in

Mengenal Samoa, Timnas Paling Lemah di Dunia yang Hanya Memperoleh Satu Kemenangan

Menang hanya satu kali [sumber gambar]

Tak dapat dipungkiri kalau kualitas sepak bola Indonesia sedang mengalami penurunan. Buktinya, beberapa waktu yang lalu rupanya rangking FIFA Negara kita memang turun beberapa poin. Tentunya hal ini menjadi warning, sehingga para pemain serta pengurus dapat mengejar ketertinggalan dari Negara lain.

Tetapi Indonesia patutnya masih bias bersyukur, pasalnya adalah Timnas yang dinobatkan paling lemah di dunia. Jangankan masuk jajaran tim skor rendah, bahkan satu gol pun pernah jadi rekor mereka dalam seleksi piala dunia. Lalu Timnas ngenes mana sih yang dimaksud itu? Simak ulasan berikut.

Lantaran tak terlalu populer jadi dianggap sebelah mata

Di negara lain, Timnas sepak bola mungkin jadi pujaan dan dielu-elukan kemenangannya. Namun ternyata sambutan berbeda terjadi di Samoa. Bagaimana tidak, pasalnya Timnas negara ini tak lain hanya seperti klub kasta renda yang berlaga ketika harus melawan negara lain. Bukan tanpa alasan melainkan memang di benua Amerika ini yang namanya sepak bola bukan jadi sebuah olah raga yang populer.

Olahraga tak populer [sumber gambar]
Mengingat kalau America Football atau bisbol lebih punya nama ketimbang sepak bola. Jadi bukan hal yang aneh kalau jarang orang memandangnya. Namun demikian jangan samakan dengan LA Galaxy yang sama-sama dari benua Amerika, pasalnya Samoa hanya sebuah negara kecil di sana.

Sang Timnas yang sampai kebobolan 31-0 dalam salah satu pertandingan

Mungkin jadi sebuah rekor namun dalam artisan negatif dari satu tim dari benua Amerika ini. Pasalnya saat melawan salah satu negara dunia dirinya harus menelan kekalahan super pahit bintang lima. Bagaimana tidak, tak hanya dipermalukan lantaran gagal masuk piala dunia, skor yang ada pun malah bikin melongo.

Kalah dengan hasil mengenaskan [sumber gambar]

Kalah dengan angka 31-0 membuat negara ini dinobatkan menjadi Timnas paling lemah di dunia. Pun demikian sang lawan, pada penyisihan piala dunia 2002, seolah tak memberi ampun kepada Samoa. Mulai sejak saat itulah negara ini sedikit demi sedikit berbenah dengan keadaan yang ada.

Samoa pernah masuk dalam posisi paling bawah di dunia

Tittle negara paling lemah di dunia sepak bola bukan hanya saat laga di Australia dengan berlangsung. Namun lantaran skor dari hasil semua pertandingan yang pernah dilakukan. Bagaimana tidak, di mana negara lain meskipun lemah, paling tidak mencetak satu gol, Samoa malah sama sekali tidak menembakkan bola ke gawang lawan.

Posisi paling bawah dunia [sumber gambar]
Belum lagi ditambah realita bawa negara ini kemasukan sampai 57 gol. Alhasil wajar kalau saat kualifikasi negara ini benar-benar jadi ‘penunggu’ posisi bawah. Sejatinya Samoa tidak sendirian, pasalnya negara lain bernama Tonga juga pernah dibabat habis oleh Australia dengan skor 22-0 dan akhirnya berada satu posisi di atas Samoa.

Hanya tercatat satu kali menang dalam sejarah

Meskipun jadi salah satu negara yang dipandang sebelah mata dalam dunia bola, negara ini ternyata pernah menang satu kali dalam piala dunia. Ya, tepatnya saat penyisihan piala dunia, Timnas Samoa akhirnya berhasil membobol gawang lawan, meskipun hanya satu gol. Gawang lawan yang dibobol pun, ternyata milik Tonga yang sama-sama tak beranjak dari posisi bawah.

Menang hanya satu kali [sumber gambar]
Bagi negara lain, mungkin kemenangan adalah hal yang ‘menggembirakan’ dalam konteks yang wajar. tetapi untuk Samoa, kemenangan dalam ajang sepak bola seperti keajaiban yang jarang terjadi. Oleh sebab itu para pemain merasa sangat senang walaupun mungkin hanya selisih satu angka.

Level dari Timnas Samoa mungkin sangat jauh dari Indonesia, itu bukan hal yang aneh mengingat sepak bola juga bukan olahraga favorit di sana. namun demikian, semangat mereka yang ingin terus maju patut diacungi jempol. Pun demikian meskipun mungkin banyak negara yang akan memandang lemah mereka.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

4 Rahasia Mengapa Bangunan Buatan Belanda Bisa Lebih Awet Ketimbang yang Modern

5 Fakta Ka’Bah Jika Dilihat Secara Ilmiah dan Akan Menggemparkan Jiwa Ragamu