akan lain jadinya. Bayangkan saja, hanya di sana udara bersih bisa diperjualbelikan layaknya makanan atau minuman. Dan tak tanggung-tanggung, harga pasarannya bisa mencapai jutaan rupiah.

Udara bersih jadi barang langkah [image source]
Kebanyakan udara-udara bersih itu diekspor dari luar negeri dan harganya pun berbeda-beda. Harga udara bersih yang paling tinggi berasal dari pegunungan di Swiss dan Australia, pasalnya orang-orang Tiongkok berani membelinya dengan harga sampai setara dengan Rp 2,2 juta. Ibarat ladang subur, makin tahun tambah banyak saja pesanan udara bersih dari luar.

Pabrik industri tumbuh subur, kabut asap jadi kejadian alam yang rutin terjadi

Kita mungkin sudah mengenal citra negara ini sebagai salah negara industri terbesar di dunia. Namun sayang di balik gemerlap itu, ada hal besar yang harus mereka bayarkan. Ya, lantaran industri yang terlampau banyak dan maju, alhasil udara bersih yang jadi taruhannya. Sejatinya pemerintah di sana sendiri tidak tinggal diam dengan keadaan yang terjadi.

Industri merajarela [image source]
Misalnya saja tahun lalu, ada sekitar 2000 pabrik Industri yang dipaksa gulung tikar demi mengurangi tingkat polusi. Namun sayang hasilnya masih nihil, alhasil setiap beberapa bulan sekali kabut asap karena polusi adalah hal yang pasti ditemui di beberapa kota.

Makin tahun tambah bertambah polusi, Tiongkok bisa masuk kategori tak layak huni

Sejatinya keadaan udara di Tiongkok sana menurut skala indeks negara AS, sudah masuk kategori di atas ambang batas. Di mana dalam pengukuran tahun 2013 saja, indeks di sana menunjukkan angka 755, padahal angka 500 saja sudah membuktikan kalau keadaan udara mirip dengan kebakaran hutan.

Dianggap tak layak huni [image source]
Oleh sebab itu bukan hal yang aneh kalau banyak korban jiwa lantaran bencana polusi yang satu ini. Misalnya saja pada tahun 2015 kurang lebih ada 1,6 juta jiwa melayang, bahkan dari angka itu membuktikan kalau 15 persen kematian di sana adalah karena keadaan udara yang sangat buruk.

Ya mungkin memang benar industri di negara itu maju luar biasa, namun sayang harga mahal harus dibayarkan. Mungkin hal ini jadi pengingat buat kita sendiri, di masa bumi yang semakin tua ini, jangan sampai hasrat diri membuat kita mengorbankan alam. Toh tanpa adanya alam, kita tak akan hidup juga.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Mengulik Ramalan Suku Baduy Soal Sepak Bola Indonesia yang Akan Membuatmu Nganga Tak Percaya

4 Aksi Nyeleneh Para Biduan Dangdut Indonesia Saat Tampil, dari Naik Tiang Hingga Kayang