5 Tempat Paling Kumuh di Indonesia

oleh Centralismo
10:20 AM on Feb 21, 2015

Daerah kumuh adalah salah satu masalah lingkungan yang dihadapi banyak negara berkembang termasuk Indonesia. Tata kota yang buruk, masalah sanitasi dan pertumbuhan jumlah penduduk yang terus meningkat membuat banyak sekali daerah di Indonesia yang menjadi padat dan tidak terurus. Daerah padat tersebut akhirnya menimbulkan masalah lain seperti sumber penyakit, banjir dan lain-lain.

Tidak bisa kita pungkiri meskipun Indonesia terus berbenah, namun pada kenyataannya tempat-tempat kumuh masih sering kita temui di kehidupan sehari-hari. Tidak jauh dari tempat kita tinggal pasti terdapat sebuah daerah yang sanitasi dan lingkungannya sangat tercemar. Berikut ini kami sajikan data dari lima tempat paling kumuh yang ada di Indonesia.

Baca Juga
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat

1. Kawasan Kali Ciliwung, Jakarta

Kawasan ini terdapat di jantung kota Jakarta. Kali yang mengalir membelah sebagian kota Jakarta ini memang sudah terkenal akan kekumuhannya yang tidak bisa diselesaikan hingga kini. Musibah banjir tidak henti-hentinya menyambangi warga bantaran kali ciliwung dari tahun ke tahun. Tidak hanya media lokal, beberapa kali media internasional menyoroti kekumuhan dan buruknya tata lingkungan di tempat ini.

Kawasan Kali Ciliwung, Jakarta
Kawasan Kali Ciliwung, Jakarta

Pemandangan di bantara kali Ciliwung memang sangat kontras dengan kota Jakarta yang terus menerus membangun gedung dan pusat perbelanjaan mewah. Hampir semua bantara Ciliwung ditimbun oleh tumpukan sampah raksasa. Sungai yang seharusnya memiliki lebar 50 meter, kini hanya menjadi selebar 8 meter akibat tumpukan sampah tersebut. Tidak heran, tempat ini menjadi tempat paling kumuh di Indonesia.

2. Boezem Morokembagan, Surabaya

Kawasan ini dulunya adalah sebuah waduk yang menampung air luapan banjir. Namun, seiring perubahan waktu dan meningkatnya populasi manusia, tempatĀ ini dijadikan hunian. Hunian yang mereka bangun adalah hunian sederhana berbahan kayu seadanya. Banyak sekali warga sekitar yang tidak tahu harus membuang sampah kemana dan akhirnya menumpuk sampah mereka di waduk.

Boezem Morokembagan, Surabaya
Boezem Morokembagan, Surabaya

Namun, dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, Humas Pemkot Surabaya mengaku telah melakukan perbaikan. Beliau mengatakan telah mencoba mengelola infrastruktur dan fasilitas secara terpadu. Namun kawasan ini masih tampak kumuh dengan sampah-sampah yang mengambang di sela-sela hunian warga.

3. Tallo, Makassar

Daerah ini memang kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Selain masalah sanitasi dan tata ruang, rata-rata masyarakat di Tallo berpenghasilan rendah. Hal ini menambah rangkaian masalah dan makin sulit diselesaikan.

Tallo, Makassar
Tallo, Makassar

Selain masalah sampah yang menumpuk, warga di sini juga kekurangan akses air bersih. Oleh karena itu kasus penyakit yang disebabkan air tidak higienis, seperti diare, semakin tinggi. Pemerintah berencana akan membangun 2 rumah susun di wilayah tersebut untuk menanggulangi masalah ini.

4. Taman Sari, Bandung

Selain merupakan pemukiman yang padat, kawasan ini juga dialiri sungai yang kurang bersih. Kawasan yang berlokasi di dekat kampus Institut Teknologi Bandung ini banyak dihuni oleh mahasiswa yang menyewa kost. Hunian mereka dibangun berjejal-jejal dengan rumah yang sudah terlebih dahulu ada sehingga kawasan ini penuh dengan gang-gang sempit. Kawasan ini juga sangat padat penduduk.

Taman Sari, Bandung
Taman Sari, Bandung

Pemerintah setempatpun melakukan beberapa usaha untuk menata ulang kawasan ini, namun tampaknya keadaan sudah terlanjur rumit. Kurangnya lahan hijau dan terbuka juga membuat daerah ini sering dihampiri banjir. Hal ini pulalah yang membuat Kawasan Taman Sari tidak terlalu sehat untuk dihuni.

5. Belawan, Sumatera Utara

Kawasan yang sangat dekat dengan pelabuhan ini memang memiliki masalah soal tata ruang sejak lama. Belawan memang salah satu tempat aktivitas ekonomi paling sibuk di Sumatera Utara karena ini adalah jalur perdagangan. Tidak jauh dari pelabuhan ini, terdapat sebuah pasar yang cukup padat. Kawasan ini sering dilanda banjir. Hal tersebut diperparah lagi dengan buruknya sistem drainase.

Belawan, Sumatera Utara
Belawan, Sumatera Utara

Beberapa bagian jalan juga rusak. Sehingga di musim penghujan, jalan-jalan di kawasan ini tergenang seperti layaknya kolam yang dipenuhi dengan sampah. Meski protes sudah berkali-kali diadakan oleh warga setempat, tampaknya belum ada penanganan yang serius dari pemerintah setempat untuk mengatasi masalah kebersihan di kota ini.

Kita semua tentu ingin negara kita bebas dari tempat kumuh. Namun, kita harus sadar bahwa pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi hampir selalu memberi efek samping lahirnya tempat-tempat kumuh seperti ini. Kondisi yang sama juga muncul di negara yang berpopulasi banyak seperti China dan India.

Oleh sebab itu, adalah wajib bagi kita untuk menjaga lingkungan sekitar, agar tidak menjadi kumuh. Perhatian dan solusi dari pemerintah memang kita harapkan, namun ada baiknya kita memulai menjaga kebersihan dari diri dan lingkungan kita sendiri. (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA