in

Ada yang Baru! Kini Tilang Bisa Dilakukan Secara Online

Seperti yang kita tahu, tilang selalu dilakukan secara tatap muka. Ya seperti biasanya, ketika kita melakukan pelanggaran, akan diberikan surat tilang yang ditujukan kepada pengadilan. Nanti, di pengadilan lah ditentukan sanksi yang sesuai dengan pelanggarannya. Namun, kali ini kemungkinan besar kita tidak akan menemui fenomena satu ini Sahabat Boombastis. Sebab, kini ada teknologi yang bernama tilang online atau bisa disebut dengan e-tilang.

Yap, e-tilang ini bukan seperti pemikiran kita yang melakukan peneguran dengan cara online. Tapi lebih kepada surat yang sudah diganti dengan metode elektronik. Sehingga memudahkan polisi lalu lintas untuk melakukan tilang. Selain itu juga mempermudah pelanggar untuk membayar denda dari kesalahan yang telah ia buat. Jadi, seperti apa sih alur dari e-tilang ini?

Tilang online lebih cepat daripada biasanya [Sumber Gambar]
Tahap pertama, sama seperti tilang pada umumnya kok Sahabat Boombastis. Adalah polisi melakukan penilangan terlebih dahulu. Namun, perlu diketahui nih, kalau polisi berhak menilang seseorang dengan beberapa syarat. Yakni, dengan menunjukkan surat tugas untuk tilang dan juga kartu tanda anggota. Nah, kalau polisi tidak menunjukkan keduanya, bisa saja itu adalah polisi lalu lintas gadungan. Jadi, harap berhati-hati ya kalian semua.

Kemudian di tahap selanjutnya adalah polisi lalu lintas langsung memasukkan data pelanggar ke aplikasi e-tilang. Kalau masalah data apa saja yang diinputkan, masih belum ada keterangan lebih lanjut nih Sahabat Boombastis. Namun kemungkinan besar yang dimasukkan adalah nomor polisi dan juga jenis kendaraannya.

Aplikasi tilang online [Sumber Gambar]
Lalu, jika sudah selesai memasukkan data, maka nomor registrasi tilang dan denda akan dikirimkan ke pelanggar. Tentunya dengan syarat, kalau si pelanggar juga wajib menggunakan e-tilang. Nah, jika sudah, maka di sana akan tercantum juga denda yang dibayar oleh si pelanggar. Tapi, jumlah denda yang ditampilkan saat itu hanya sementara saja karena bisa berubah-ubah sesuai dengan aturan berlaku.

Denda yang sudah tercantum tadi, sudah bisa langsung dibayar nih Sahabat Boombastis. Tapi tidak membayar ke polisinya, melainkan melalui bank atau mobile banking. Di aplikasi tersebut, sudah terdapat informasi mengenai rekening yang akan dikirimkan denda sesuai dengan bank si pelanggar. Jadi, tak perlu bingung lagi deh dengan potongan kiriman, kalau sudah tersedia rekening sesuai bank yang kalian miliki.

Tilang online baru diterapkan di kota-kota tertentu [Sumber Gambar]
Tak berhenti di sana, ada tahap lagi yang harus dilalui. Adalah menunggu keputusan dari pengadilan. Jadi, pengadilan akan memutuskan jenis pelanggaran dan juga dendanya. Nah, jika dendanya lebih sedikit dari uang yang dibayarkan, maka akan ada sms dari pihak bank. Biasanya, pihak bank akan menanyakan apakah uang akan dikembalikan dalam bentuk transfer atau diambil secara langsung. Sehingga enggak perlu khawatir uang kalian hilang karena berlebih dalam membayar.

Kalau dilihat dari fungsinya, e-tilang mempunyai banyak sekali kelebihan. Pertama, penilangan tidak menghabiskan banyak waktu. Kemudian, pelanggar tidak perlu hadir di persidangan. Selanjutnya, pembayaran bisa melalui bank sehingga tidak merepotkan para pelanggar. Namun sayangnya, e-tilang ini baru ada di kota-kota tertentu saja. Tapi kemungkinan besar, e-tilang akan diterapkan di seluruh Indonesia.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Michael Bambang Hartono, Orang Terkaya Indonesia yang Ikut Bertanding di Asian Games 2018

Heboh Jokowi Freestyle Naik Moge, Inilah Fakta Stuntman yang Asyik Sekaligus Uji Nyali