Karir timnas Indonesia di kanca sepak bola dunia bisa dibilang lumayan fluktuatif. Terutama beberapa tahun yang lalu, timnas Senior kita sempat mengalami loyo prestasi. Jangankan masuk dalam semifinal, bahkan pada babak penyisihan pun sudah tersingkir duluan. Hal itulah yang kadang jadi luka pilu di ingatan para pencinta sepak bola.

Jika menengok ke belakang, rupanya ada beberapa hal yang dulu sempat membuat redup para punggawa garuda itu. Mulai dari menjadi bintang iklan hingga pacaran dengan artis. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai beberapa hal yang dulu sempat bikin timnas kita “loyo” prestasi.

Tergaet menjadi bintang iklan

Inilah yang sering kali dialami oleh para pemain timnas Indonesia, ya tergiur menjadi bintang iklan. Sebenarnya tidak ada yang salah menjadi bintang iklan, namun yang tidak benar adalah ketika para pemain terlalu tergiur sehingga lupa menyesuaikan jadwal. Alhasil, banyak dari pemain-pemain timnas dulu yang akhirnya jadwal syuting iklannya jadi bertabrakan dengan waktu latihan.

main iklan [image source]
Dan ya, pada tahun 2013, PSSI pernah memberlakukan larangan keras bagi para pemain timnas untuk tidak sama sekali berkecimpung di dunia iklan. Hal ini adalah hal yang wajar mengingat prestasi timnas-timnas sebelumnya yang menurun drastis karena sibuk membintangi berbagai iklan.

Jadi artis dan masuk dunia hiburan

Tidak bisa dipungkiri hal lain yang mengakibatkan timnas dulu sempat loyo adalah karena side job mereka yang masuk di dunia hiburan. Ya, mau bagaimana lagi, ketika sudah berkecimpung dalam syuting striping, pastinya membutuhkan jadwal yang padat. Alhasil mereka pun mungkin mesti memangkas jadwal latihannya untuk melanjutkan syuting.

syuting sinetron [image source]
Namun demikian beberapa timnas terdahulu rupanya punya cara cerdik untuk mensiasatinya. Ya, mereka terjun di dunia hiburan setelah tugas mereka untuk membela negara selesai. Dengan begitu, pundi-pundi amal tetap bisa diperoleh tanpa mengorbankan kewajiban. Ya, namun begitu, kadang para pemain bola yang memilih ikut syuting striping ini tidak diberikan peran utama. Meskipun begitu tetap lumayan kok bayarannya agar dapur tetap ngepul.

Punya hubungan khusus dengan artis

Memang sejatinya dengan menjadi salah satu punggawa garuda Indonesia, otomatis akan mengantarkannya pada popularitas. Jadi bukan hal yang aneh kalau tidak hanya orang biasa, para publik figurpun mungkin bisa kepincut dengan mereka. Namun itulah realitanya, ya beberapa timnas terdahulu rupanya memiliki hubungan khusus dengan para artis cantik.

pacaran dengan artis

Memang sah-sah saja, bahkan mungkin malah jadi motivasi. Namun sayang, hal ini adalah ibarat pedang bermata dua bagai seorang timnas. Ya, karena bisa saja karirnya malah redup karena  lebih mendahulukan masalah percintaan ketimbang tanggung jawab yang diemban. Oleh sebab itu, seorang timnas yang memiliki hubungan khusus diharap lebih bijak, pasalnya sudah ada beberapa kisah yang membuat pemain terdahulu karirnya redup karena hal itu.

Adanya berbagai tekanan yang ada

Seperti yang diketahui sebagai seorang timnas, pastinya ada tanggung jawab besar yang menanti. Oleh sebab itu pastinya bakal banyak pula tekanan yang ada. Tidak hanya dari para penggemar, namun juga para pengamat sepak bola. Seperti yang diketahui kalau netizen Indonesia itu memang “kejam”.

Komentar Netizen [image source]
Saat timnas mendapatkan hasil pertandingan yang baik, banyak sanjungan yang datang menghampiri. Akan tetapi ketika gagal, yang ada malah banyak  hujatan  yang diterima. Hal itulah yang kadang jadi beban tersendiri. Selain itu bayang-bayang nasib mantan atlet yang gak karuan juga menghantui. Banyak kan para mantan timnas yang akhirnya jadi banting setir.

Terlepas dari semua itu, kini timnas telah lebih membenahi diri. Sehingga  hampir tidak ditemukan lagi kisah-kisah seperti di atas yang membuat redup karir mereka sendiri. Kini harapan baru telah muncul, mimpi Indonesia untuk memajukan sepak bola bukan lagi hanya khayalan. Mari kita dukung timnas dengan sepenuh hati.