10 Teori Konspirasi Aneh di Balik Kelucuan Tokoh Kartun Terkenal Dunia

oleh Adi Nugroho
13:16 PM on Jul 30, 2015

Kartun adalah hal menyenangkan yang selalu kita cari saat masih kecil. Akhir pekan tanpa menonton kartun seperti sayur tanpa garam, sangat hambar. Kartun yang tayang di layar kaca TV membuat kita betah lama-lama tertawa dan kagum dengan aksi mereka yang menghidupkan cerita. Tom and Jerry, Aladin, Spongebob, hingga Scooby-Doo membuat akhir pekan kita semakin bermakna. Bahkan kerap kira rindukan hingga sekarang.

Namun tahukah Anda jika dibalik kelucuan dari para tokoh kartun itu tersimpan sebuah cerita mengerikan? Ada sebuah teori konspirasi dibalik pembuatan tokoh kartun hingga membuat banyak anak kecil menyukainya. Penasaran? Langsung saja kita simak! Monggo!

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

1. Spongebob Square Pants Hadir Untuk Menutupi Pulau Uji Coba Nuklir

Tidak ada orang di dunia ini yang tidak mengenal Spongebob dengan tubuh kuning kotak yang selalu cerita ini. Hampir semua anak di dunia ini bahkan hafal semua nama karakter dari film yang diciptakan oleh Stephen Hillenberg. Pria dibalik kesuksesan Spongebob yang mulai tayang sejak 1999 ini ternyata mantan peneliti biologi kelautan. Dari latar belakang Stephen inilah teori mengerikan itu muncul.

Spongebob Square Pants Hadir Untuk Menutupi Pulau Uji Coba Nuklir
Spongebob Square Pants Hadir Untuk Menutupi Pulau Uji Coba Nuklir [image source]
Karakter cerita dan kocak dari Spongebob ternyata sebuah upaya untuk menutupi sebuah pulau yang hancur dan tercemar radiasi nuklir. Nama Bikini Bottom yang menjadi seting Spongebob diambil dari sebuah pulau karang bernama Bikini Atoll yang digunakan sebagai tempat uji coba senjata nuklir berbahaya. Kejadian ini dilakukan sejak tahun 1946 hingga 1958. Teori ini sempat booming dan menjadi sorotan banyak pihak meski tidak membuat kartun lucu ini harus dihentikan produksinya.

2. Aladin Berseting di Masa Depan di Mana Bumi Telah Hancur Akibat Perang

Kita mengenal Aladin sebagai seorang pemuda yang menemukan sebuah lampu ajaib berisi Jin. Karakter besutan Disney ini menjadi hits pada tahun 90-an dan ditunggu banyak anak di seluruh dunia setiap minggunya. Namun tahukah anda jika kartun yang berkisah tentang anak biasa yang mencintai putri raja tak bisa lepas dari namanya teori konspirasi.

Aladin Berseting di Masa Depan Dimana Bumi Telah Hancur Akibat Perang  [image source]
Aladin Berseting di Masa Depan Dimana Bumi Telah Hancur Akibat Perang [image source]
Teori ini bilang jika seting dari kartun aladin berada di masa depan setelah bumi sempat hancur akibat perang. Ya, perang dunia diprediksi akan hadir lagi setelah sempat usai tahun 1945 silam. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Jin yang mengaku telah tidur sepuluh ribu tahun. Artinya, di masa depan nanti (mungkin) ada perang yang menyebabkan bumi harus kembali ke era kemunduran di mana teknologi telah punah.

3. Donald Duck Adalah Karakter Dengan Gangguan Jiwa

Episode Donald Duck yang berasal di awal 30-an memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Awalnya Donald memiliki karakter yang sangat baik, sangat penyayang dan kalem. Namun saat perang dunia ke-2 berlangsung, episode yang hadir jadi berbeda. Karakter Donald Duck yang awalnya kalem jadi suka marah dan selalu emosional dalam segala hal. Terlebih dalam menghadapi keponakannya.

Donald Duck Adalah Karakter Dengan Gangguan Jiwa  [image source]
Donald Duck Adalah Karakter Dengan Gangguan Jiwa [image source]
Karakter ini menjadi khas setelah selama puluhan tahun tak diganti lagi. Donald Duck jadi dikenal sebagai bebek yang selalu marah terus menerus dalam segala hal. Sebuah peneliti mengatakan jika Donald Duck adalah simbol kemarahan manusia akan perang. Ia juga mengalami sebuah gangguan mental berupa Post-Traumatic Stress Disorder, hingga sekarang.

4. Tom dan Jerry Adalah Simbol Propaganda Perang

Hampir semua orang menyukai kartun Tom dan Jerry. Tua, muda bisa dibuat tertawa akan aksi lucu dari kucing dan tikus yang tidak bisa akur. Seari-hari dihabiskan dengan aksi kejar-kejaran hingga akhirnya selesai setela Tom di kucing harus kala dari Jerry si tikus kecil yang sangat cerdik dalam hal menghindari sergapan Tom yang terobsesi ingin menyantapnya.

Tom dan Jerry Adalah Simbol Propaganda Perang  [image source]
Tom dan Jerry Adalah Simbol Propaganda Perang [image source]
Kartun ini dibuat tahun 1940, tahun yang sama saat terjadi agresi antara Tentara Inggris dan Tentara Jerman. Sebuah teori menyebutkan jika Tom adalah simbol dari Inggris dan Jerry yang kecil simbol dari Jerman. Apa pun yang terjadi selalu saja Jerry berhasil menang. Entah benar atau tidak, namun beberapa orang meyakini jika karakter Tom dan Jerry adalah wujud para seniman dalam menyindir perang yang tak pernah ada habisnya. Seperti aksi dua hewan yang tak pernah berhenti bertengkar.

5. Charlie Brown Adalah Simbol Kehidupan Penderita Kanker

Pernahkah kalian memerhatikan karakter Chalie Brown dalam serial kartun Peanut yang ada karakter anjing Snoopy-nya? Ada berapa rambutnya? (tiga helai) Bagaimana karakternya? (pemalu). Benar! Tapi satu hal yang harus anda tahu teori di balik pembuatan karakter unik ini. Ternyata, karakter ini terinspirasi dari seorang penderita kanker yang selalu merasa depresi berurusan dengan prediksi waktu meninggal dan juga gugurnya rambut perlahan-lahan saat menjalani kemoterapi.

Charlie Brown Adalah Simbol Kehidupan Penderita Kanker  [image source]
Charlie Brown Adalah Simbol Kehidupan Penderita Kanker [image source]
Karakter Charlie Brown adalah simbol seorang penderita kanker yang selalu nampak tak bahagia. Ia selalu susah menjalin hubungan pertemanan, terlebih memikirkan waktu hidupnya yang tak lama lagi. Namun teori ini dianggap hanya sebagai “cocoklogi” karena Charles Brown memiliki tiga rambut seperti penderita kanker dan tidak tumbuh lagi.

6. Shaggy dari Kartun Scooby-Doo Seorang Pecandu Marijuana

Banyak orang memercayai jika Shaggy dalam kartun Scooby-Doo adalah seorang pecandu marijuana. Hal ini diperkuat dari penampakan Shaggy sedang merokok dari beberapa episode. Para fans bahkan mengakui jika Shaggy merokok marijuana hingga membuatnya sering berhalusinasi dan melihat anjing kesayanganya jadi bisa bicara dan bergerak seperti manusia bisa.

Shaggy dari Kartun Scooby-Doo Seorang Pecandu Marijuana  [image source]
Shaggy dari Kartun Scooby-Doo Seorang Pecandu Marijuana [image source]
Yaph! Kemampuan Shaggy dan Scooby-Doo berkomunikasi dianggap sebagai efek samping mabuk marijuana. Selain itu, dugaan jika Shaggy benar-benar pecandu datang saat ada pertunjukan teaterikal Scooby-Doo di mana tokoh Shaggy jatuh cinta dengan wanita bernama Mari Jane yang merupakan plesetan dari Marijuana. Dan nama “doobie” bukan hanya nama tengah dari anjing nyentrik itu saja tapi nama lain dari marijuana di beberapa daerah negara barat.

7. Samurai Jack Adalah Professor Utonium Ayah dari Trio Power Puff Girls

Teori yang akan anda baca ini berasal dari cocoklogi yang kebetulan nyaris sempurna. Coba ingat-ingat bagaimana wajah dar Samurai Jack dan juga ayah dari para gadis super Power Puff Girls. Sama? Yaph! Dari sanalah teori itu muncul hingga disimpulkan jika dua karakter yang berbeda film ini adalah orang yang sama. Samurai jack dari masa lalu dan Profesor Utonium dari masa depan.

Samurai Jack Adalah Professor Utonium Ayah dari Trio Power Puff Girls  [image source]
Samurai Jack Adalah Professor Utonium Ayah dari Trio Power Puff Girls [image source]
Teori konspirasi ini muncul lagi dari latar belakang penciptaan dua karakter terkenal ini. Samurai Jack dibuat oleh Genndy Tartakovsky yang juga merupakan anggota director saat Power Puff Girls dibuat dan menjadi booming di zamannya. Profesor Utonium pergi ke masa lalu untuk bertarung dengan roh jahat bernama Aku. Anda percaya dengan teori ini?

8. Karakter dari Kartun Spongebob Square Pants Berasal dari 7 Deadly Sins

Karakter dari Spongebob Square Pants tak hanya disukai oleh anak kecil, orang dewasa pun menggemarinya. Kelucuan dan keberagaman karakter yang sangat kuat membuat kartun produksi Nickeledeon ini selalu ditunggu setiap saat. Bahkan dari yang awalnya series di TV, Spongebob dan kawannya kini hadir ke layar lebar dengan jutaan penggemar setianya.

Karkater dari Kartun Spongebob Square Pants Berasal dari 7 Deadly Sins  [image source]
Karkater dari Kartun Spongebob Square Pants Berasal dari 7 Deadly Sins [image source]
Ternyata di balik kelucuan dari karakter di kartun ini menyimpan teori mengejutkan. Tujuh karakter utama dalam kartun ini adalah simbol dari 7 Deadly Sins atau tujuh dosa mematikan yang dimiliki manusia. Spongebob simbol lust atau nafsu, Squidward simbol dari wrath atau kemurkaan, Plankton simbol dari envy atau iri. Tuan Crab yang memiliki Crusty Crab adalah simbol greed atau keserakahan, Sandy si tupai adalah simbol pride atau angkuh. Terakhir Patrick dan Gary secara berurutan simbol dari kerakusan atau glutonny dan pemalas atau sloth.

9. Karakter-Karakter dari Kartun Winnie The Pooh Pecandu Narkoba

Pernahkah anda berpikir tentang kemungkinan-kemungkinan yang bisa hadir dari kartun yang sangat anda sayangi ini? Winnie The Pooh adalah satu dari puluhan kartun yang disukai oleh jutaan orang di seluruh dunia. Namun sebuah teori mengatakan jika karakter dalam kartun ini semuanya adalah pecandu narkoba. Nahlo? Dan yang paling sehat adalah Owl si burung hantu.

Karakter-Karakter dari Kartun Winnie The Pooh Pecandu Narkoba  [image source]
Karakter-Karakter dari Kartun Winnie The Pooh Pecandu Narkoba [image source]
Teori ini mencuat karena Owl selalu dijadikan tempat curhat hingga semua orang mampu menyelesaikan masalahnya. Teori ini menyebutkan jika Owl adalah bandar narkoba sehingga orang yang datang tujuannya mendapatkan obat. Aneh bukan? Namun banyak juga yang percaya dengan teori konspirasi ini. Selain itu, tokoh manusia yang bernama Christopher Robin sedan mengalami halusinasi saat berbincang dengan para hewan hutan ini. Ia juga dianggap sedang nge-fly akibat obat-obatan terlarang. Teori yang gila!

10. The Smurf Adalah Perwujudan dari Nazi dan Klan Ku Klux

Teori konspirasi yang satu ini sangat mengerikan karena mengasosiasikan karakter lucu dan menggemaskan ini dengan sekelompok orang barbar. Namun serba kebetulan dari karakter The Smurf tidak bisa menghindarkan adanya teori konspirasi ini. Smurf dianggap sebagai Nazi karena memiliki musuh Gargamel. Musuh dari karakter serba biru ini memiliki hidung yang sangat besar, sangat menyukai emas dan juga botak. Hal ini adalah ciri dari kebanyakan orang yahudi. Tak hanya itu, Gargamel memiliki kucing bernama Azrael yang berasal dari bahasa Yahudi.

The Smurf Adalah Perwujudan dari Nazi dan Klan Ku Klux  [image source]
The Smurf Adalah Perwujudan dari Nazi dan Klan Ku Klux [image source]
Teori selanjutnya dari The Smurft adalah jika karakter cebol ini perwujudan klan Ku Klux. Pakaian para smurf dan papa smurf nyaris sama dengan pakaian klan Ku Klux. Smurf memakai pakaian putih dan juga topi panjang seperti pakaian yang klan Ku Klux pakai. Lalu pakaian pemimpin klan ku klux memakai pakaian merah dan topi merah sama seperti yang dipakai pemimpin smurf. Kebetulan atau memang terinspirasi dari klan Ku Klux? Entahlah!

Itulah sepuluh teori konspirasi yang berhubungan dengan kartun yang kerap kita lihat. Semoga teori ini hanya isapan jempol belaka dan tidak membuat karakter yang kita sukai ini lenyap dimakan waktu. Karena kartun dibuat untuk tujuan menghibur jutaan anak di seluruh dunia!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA