Bagi orang yang hobi jalan-jalan pasti memiliki impian untuk mengunjungi tempat-tempat yang keren apalagi ditambah dengan nilai historis yang dikandung oleh tempat tersebut. Namun apa jadinya jika tempat yang kita incar termasuk tempat yang tidak boleh dikunjungi oleh umum? Pasti kecewa sekali rasanya jika mengetahui hal tersebut. Tapi ini bukan cuma omong kosong, ternyata ada tempat-tempat yang keren di dunia ini tapi tidak boleh dikunjungi.

Baca Juga :Jalan-Jalan ke Kota Mati Yang Mengerikan, Berani?

Tidak boleh dikunjungi disini bukan berarti sama sekali tidak ada yang mengunjungi ya. Melainkan hanya beberapa orang tertentu saja yang boleh masuk ke kawasan tersebut. Penasaran seperti apasih tempat tersebut sampai segitunya tidak beleh dikunjungi. Yuk kita bahas satu persatu tempat keren yang tidak dapat dikunjungi.

1. Pulau Poveglia – Pulau Hantu di Italia

Terdapat pulau kecil di antara Vanesia dan Lido, Italia yang dikenal masyarakat dengan nama Pulau Poveglia. Pulau ini ukurannya mini namun memiliki pemandangan yang indah, oleh pemerintah setempat pulau ini dimanfaatkan sebagai tempat pengasingan bagi orang-orang yang mengidap penyakit tertentu dan sadisnya mereka dibiarkan meninggal di pulau itu.

Pulau Poveglia
Pulau Poveglia

Sampai ketika kejadian nahas menimpa pulau tersebut di tahun 1630 pulau tersebut terbakar habis, entah disengaja atau tidak namun kejadian itu berbarengan dengan menyebarnya penyakit Black Death di kawasan Italia. Pada tahun 1922 pulau ini direnovasi kembali dengan dibangunnya sebuah rumah sakit yang menangani kasus gangguan jiwa.Namun rumah sakit ini tak lama beroperasi sebab pada tahun 1968 rumah sakit ini ditutup. Sejak itulah pulau Poveglia ini menjadi pulau tak bertuan, konon tinggal hantu para orang yang mati yang masih bergentayangan di sana.

Selanjutnya : 2. Gereja Our Lady Mary – Tempat Tersimpannya Kitab Asli Zaman Raja Salomo

2. Gereja Our Lady Mary – Tempat Tersimpannya Kitab Asli Zaman Raja Salomo

Tidak semua tempat yang tidak boleh dikunjungi oleh masyarakat umum itu disebabkan karena lokasi yang berbahaya. Di Etiopia terdapat sebuah bangunan gereja yang tidak dapat dimasuki oleh sembarang orang karena konon di dalam gereja ini tersimpan sebuah kitab asli dari zaman Raja Salomo.

Gereja Our Lady Mary
Gereja Our Lady Mary

Dengan alasan tersebut hanya biarawan khususlah yang memiliki hak istimewa untuk dapat masuk ke dalam gereja. Bahkan para pengunjung pun dilarang mengintip atau sekedar melintas kawasan gereja. Sayang sekali memang sebab gereja ini masuk dalam daftar tempat indah yang memiliki arsitektur dengan karya seni yang sangat tinggi.

Selanjutnya : 3. Gua Lascaux – Gua Dengan Lukisan Paleolitik Yang Terkenal

3. Gua Lascaux – Gua Dengan Lukisan Paleolitik Yang Terkenal

Gua Lascaux adalah gua yang sanagt terkenal di Perancis karena di dalam gua ini terdapat lukisan paleolitik yang memiliki unsur seni yang sangat tinggi. Ada sekitar 900 jenis lukisan paleolitik yang bisa ditemukan di dinding gua yang terletak di barat daya Perancis tersebut.

Gua Lascaux
Gua Lascaux

Lukisan yang berada di dinding gua tersebut sebagian besar terdiri dari gambar hewan-hewan besar yang kemungkinan menggambarkan populasi hewan yang hidup di daerah itu sekitar 17 ribu tahun silam. Perkiraan ini didasarkan pada perkiraan umur lukisan yang digambar pada zaman Paleolitik muda.

Namun sayangnya gua ini telah ditutup untuk umum sejak taun 1963 oleh pemerintah setempat. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian gua tersebut, mereka khawatir jika terus dibuka untuk umum lukisan-lukisan tersebut bisa rusak.

Selanjutnya : 4. Ise Grand Shrine – Kuil Shito Tersuci di Jepang

4. Ise Grand Shrine – Kuil Shito Tersuci di Jepang

Ise Grand Shrine merupakan nama sebuah kuil beraliran Shito yang dianggap sebagai kuil paling suci di Jepang. Maka dari itu tidak sembarangan orang bisa masuk seenaknya ke kuil ini. Kuil ini dipersembahkan untuk Dewi Amaterasu-Omikami. Ise Grand Shire memiliki dua kuil utama dan kuil pelengkap sebanyak 125 kuil.

Ise Grand Shrine
Ise Grand Shrine

Lantas siapa saja yang boleh masuk ke kuil? Ya cuma para mam atau pendeta yang merupakan anggota keluarga kekaisaran Jepang yang di perbolehkan memasuki kuil ini. Bagi masyarakat awam silahkan mengintip dari luar atap yang terbuat dari bahan jerami saja ya. Karena tidak seperti di gereja Our Lady Mary yang mengintip saja dilarang, di kuil ini Anda diperbolehkan mengintip ke dalam.

Satu hal yang unik dari kuil ini, yaitu setiap 20 tahun sekali, pada dua bangunan utama dalam kuil Ise Grand Shrine ini dibangun kembali. Tradisi pembangunan kembali ini merupakan bagian dari kepercayaan Shinto tentang pembaharuan hidup. Hal ini juga merupakan cara untuk mencegah kerusakan bangunan agar bisa menjadi warisan anak cucu mereka nantinya

Selanjutnya : 5. Tempat Arsip Rahasia Vatikan – Rahasia Vatikan Ada Didalam Sini

5. Tempat Arsip Rahasia Vatikan – Rahasia Vatikan Ada Didalam Sini

Bangunan ini memiliki arsitektur yang indah untuk sebuah bangunan yang berfungsi sebagai “gudang” penyimpana arsip rahasia Vatikan. Lataknya di kota Vatikan, tempat dimana pemimpin tertinggi umat Katolik tinggal. Gedung ini menyimpan ribuan arsip rahasia tentang Tahta Suci Paus, yang antara lain berisi kertas negara, buku rekening Paus dan masih banyak lagi dokumen penting di sana.

Tempat Arsip Rahasia Vatikan
Tempat Arsip Rahasia Vatikan

Karena fungsinya yang sangat penting dalam menjaga kerahasiaan sebuah dokumen, maka gedung inipun ditutup untuk umum. Hanya beberapa orang saja yang diperbolehkan memasuki area komplek gedung ini. Hal tersebut dapat dimaklumi, karena apa jadinya jika gedung yang menyimpan rahasia negara dibuka untuk umum, bukan rahasia lagi dong namanya.

Baca Juga :6 Bangunan Bersejarah Paling Megah di Dunia