Entah mengapa, makanan saat berbuka puasa itu rasanya lebih enak ketimbang biasanya. Kolak pisang saja, berasa kayak ice cream vanilla kalau disantap saat berbuka. Apalagi kalau dapatnya gratis, wah semakin nikmat saja itu rasanya.

Ya, fenomena takjil gratis mungkin hanya terjadi saat bulan puasa tiba. Saking menjamurnya, bahkan sampai ada beberapa orang yang menjadi pemburu takjil di sana-sini. Memang sih itu mental seorang yang maunya dapat gratisan doang, tapi malah bagus loh, bisa jadi pahala pula. Berikut ini adalah beberapa tempat yang mungkin dapat membantu kamu menemukan takjil gratis itu

Masjid jadi sasaran utama

Takjil Masjid [image source]
Bukan lagi rahasia kalau masjid memang bakal jadi sarangnya para pemburu takjil. Bukan hanya kolak atau buah yang cuma buat ganjal mulut, beberapa masjid bahkan memberikan makanan mewah bagi mereka yang datang. Pokoknya dari sehabis ashar, sampai waktu berbuka tiba pastinya masjid sudah diserbu oleh para pemburu takjil. Bukan untuk mendengar ceramahnya yang lama, tapi buat nasi kotaknya. Bahkan konyolnya, habis dapat makan, langsung lari tunggang langgang. Padahal iqomah magribnya sudah berkumandang. Yang seperti ini jangan dicontoh ya buat para pemburu takjil, meskipun puasa itu ibadah wajib tahunan, jangan lupa juga sama sholat lima waktunya. Jangan sampai hanya karena perut kenyang, magribnya jadi kebablasan.

Sambil jalan di mall dapat takjil

Takjil Mal [image source]
Ini tempat paling sering setelah masjid dimana kamu bisa dapat takjil gratis dengan kemungkinan sampai 70%. Biasanya sih beberapa mall langsung membagikan takjil gratisnya di depan pintu masuk, namun sebagian juga ada di dalam. Nah itulah yang sulit, pasalnya kalau di dalam mall jadi bingung outlet sebelah mana yang menyediakan takjil gratis. Jadinya kita yang harus jalan kaki buat muter berburu takjil gratis. Gak apa-apa sih sekalian cuci mata, tapi apesnya  saat tidak nemu takjil gratis hanya capek yang didapat.

Cari di lampu merah atau jalan besar

Takjil di Jalan [image source]
Takjil gratis biasanya juga bisa ditemukan di lampu merah atau jalan yang ramai di lalui di kotamu. Pokoknya asal kelihatan orang-orang bergerombol, langsung saja ikut serobot bersama yang lainnya. Ingat kalau di jalan raya itu biasanya cepat habisnya, jadi siapa duluan dia yang dapat. Belum pembagian takjil gratis ini kadang tidak hanya pada satu titik, jadi kalau tidak doyan dengan takjil yang dibagikan, bisa pindah ke spot yang lain. Namun, namanya orang mau cari gratisan, ada saja yang sampai muter kota buat mengumpulkan takjil.

Perhatikan kalau lewat di toko terkenal

Takjil toko [image source]
Di beberapa toko, kadang juga sering dilakukan pembagian takjil gratis loh. Kalau yang ini kemungkinan kamu mendapatkan takjilnya hanya 50%, pasalnya mereka tidak akan setiap hari akan membagikan takjil secara gratis. Yang ada malah bikin tekor kalau terus-terusan bagi takjil. Jadi mulai saat ini saat kamu sedang lewat di sebuah toko, coba tengok dulu ya, kalau ada tenda atau spanduk perhatikan baik-baik. Siapa tahu ternyata itu bagi takjil, lumayan kan buat bekal buka puasa.

Kalau ada orang memakai baju partai, merapat saja

Takjil Partai [image source]
Bulan ramadan kan bukan waktunya buat kampanye, jadi kalau kamu lihat ada atribut partai di jalan raya, kamu tahu kan maksudnya. Ya, tidak lain tidak bukan adalah bagi-bagi takjil ala partai politik. Kalau yang satu ini kemungkinannya minim banget, tapi justru yang paling dapat dikenali. Tenang, setelah dapat takjilnya mereka tidak akan menyuruh kamu buat jadi anggota partainya kok, mereka memang suka rela membagikan takjil sebagai bukti pengabdian pada rakyat.

Bagaimana? Tertarik menjadi seorang pemburu takjil? Sudah dapat makan gratis, lumayan lah buat ngabuburit melupakan sedikit rasa lapar. Jadi pemburu takjil gak hina kok, malah berpahala dengan meramaikan masjid.