in

Waspada! 4 Aksi Kriminal Ini Kerap Terjadi di Bulan Ramadan Hingga Hari Raya

Ramadan memang merupakan bulan penuh kemenangan. Di mana kita sanggup untuk membersihkan diri dari dosa yang kecil hingga besar. Namun, sepertinya momen indah ini tak digubris oleh beberapa orang yang pikirannya sedang kalut lantaran butuh uang. Seperti para perampok, maling dan apalah itu sebutannya.

Buktinya, masih banyak tindakan kriminal yang terjadi di bulan suci ini. Bahkan, ada juga yang hampir membuat nyawa sang korban hilang begitu saja. Yuk deh tak perlu berlama-lama. Simak kejahatan yang kerap terjadi di Bulan Ramadan berikut ini.

Maling masuk ke rumah orang yang sedang tarawih

Tindakan kriminal pertama yang kerap terjadi saat bulan puasa yaitu maling masuk rumah saat penghuninya sedang tarawih. Mungkin tidak langsung masuk seketika itu juga, karena mereka mengintai dulu dari beberapa hari sebelumnya. Adakah penghuni yang tinggal sendiri saat waktu tarawih atau semuanya pergi ke masjid.

Dirampok saat sendirian di rumah [Sumber Gambar]
Nah, kali ini kejahatan tersebut menimpa ibu hamil bernama Niah. Wanita asal Kabupaten Tanahlaut, Kalimantan Selatan tersebut tengah sendiri ketika suami dan keluarga lainnya melaksanakan salat tarawih. Nah, pada saat itulah, maling mengambil kesempatan untuk mencuri barang-barang yang ada di rumah Niah. Singkat cerita, Niah diancam oleh pencuri yang akan menusuk perutnya jika macam-macam. Tak ingin terjadi apa-apa dengan sang bayi, ia menghindar namun senjata tajam si pencuri mengenai lehernya. Kini, Niah sedang menjalani masa pemulihan di puskesmas dan polisi masih memburu pelaku.

Menawarkan jasa perbaikan AC ke rumah yang hanya dijaga pembantu

Penjahat kini melakukan aksinya tidak secara terang-terangan. Kebanyakan mereka menyamar dulu supaya tak ketahuan belangnya. Seperti kasus menawarkan jasa perbaikan AC dari rumah ke rumah yang sebenarnya sudah ada sejak dulu gengs. Dan ini juga kerap kali digunakan para maling ketika di bulan puasa lho.

Ilustrasi menawarkan jasa perbaikan AC [Sumber Gambar]
Mereka pada umumnya mengincar rumah-rumah yang ditinggal oleh si empunya dan hanya dijaga oleh pembantu rumah tangga. Pada umumnya, para penjahat ini mengenakan seragam lengkap dan membawa tas besar agar terlihat meyakinkan. Lalu, mereka mengajak berbicara para asisten rumah tangga untuk menawarkan jasanya. Nah, kalau waktunya sudah tepat, mereka bisa menyekap atau menodongkan senjata tajam kepada pembantu untuk mengancam.

Modus pembiusan yang mengincar para pemudik

Untuk modus kejahatan satu ini biasanya terjadi ketika musim mudik gengs. Adalah modus pembiusan di tempat-tempat ramai seperti terminal, stasiun dan lain sebagainya. Tapi, kejahatan ini agak susah untuk dihindari karena mereka pada umumnya menyerang dari arah belakang. Lalu, obat bius yang diberikan efeknya sangat cepat untuk membuat orang tak sadarkan diri.

Modus pembiusan [Sumber Gambar]
Lantas, enggak ada cara untuk menghindarinya? Hmm.. sebenarnya ada kok, tapi mungkin susah dilakukan bagi beberapa orang. Pertama, mengusahakan mudik dengan kerabat supaya jika yang bertindak jahat, maka ia bisa menolongnya. Kemudian cara selanjutnya yaitu menghindari tempat-tempat yang sepi ketika menunggu transportasi atau sekedar beristirahat. Pasalnya, orang jahat lebih suka beroperasi di tempat-tempat sepi.

Penodongan senjata tajam ke orang yang baru mengambil uang di ATM atau bank

Ketika hari raya sudah mendekat, orang-orang pada umumnya ke bank atau ke ATM untuk mengambil uang. Alasannya ya karena untuk memberi uang jajan ke sanak saudara atau tetangga. Dari sinilah banyak para penjahat yang berkeliaran di sekitar ATM atau bank saat menjelang hari raya. Ketika mereka menemukan targetnya, langsung ia menodongkan senjata tajam untuk mengambil semua uang korbannya.

Menodong senjata tajam kepada orang yang baru mengambil uang [Sumber Gambar]
Jadi, untuk menghindarinya ada beberapa cara. Jika mengambil uang di ATM, usahakan di tempat yang ramai dan kalau bisa ada satpamnya. Kemudian, apabila ingin mengambil uang di bank, alangkah lebih baik ditemani oleh seseorang. Kalau jumlah uangnya banyak, bisa meminta pengawalan dari polisi kok supaya aman sepanjang jalan.

BACA JUGA : Mencekik Rakyat, Inilah Penyebab Harga Barang Naik Drastis Saat Bulan Puasa Tiba

Kejahatan selalu ada di mana-mana. Tak peduli tempat atau pun waktu, asal ada kesempatan dan bisikan dari setan, orang-orang bisa berubah drastis menjadi jahat saat itu juga. Maka dari itu, tetap waspada ya gengs di bulan puasa ini. Jangan sampai kalian lengah hingga bisa merugikan diri sendiri.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

10 Potret Ini Buktikan Nia Ramadhani Cocok Saingi Kendall Jenner Jadi Model Victoria Secret

Tidak Selalu Hancur, Inilah 4 Kemenangan Edan Barcelona yang Membuat Lawannya Mati Kutu