in

Merapi Meletus Kembali, Inilah 4 Lokasi Angker di Sekitar Gunung yang Bikin Merinding

Gunung Merapi tak ada hentinya melakukan ‘aktivitas’ vulkanis yang membuat masyarakat cemas. Kepulan asap tebal dengan bau belerang yang menyengat, menjadi ciri-ciri utama saaat hendak mengeluarkan bebannya dari dalam perut bumi. Ya, Gunung Merapi akan meletus setiap saat tanpa kita tahu kapan waktunya.
Selama ini, masyarakat di luar Daerah Jawa Tengah hanya melihat Gunung Merapi sebagai bukit vulkanis semata . Di balik itu semua, ada tabir gaib yang seolah menyelimuti dan menjadi salah satu daya tarik mistis tersendiri bagi penganut ilmu kebatinan. Lokasinya pun tersebar di beberapa titik lereng Gunung Merapi.

Keraton Merapi yang penuh misteri

Ilustrasi keraton Merapi [sumber rgambar]
Keberadaan sebuah kerajaan gaib, sering ditemukan di daerah-derah yang sepi dari jangkauan manusia. Seperti pada Gunung Merapi, terdapat sebuah lokasi khusus yang dihuni sebuah bangsa lelembut yang bernama Keraton Merapi. Konon, kerajaan ini mempunyai hubungan yang erat dengan Penguasa Mataram di masa lampau. Menurut masyarakat setempat, para penghuni Keraton Merapi merupakan bangsa Jin yang yang mempunyai tugasnya masing-masing.

Pasar Bubrah tempat berkumpulnya mahkluk halus

Pasar Bubrah yang misterius [sumber gambar]
Spot paling angker dan sering diwaspadai oleh para pendaki adalah Pasar Bubrah. Konon, di tempat inilah seluruh mahkluk di kawasan lereng Gunung Merapi berkumpul. Karena jaraknya yang dekat dengan kawah, banyak para wisatawan yang kerap mendirikan tenda untuk bermalam di wilayah ini. Saat malam tiba, sering terdengar suara riuh layaknya aktivitas di sebuah pasar yang beriringan dengan suara gending layaknya pertunjukan gamelan Jawa. Serem nih Sahabat Boombastis.

Gunung Wutoh yang jadi gerbang gaib

Salah satu lokasi angker di Gunung Merapi [sumber gambar]
Tempat wingit lainnya adalah Gunung Wutoh. Di mana lokasi ini diyakini sebagai pintu gerbang untuk masuk ke dalam Keraton Merapi. Masyarakat sekitar mempercayai bahwa tempat angker ini dijaga oleh makhluk halus yang bernama Nyai Gadung Melati. Konos, sosoknya sering menampakkan diri di dalam mimpi penduduk tertentu. Isyarat itu biasa menjadi pertanda bahwa Gunung Merapi akan meletus dalam waktu dekat.

Pesanggrahan Sarjanawiyata Taman Siswa

Peninggalan Belanda yang misterius [sumber gambar]
Di antara tempat angker lainnya, pesanggrahan Sarjanawiyata Taman Siswa merupakan satunya-satunya bangunan yang terdapat di lereng Merapi. Kesan seram langsung menyeruak manakala melihat rumah yang merupakan peninggalan Belanda tersebut. Belum lagi semak belukar dan pepohonan kering yang daun-daunnya tampak merangggas, semakin menambah seram suasana bangunan tua itu. Lokasi ini bahkan pernah dijadikan sebagai salah satu lokasi syuting acara misteri yang dipandu oleh Ki Prana Lewu.
Meski sering dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis, toh Gunung Merapi banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan. Tak selamanya identik dengan peristiwa supranatural dan peristiwa klenik lainnya, kita juga melihat Merapi sebagai salah satu karya cipta terindah dari Tuhan yang Maha Agung.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Tak Banyak yang Tahu, Inilah Hukuman untuk Para Tukang Parkir Gadungan

12 Meme Sholat Tarawih yang Akan Membuatmu Cekikikan, Pengalaman Soalnya