10 Tempat Wisata Seru dan Asyik Ini Ada di Tengah Hiruk Pikuk Surabaya

oleh irma
07:00 AM on Apr 13, 2016

Surabaya merupakan ibukota dari Jawa Timur. Tak dapat dipungkiri, hal ini lah yang lantas membuat Surabaya menjadi kota yang cukup dikenal. Nah, jika sebuah kota dikenal sangat baik oleh masyarakat, maka tak heran jika banyak orang yang lantas berlomba untuk mengunjunginya.

Akan tetapi, masih banyak nampaknya para netizen yang mengeluh di media saat berkunjung ke kota yang berlambang Paus dan Buaya ini. Pasalnya mereka mengakui bahwa lumayan susah untuk menemukan tempat yang seru sebagai objek wisata di sana. Ah, masa sih. Ini nih, tim Boombastis sudah merangkum 10 tempat asyik yang harus dikunjungi saat berada di Surabaya khusus untuk sobat Boombastis.

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

1. Surabaya Carnival Park

Berdiri pertama kali dengan nama Suroboyo Carnival Night Market, wisata yang satu ini masih tergolong baru. Berlokasi di daerah Ahmad Yani, wisata yang beralih nama menjadi Surabaya Carnival Park ini merupakan oase bagi warga Surabaya lantaran mereka tak perlu lagi “kabur” untuk mencari tempat wisata di kota lain.

carnival park
Surabaya Carnival Park [ Image Source ]
Mungkin tak jauh berbeda dengan Jawa Timur Park, yang terletak di Batu, Malang. Akan tetapi, selain menyajikan pelbagai wahana seru dan asyik, Surabaya Carnival Park memiliki kesan kental akan Surabayanya loh. Dapat Anda temukan lagu-lagu jawa yang dimainkan terus menerus, serta terdapat Galeri Suroboyo yang akan membahas tuntas seputar Surabaya. Nah, selain berwisata, hitung-hitung Anda bisa sekaligus mempelajari sejarah serta serba-serbi mengenai kota pahlawan ini bukan?

2. Ciputra Waterpark

Sudah tau belum, bahwa Ciputra Waterpark Surabaya merupakan wahana wisata air terbesar di Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara. Konsep pembuatan wisata air ini sendiri ternyata terinspirasi dari salah satu dongeng terkenal yakni Sinbad. Dibangun di lahan seluas 5 hektar, Ciputra Waterpark dapat Anda temui di wilayah yang juga cukup terkenal yakni area Citraland.

ciputra
Ciputra Waterpark [ Image Source ]
Perlu diingat juga bahwa Ciputra Waterpark buka hanya di hari Selasa hingga Minggu dengan jam operasional antara pukul 10.00-19.00. Terdapat beberapa paket yang bisa dipilih oleh pengunjung, di mana setiap wahana akan memberikan keseruan denga teknologi yang sangat canggih. Tak perlu ragu dan khawatir perihal kemanan di sini. Pasalnya, sistem pengamanan yang dimiliki oleh salah satu perusahaaan milik Ciputra Group ini sudah dijamin dan terbukti aman.

3. Wisata Mangrove

Wacana green living mungkin sedang gencar diterapkan oleh pemerintah Surabaya dalam upaya pelestarian lingkungan. Terbukti dari perombakan beberapa taman yang dewasa kini dilakukan, serta munculnya wisata bertemakan Go Green. Adalah objek Wisata Hutan Mangrove Surabaya yang terletak di daerah Wonorejo inilah yang kini sedang sangat booming.

mangrove
Wisata Mangrove [ Image Source ]
Ditengah hiruk pikuk dan kepadatan kota akibat banyaknya bangunan tingkat tinggi, wisata Mangrove hadir sebagai wujud dari ajakan pemerintah kepada warga untuk tetap melestarikan alam. Tak hanya berjalan melihat ratusan pepohonan hijau nan segar, namun Anda juga bisa merasakan asyiknya sensasi menyusuri laut menggunakan perahu kayu. Untuk menjajal pengalaman seru tersebut, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar R0 30.000 saja.

4. Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran merupakan objek wisata yang terletak di kecamatan Kenjeran, kota Surabaya, dan hanya berjarak sekitar 9 km dari pusat kota. Pantai Kenjeran sendiri dibagi menjadi 2 wilayah dengan fungsi yang berbeda-beda, yakni Kenjeran Lama dan Kenjeran Baru. Di Kenjeran Lama Anda dapat menikmati keindahan pantai, berlayar, serta berenang.

kenjeran
Pantai Kenjeran [ Image Source ]
Sementara itu, di Kenjeran Baru, Anda dapat melakukan kegiatan olahraga seperti Tenis, Balap Motor, Gokart serta Pacuan Kuda. Tak lupa juga pantai ini juga menyediakan fasilitas pusat makanan yang menyajikan berbagai kuliner khas Surabaya. Untuk dapat masuk ke pantai ini, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 4000 saja, murah sekali bukan?

5. Jembatan Suramadu

Mungkin akan terdengar sedikit aneh saat menjadikan sebuah jembatan sebagai salah satu objek wisata. Namun hal ini nyata terjadi pada Suramadu yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia ini. Yah, semenjak diresmikan oleh Megawati Soekarnoputri di tahun 2003, Suramadu langsung mencuri perhatian jutaan warga Indonesia.

suramadu
Jambatan suramadu [ Image Source ]
Fungsi utama dari pembangunan jembatan ini sendiri ialah menggabungkan wilauah Surabaya dengan pulau Madura, tepatnya Bangkalan. Namun jutaan orang tak mau menyia-nyiakan keindahan Suramadu begitu saja, dan memutuskan untuk mengabadikan foto mereka di sepanjang jalan jembatan. Tak perlu takut untuk tidak bisa berfoto ria di sepanjang jalan jembatan, pasalnya jembatan ini memiliki kepanjangan sekitar 5.438 m. Wow!

6. Patung Budha 4 Wajah

Tak perlu jauh-jauh ke Bangkok untuk dapat menikmati wisata yang memiliki Patung Budha sebagai daya tariknya. Karena kini, Anda dapat mengunjungi salah satu objek wisata berupa patung Budha yang berada di sudut pantai RIa Kenjeran. Patung yang diimport langsung dari Thailand ini sendiri mulai didirikan sejak tahun 2003 silam.

patung buda
Patung buda 4 wajah [ Image Source ]
Yang lebih menarik lagi ialah, patung tersebut memiliki 4 wajah dengan ketinggian patung sebesar 39 meter. 4 wajah yang dimiliki patung itu merupakan empat simbol dari sifat Sang Budha yakni murah hati, pengasih, adil dan meditasi. Selain itu, patung dengan luas 1,5 hektar ini dilapisi oleh lapisan emas yang jika ditotal, untuk pembuatan patung ini Surabaya harus merogoh kocek sebesar 4 miliar rupiah.

7. House of Sampoerna

House of Sampoerna merupakan sebuah museum yang menjadi saksi bisu kisah sejarah panjang Surabaya di jaman penjajahan Belanda. Tidak seperti namanya sekarang, bangunan yang didirikan sekitar tahun 1862 itu dulunya merupakan sebuah panti asuhan laki-laki. Di tahun 1932 bangunan ini pun lantas berpindah tangan menjadi milik Liem Seeng Tee pendiri Sampoerna.

smapoerna
House of Sampoerna [ Image Source ]

Sejak saat itulah, bangunan yang memiliki 4 pilar tinggi berbentuk rokok ini beralih menjadi rumah produksi rokok Sampoerna untuk pertama kali. Seiring bergantinya waktupun, kini bangunan yang kental akan nuansa Belanda itupun menjadi museum sejarah rokok Sampoerna. Di sini Anda dapat melihat segala sesuatu yang memiliki hubungan erat dengan Sampoerna, mulai dari seluk beluk keluarga Sampoerna, hingga segala aspek mengenai rokok yang kerap kita temui sehari-hari.

8. Monumen Jalesveva Jayamahe

Jika sekilas melihat foto monumen yang satu ini, pasti banyak dari kita yang berfikir bahwa foto tersebut merupakan monumen yang berada di luar negri. Padahal, Monumen yang memiliki nama Jalesveva Jayamahe ini merupakan patung kebanggan Indonesia yang dapat ditemui di Surabaya. Berlokasi tak jauh dari House of Sampoerna, patung yang melambangkan Angkatan Laut inipun menjadi incaran wisatawan untuk berfoto ria.

patung AU
Monumen Jalesveva Jayamahe [ Image Source ]

Jalesveva Jayamahe sendiri memiliki arti ” di lautan kita jaya”. Hal ini merujuk pada sejarah Indonesia yang merupakan negara yang terkenal akan ketangguhannya di lautan serta merupakan negara yang kuat secara maritim. Oleh karena itulah patung yang menggambarkan sosok Perwira TNI Angkatan Laut yang berbusana Pakaian Dinas Upacara lengkap ini dijadikan monumen bersejarah di Surabaya.

9. Kebun Bibit Wonorejo

Ingin memancing sembari menikmati indahnya panorama alam? Ya di Kebun Bibit Wonorejolah tempatnya! Selain wisata Mangrove, kebun bibit Wonorejo juga merupakan destinasi yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Tak hanya memnacing, namun di sini Anda dapat melakukan segala aktivitas yang asyik dan seru loh.

kebun bibit
Kebun Bibit Wonorejo [ Image Source ]
Di sore hari, Anda akan banyak menemui para pemancing yang duduk santai di sebelah dermaga rindang nan tenang. Tak hanya itu, bahkan tak jarang kebun yang berada di Jl. Kendalsari ini juga dijadikan tempat bagi pasangan yang sedang melakukan foto prewedding. Nah, bagi sobat Boombastis yang doyan jogging, tempat ini pun sangat cocok untuk digunakan berolahraga di saat pagi maupun sore.

10. Jembatan Merah, Tempat Kaya Akan Sejarah

Sebagai bangsa Indonesia, kita perlu mengetahui sejarah yang ada dan terjadi di negri ini. Tak hanya itu, bahkan beberapa tempat peninggalan sejarah seharusnya mampu membuat kita bangga atas kegigihan para pahlawan dalam memperjuangkan negri tercinta. Hal inilah yang menjadi landasan dijadikannya Jembatan Merah sebagai monumen bersejarah yang ada di Surabaya.

jembatan merah
Jembatan Merah, Tempat Kaya Akan Sejarah [ Image Source ]
Jembatan merah merupakan salah satu monumen yang tak dibiarkan apa adanya dan tak pernah direnovasi sama sekali. Semasa jaman VOC, jembatan ini menjadi sarana perhubungan paling vital antara Kalimas menuju Gedung Karesidenan Surabaya, yang sudah tidak berbekas lagi. Dari banyak kejadian penting yang terjadi disinilah, Jembatan Surabaya lantas dilindungi sebagai monumen yang membanggakan kota Surabaya.

Jadi sobat Boombastis, sudah tau belum kira-kira tempat wisata mana sih yang paling cocok dengan kepribadian Anda?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA