Trend travelling ekstrem seperti ke puncak-puncak gunung dengan medan menantang, saat ini sudah biasa. Pun travelling ke luar negeri, sudah banyak orang yang melakukannya. Kalau ingin jalan-jalan ke tempat yang tidak biasa, tak ada salahnya mencoba sensasi berpetualang ke daerah-daerah terpencil yang ada di dunia. Dijamin, perjalanan tak terlupakan dan suasana alam yang masih perawan akan menjadi imbalan yang cukup memuaskan.

Namun tentu ada harga yang harus kita bayar untuk mendatangi tempat seperti ini. Mulai dari biaya perjalanan yang tak sedikit, penantian yang lama karena transportasi yang tak selalu ada, serta tantangan medan yang tak terduga. Jika mampu melewati semua hal itu, maka beratnya perjalanan akan terbayar dengan pesona-pesona tak terlupakan. Nah, berikut ini ada empat referensi tempat terpencil di dunia yang bisa kamu jadikan destinasi perjalanan.

Ittoqqortoormiit

Ittoqqortoormiit [image: source]
Tidak banyak orang yang bisa datang ke Ittoqqortoormiit karena biaya perjalanannya yang kelewat mahal. Bayangkan saja jika kita ingin mengunjungi wilayah yang berada di timur laut pulau Greenland ini, hanya bisa menggunakan pesawat atau helikopter sebagai transportasi. Belum lagi untuk mencapai tempat yang hanya dihuni sekitar 500 orang ini keberadaan transportasinya hanya di waktu-waktu tertentu. Pesawat hanya datang dua kali dalam seminggu. Sedangkan helikopter dan kapal hanya singgah sebulan sekali. Meskipun demikian, susahnya menuju tempat ini akan terbayar lunas dengan pemandangan yang ada.

Pulau Kerguelen

Pulau Kerguelen [image: source]
Hanya para pemberani dan traveler sejati yang konon datang ke Pulau Kerguelen. Pasalnya pulau yang berada di bagian selatan bumi ini benar-benar tidak berpenghuni. Orang-orang yang datang ke pulau Kerguelen kebanyakan adalah ilmuan yang melakukan sebuah penelitian. Dan lagi, kapal yang menjangkau lokasi ini hanya datang tiga bulan sekali. Karenanya, setelah sampai di tempat ini butuh tiga bulan menunggu untuk bisa kembali.

La Rinconada

La Rinconada [image: source]
Tergolong lokasi paling sulit dijangkau La Rinconada adalah kawasan yang berada di ketinggian 5.100 dpl. Memiliki jalur yang kerap disebut jalur maut, medan untuk bisa mencapai tempat yang ada di Peru ini memang berat. Hanya dengan helicopter atau transportasi sejenis MVP yang dirancang khusus untuk bisa mencapai lokasi yang penuh bebatuan ini. Keistimewaan  yang membuat banyak orang mengincar La Rinconada adalah keberadaan emas yang nilainya mencapai triliunan dollar AS. Maka tak heran, meski katanya jalurnya maut, penduduk di sekitar lokasi ini tetap melakukan aktivitas penambangan.

Pitcairn Island

Perayaan ulang tahun yang dihadiri seluruh warga [image: source]
Pulau yang memiliki hanya sekitar 50 orang yang menghuni ini biasa disebut pulau nelayan. Karena, hampir semua orang-orang di pulau bermata pencaharian sebagai nelayan. Yang membuat tempat ini susah dicapai adalah keberadaan transportasi yang hanya berupa kapal. Keberadaannya pun hanya dua kali dalam waktu tiga bulan. Karenanya, jika memang ingin ke tempat ini harus siap tinggal selama tiga bulan untuk kembali ke tempat asal. Keunikan dari tempat ini adalah dihuni oleh orang-orang yang masih memiliki hubungan darah antara satu dengan lainnya. Karenanya, ada yang mengatakan bahwa pulau ini adalah pulau khusus keluarga. Pulau ini juga merupakan koloni Inggris yang ada di daerah Samudera Pasifik.

Tempat-tempat di atas memang dijamin akan memberikan perjalanan tak terlupakan bagi para traveller. Tapi ada banyak hal yang harus disiapkan jika ingin mengunjungi tempat-tempat di atas. Selain dompet yang tebal, kesiapan mental, dan kesehatan fisik juga perlu dipersiapkan dengan baik. Tak lupa juga, perencanaan waktu yang harus matang. Sebab lamanya perjalanan juga perlu dipertimbangkan.