5 Teori Konspirasi ini Menunjukkan Jika Tiongkok Sedang Memata-matai Dunia

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Feb 8, 2016

Tiongkok atau China adalah negara yang dalam beberapa dekade mulai berkembang dengan pesat. Bahkan, saat ini Tiongkok bisa dibilang sebagai salah satu pemain terbaik yang tak bisa dikalahkan. Bahkan Amerika menganggap Tiongkok sebagai salah satu gangguan yang sangat menyusahkan hingga harus segera dimusnahkan.

Setidaknya sejak 12 tahun terakhir, 123 agen mata-mata Tiongkok menginvasi Amerika. Mereka dengan mudah mengambil data-data penting dan segera mengirimnya ke pemerintah. Hal ini membuat Amerika dan beberapa negara dunia jadi merugi banyak. Mata-mata Tiongkok benar-benar membuat segala hal jadi salah kaprah. Berikut tujuh teori konspirasi tentang aksi mereka.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

1. Chen Di Yu

Chen Di Yu adalah sebuah istilah yang memiliki arti “ikan yang berada di bawah lautan”. Chen Di Yu adalah sebuah teknik yang dilakukan intelijen Tiongkok untuk mendapatkan banyak sekali informasi dari negara-negara. Mereka biasanya melatih agen dari kecil lalu menyuruh mereka untuk masuk ke lembaga penting sebagai orang rendahan. Dari sini karier orang akan meningkat hingga sampai ke posisi yang sangat tinggi.

Chen Di Yu adalah merekrut anggota dari bawah [image source]
Chen Di Yu adalah merekrut anggota dari bawah [image source]
Saat posisi seseorang telah tinggi, barulah data-data penting segera dikirim ke Tiongkok. Oh ya, intelijen Tiongkok dikabarkan banyak sekali merekrut pegawai dari para mahasiswa di negara yang jadi target. Setelah direkrut mereka akan dilatih hingga akhirnya diberi misi jangka panjang untuk mencuri apa saja yang ada di negara target.

2. Corporate Espionage

Saat ini Tiongkok adalah salah satu negara paling besar dalam bidang ekonomi. Bahkan Amerika saja sampai keok dan mengaku kalah. Pencapaian yang telah dimiliki oleh Tiongkok ternyata tak membuat mereka jadi puas. Bahkan mereka masih mengirim agen mata-mata ke perusahaan besar yang ada di seluruh dunia untuk menguasai mereka. Bahkan pemerintah tak segan-segan mengeluarkan banyak sekali uang untuk meloloskan misinya ini.

Corporate Espionage, memasukkan agen di perusahaan atau lembaga pemerintah [image source]
Corporate Espionage, memasukkan agen di perusahaan atau lembaga pemerintah [image source]
Para agen akan ditempatkan di perusahaan inti dari suatu negara. Dari perusahaan ini, Tiongkok akan mengumpulkan banyak sekali data berharga hingga akhirnya menguasai lembaga pemerintahan. Dengan melakukan ini Tiongkok akan dengan mudah mengetahui rahasia suatu negara hingga kebijakan luar negerinya bisa berjalan dengan baik.

3. Pendidikan dan Beasiswa Perguruan Tinggi

Kampus adalah salah satu lembaga yang sangat muda untuk disusupi oleh agen rahasia. Hal ini membuat pemerintah Tiongkok rela memberikan beasiswa penuh kepada para mahasiswa yang mau mendedikasikan dirinya pada Tiongkok. Mereka akan dibiayai dan diberi pelatihan sampai pandai. Bahkan mereka diberi uang penelitian agar memiliki akses masuk ke lembaga negara.

Kampus adalah lembaga tepat untuk membiakkan mata-mata [image source]
Kampus adalah lembaga tepat untuk membiakkan mata-mata [image source]
Data-data penelitian akademik dan juga data-data dari pemerintah negara target akan dikirim secara bertahap. Informasi yang diberikan oleh mahasiswa ini nantinya akan digunakan sebagai salah satu bahan analisis. Bahkan bisa digunakan sebagai bahan untuk melakukan tindakan lebih nyata kepada negara target. Oh ya negara barat sudah sering kecolongan data pentingnya hingga kadang mereka harus bertindak lebih hati-hati dalam merekrut anggota.

4. Jurnalis yang Disewa Sebagai Mata-mata

Salah satu keuntungan dari jurnalis adalah tidak ada batasan untuk memeriksa sesuatu. Mereka juga bisa bertanya lebih detail dalam mengetahui fakta-fakta yang ada. Tiongkok banyak menyebarkan gen intelijennya di berbagai dunia dengan profesi awal jurnalis. Mereka akan ditempatkan di lembaga-lembaga penting hingga mampu masuk ke zona rahasia.

Jurnalis yang berhasil menyusup dan mencari data [image source]
Jurnalis yang berhasil menyusup dan mencari data [image source]
Jika jurnalis bisa masuk ke zona ini, mereka akan segera mengirimkan banyak data ke Tiongkok. Freedom of the press membuat jurnalis ini mudah mengulik apa saja. Bahkan sesuatu yang rahasia bisa dengan mudah didapatkan tanpa perlu dicurigai sebagai seorang agen intelijen suatu negara.

5. Serangan via Dunia Maya yang Mengerikan

Hacker dari Tiongkok dikenal sangat kuat dan suka sekali menyerang dan menyusup ke lembaga-lembaga penting negara barat. Setidaknya pemerintah Amerika pernah mencatat ada 700 serangan hacker dari Tongkok untuk membuat negara-negara lain kehilangan data pentingnya. Hacker ini biasanya disewa lembaga pemerintah untuk melakukan sebuah misi pengambilan data dari negara lain.

hacker dari Tiongkok yang menyerang banyak negara [image source]
hacker dari Tiongkok yang menyerang banyak negara [image source]
Kelompok hacker dari Tiongkok seperti Thread Group 3390 hingga Emissary panda diketahui sering menyerang negara lain. Misinya sudah jelas untuk mengambil data yang nantinya disetor ke pihak intelijen. Mereka bisanya memberikan penawaran besar kepada lembaga negara jika data yang diambil sangat sensitif. Pemerintahan Tiongkok pun sepertinya juga tak keberatan mengeluarkan banyak uang untuk data sepenting ini.

Inilah lima teori konspirasi tentang aksi mata-mata yang dilakukan oleh Tiongkok. Negeri ini melakukan mata-mata ke seluruh dunia karena berambisi untuk menguasai semua sektor penting di dunia. Bahkan sepertinya negeri kita ini juga sudah mulai mendapatkan pengaruh dari Tiongkok yang super besar itu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA