in

Inilah 5 Kelakuan Bobrok Para PNS yang Bikin Malu Negara

Pegawai Negeri Sipil (PNS) tetap menjadi urutan pertama profesi yang paling diminati di Indonesia. Di mana masa depan akan terlihat lebih cerah dibandingkan pekerjaan lainnya. Maka dari itu, hampir semua orang di Indonesia tak pernah menyia-nyiakan kesempatan kalau ada lowongan PNS terbuka. Istilahnya, pantang mundur sebelum melampaui batas umur.

Tapi sayangnya, beberapa orang yang sudah jadi PNS malah meremehkan pekerjaannya. Banyak dari mereka yang berkelakuan culas demi kesenangannya sendiri.

Terciduk ngopi oleh Satpol PP saat jam kerja

Ngopi itu boleh, tapi harus tahu waktu juga nih. Jangan seperti para PNS di Kota Banda Aceh, Senin kemarin (18/02). Dilansir dari laman acehsatu.com, Satpol PP menemukan beberapa PNS yang ngopi di warung pada saat jam kerja. Tidak diketahui berapa jumlahnya, namun yang pasti lebih dari dua orang. Itu tidak berasal dari satu daerah saja, Satpol PP mendapati mereka dari Ulee Kareng, Lampineung, Lampriet dan Merduati.

Ngopi saat jam kerja [Sumber Gambar]
Dan pada akhirnya, petugas pun membawa para aparatur negara tersebut ke kantor Satpol PP untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Dari peristiwa ini, Kasi Pembinaan Ketertiban dan Ketentraman Satpol PP WH Aceh, Samsudin mengungkapkan jika pihaknya sangat menyayangkan sikap PNS yang memilih lalai dan keluyuran di luar kantor daripada bekerja.

Hobi keluyuran di mall saat jam kerja

Tak hanya ngopi, para PNS ini juga terkadang gemar keluyuran di mall ketika jam dinas. Hal ini telah dibuktikan oleh Satuan Polisi Pamong Praja, Bekasi, Jawa Barat yang berhasil menangkap basah 39 PNS di mall. Yang di antaranya berprofesi sebagai pegawai puskesmas, guru dan PNS Pemerintah Kabupaten Bekasi.

PNS keluyuran di mall [Sumber Gambar]
Padahal para pegawai negara ini sudah tahu ada aturan yang menetapkan jam kerja sebagai PNS. Tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 dan Perda No 10 tahun 2011, yakni mulai pukul 07.30 hingga 15.30 WIB. Namun sayangnya, mereka tetap saja melanggar aturan yang ada. Ckckckkck..

Bolos kerja setelah liburan panjang

Mungkin kebiasaan dari PNS satu ini sudah banyak diketahui oleh Sahabat Boombastis sekalian. Yup, apalagi kalau bukan tentang kebiasaan membolos kerja. Pada umumnya, para PNS nakal ini bolos pada saat ada hari terjepit (Harpitnas) atau setelah liburan panjang.

Sidak PNS bolos [Sumber Gambar]
Salah satunya seperti kejadian yang ada di Palembang tahun 2014 lalu. Sebanyak 15 PNS di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) sengaja bolos pasca hari pertama libur lebaran. Akibatnya, mereka terancam tidak akan naik pangkat dalam jangka waktu tertentu. Selain itu akan ada sanksi-sanksi lainnya yang bakal mereka terima.

Menjadi sindikat penjualan BBM gelap

Sebagai aparatur negara wajib hukumnya bekerja dengan bersih tanpa ada kesalahan apapun. Tapi hal ini tidak berlaku bagi Niwen Khairiah. Pasalnya, di tahun 2013 lalu ia tertangkap lantaran rekeningnya membengkak.

Sindikat penjualan BBM gelap [Sumber Gambar]
Dan ternyata, ia bersama sang kakak, Achmad Mahbub bekerjasama untuk menjadi sindikat penjualan BBM gelap. Dari pekerjaan haram tersebut, wanita ini mendapatkan keuntungan berlipat hingga triliunan rupiah. Menariknya lagi, peristiwa ini sudah berlangsung sejak 2008 lalu namun baru terungkap di tahun 2013.

Ketahuan pesta narkoba di salah satu rumah

Siapa yang menyangka jika ternyata PNS bisa mengonsumsi narkoba juga. Dikisahkan pada merdeka.com, seorang PNS bernama Arnol Paul Tampubolon ditangkap oleh Dit Narkoba Polda Lampung seusai melaksanakan pesta terlarang bersama delapan teman-temannya. Mereka ditangkap di sebuah rumah di Dusun Tanjung Sari I, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan.

PNS pesta narkoba [Sumber Gambar]
Sebenarnya penangkapan ini dilakukan secara tidak sengaja. Pasalnya, pada saat itu pihak Polda Lampung Tengah memang sedang menyisir daerah yang diperkirakan adalah tempat bersarangnya orang-orang melakukan transaksi obat-obatan terlarang. Tapi ternyata, Arnol dan temannya ikut tersangkut dalam kasus tersebut.

BACA JUGA : 5 Dampak Negatif Jika Gaji PNS Dinaikkan Seperti Visi Misi Capres Prabowo Subianto

Begitulah segelintir perilaku dari para PNS yang tidak bertanggung jawab. Sebenarnya masih ada banyak lagi kejadian serupa, namun peristiwa di atas yang paling mendapat banyak sorotan. Namun Sahabat Boombastis jangan berpikiran buruk dulu dengan profesi satu ini ya. Sebab, tingkah laku seperti ini tidak dilakukan oleh semua PNS kok. Masih banyak PNS yang berkelakuan baik dan tetap bisa menjadi suri tauladan bagi masyarakat.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Dapat Julukan ‘Tuan Tanah’ Begini Luas Lahan Prabowo, 3 Ribu Kalinya Kebun Raya Bogor

Nestapa M Zaky, Pembalap Bertalenta Indonesia yang Jadi Korban Penusukan Saat Jajal Motor