Munculnya teori bumi datar selama dua tahun belakangan sempat membuat geger dunia. Bagaimana tidak, hal tersebut benar-benar bikin banyak orang ragu dengan bentuk bumi yang bulat ini dan mulai percaya wujud fisik planet kita yang digambarkan mirip piringan itu. Di masa sekarang perdebatan soal bumi globe atau datar masih berlangsung. Masing-masing pendukungnya mengeluarkan bukti-bukti yang sama-sama bikin akal rasional kita seolah diuji coba.

Menyinggung bumi datar, ternyata teori-teori unik bentuk planet tercinta ini ada beberapa macam lagi. Uniknya yang melontarkan anggapan tersebut adalah para ahli juga. Bumi datar mungkin masih masuk akal (setidaknya bejibun teorinya), tapi beberapa teori ini sangat luar biasa. Seperti apa itu? Simak ulasannya berikut ini.

Bentuk bumi kotak atau kubus yang bikin netizen melongo

Melihat perseteruan antara penganut teori bumi bulat vs datar, memang sepertinya tidak ada akhirnya. Namun siapa sangka ternyata ada pihak lain yang mengeluarkan teori yang tak kalah bikin heboh. Tepatnya oleh Prof Keith Loore, salah satu pensiunan NASA. Pria ini mencetuskan teori bentuk bumi yang bakal bikin kamu makin bingung setelah tahu flat earth.

Bumi Kotak [sumber gambar]
Bagaimana tidak, pasalnya ia mengatakan kalau bentuk dari bumi ini sebenarnya adalah kotak atau kubus. Bukan tanpa alasan, menurut pengamatannya jika bentuk planet tercinta kita ini adalah bulat tanpa sudut, seharusnya rotasi dan revolusi terjadi lebih lambat. Oleh sebab itulah dirinya menyimpulkan kalau bentuk bumi tidak bulat utuh melainkan memiliki sedikit sudut di sisi-sisinya. Kalau benar kubus, mungkin bisa mulai kita cari di mana sudut bumi.

Bumi berongga, di mana di dalamnya masih ada planet kecil yang lainnya

Teori bumi berongga ini mungkin agak asing di telinga kita. Namun siapa sangka anggapan tersebut sudah muncul sejak zaman Yunani dulu. Kemudian diangkat kembali oleh beberapa ilmuwan Inggris abad pertengahan, Edmund Halley dan John Cleves Symmes. Uniknya di masa sekarang banyak orang yang masih percaya dengan asumsi tersebut, bahkan jumlahnya diklaim terus naik.

Bumi berongga [sumber gambar]
Penganut teori ini menganggap kalau bumi memiliki lubang-lubang kecil di dalamnya sedangkan kita berada di bagian paling luar. Bagi mereka sendiri masih ada empat planet bumi lainnya yang berukuran lebih kecil di dalamnya. Teori ini sendiri mirip dengan konsep Agartha yang juga masih dipercaya banyak orang sekarang ini.

Bumi diangkut oleh Kura-kura raksasa yang sempat dipercaya banyak orang

Bagaimana kalau sejatinya bentuk bumi kita datar dan diangkut oleh kura-kura? Mungkin teori ini benar-benar absurd untuk kita, namun faktanya hal tersebut dipercaya sejak zaman dulu. Bahkan di masa sekarang tak jarang orang yang masih mempercayainya. Usut punya usut, cerita mengenai teori bumi diangkut kura-kura ini diambil dari kepercayaan beberapa suku di dunia, mulai dari India, pedalaman Amerika hingga Tiongkok.

bumi diangkut kura-kura [sumber gambar]
Teori ini sendiri belakangan kembali populer setelah ilmuwan asal Belanda bernama Jasper Danckaerts mengenalkannya. Teori ini sendiri mirip dengan cerita Atlas yang mengangkut bumi, namun bedanya bentuk planet kita bulat, sedangkan yang diangkut oleh kura-kura berbentuk datar. Jika demikian, kura-kuranya sebesar apa ya?

Teori bumi hanyalah sebuah program komputer raksasa

Jika pada teori yang lain mengacu pada bentuk bumi secara fisik, kalau yang satu ini beda ketimbang yang lain. Bayangkan saja, pada teori unik ini banyak yang percaya kalau bumi hanyalah sebuah simulasi kehidupan semata. Gampangnya mirip seperti game simulasi kehidupan macam The Sims.

Bumi program komputer [sumber gambar]
Teori ini muncul lantaran kemajuan teknologi manusia yang luar biasa. Asumsi ini juga dikuatkan dengan gambaran yang ditunjukkan oleh alat Virtual Reality di mana gambar yang dilihat hanyalah semu alias digital. Digital World Theory tentu tak serta merta dipercaya. Apalagi teknologi maju sebenarnya masih belum benar-benar merata di dunia.

Setiap orang boleh mengemukakan pendapatnya untuk urusan apa pun termasuk teori dunia. Tapi yang harus diingat adalah bukti dan uji coba. Tanpa itu ya sama juga dengan anak kecil bicara ia bisa terbang ke langit. Nah, kalau kamu percaya dengan teori bumi yang mana? Apa pun itu jangan sampai berdebat yang tidak perlu ya. Apalagi ujung-ujungnya hanya bikin pecah.