Lembah Nirbaya Nusakambangan Tempat Eksekusi Mati

oleh Adys Disty
09:00 AM on Jan 18, 2015

Nama Lembah Nirbaya Nusakambangan belakangan kembali muncul ke permukaan sebagai lokasi eksekusi mati. Eksekusi kali ini terhadap para terpidana kasus narkotika yang telah disebutkan oleh Jaksa Agung HM Prasetyo beberapa waktu lalu.

Pulau Nusakambangan sendiri bukanlah lokasi baru yang dipilih untuk pelaksanaan eksekusi mati. Sudah banyak terpidana mati yang dieksekusi di pulau ini. Pulau ini dipilih menjadi lokasi pelaksanaan eksekusi karena dianggap paling cocok dan aman untuk dilaksanakannya eksekusi.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Lembah Nirbaya Nusakambangan Tempat Eksekusi Mati
Lembah Nirbaya Nusakambangan Tempat Eksekusi Mati

Ada dua lokasi di Pulau Nusakambangan yang selalu dipergunakan untuk mengeksekusi terpidana mati. Kuat dugaan lima terpidana mati yang akan dieksekusi juga akan dieksekusi di dua lokasi ini. Satu lokasi bernama Lembah Nirbaya. Lembah Nirbaya merupakan sebuah area semak-semak belukar yang terhampar cukup luas dan berada tidak jauh dari Lapas Terbuka.

Lokasi itu sendiri berada di ujung selatan Pulau Nusakambangan yang langsung berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dengan pantai berkarang dan ombak besarnya. Lokasi tersebut memang cukup sulit diakses dan tidak sembarang orang bisa mencapai ke lembah tersebut. Lembah Nirbaya juga hanya berupa lahan terbuka yang gersang.

Pelaksanaan eksekusi mati juga telah berkali-kali dilaksanakan di lokasi tersebut. Sebut saja trio Bom Bali yaitu Amrozi, Imam Samudra dan Mukhlas. Selain itu, tiga terpidana mati asal Sumatera Selatan yaitu Jurit, Ibrahim dan Suryadi juga dilakukan pada lokasi yang sama. Ibrahim dan Jurit dijatuhi hukuman mati karena melakukan pembunuhan berencana secara bersama-sama terhadap Soleh pada tahun 1997. Sedangkan Suryadi merupakan terpidana pembunuhan dan pencurian di Palembang.

Satu tempat pelaksanaan eksekusi lainnya adalah lapangan tembak milik kepolisian di kawasan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Saat ini, lapangan tembak baru saja selesai dibangun di sekeliling lapangan tembak telah dipagar tembok setinggi dua meter.  Lapangan tembak ini terletak bersampingan dengan pos pengamanan polisi yang ada di kawasan hutan Nusakambangan. Di lokasi ini selalu dijaga oleh anggota kepolisian dari Polres Cilacap.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri
BACA JUGA