Diving Ekstrem Bersama Hiu Kepala Martil di Teluk Belongas, Lombok yang Ngeri-Ngeri Seru

oleh Adi Nugroho
14:37 PM on Oct 7, 2016

Diving atau menyelam dengan melihat ikan kecil atau terumbu karang sih biasa saja. Semua orang bisa melakukannya. Tapi bagaimana kalau menyelamnya ditemani oleh hiu kepala martil yang super besar. Bakalan ngeri-ngeri seru dan penuh tantangan. Kalau kamu ingin merasakan sensasi menyelam dengan hiu kepala martil, datanglah ke Teluk Belongas.

Kamu tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan sensasi penyelaman super ekstrem ini. Cukup jelajahi kawasan Lombok dan impian kamu itu menjadi nyata. Berikut detail terkait Teluk Belongas yang akan membuat segera ingin ke sana.

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

Lokasi Teluk Belongas

Teluk Belongas terletak di kawasan Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Kalau kamu sedang berada di Lombok datanglah ke teluk yang indah dengan pasir putih ini. Dari kawasan teluk yang menakjubkan ini, kamu bisa mengendarai perahu boat menuju telah lautan yang jarak tempuhnya sekitar 1,5 jam dari bibir pantai. Di spot ini kamu bisa mula melakukan penyelaman.

lokasi teluk belongas [image source]
lokasi teluk belongas [image source]
Kawasan penyelaman ini memiliki kedalaman sekitar 80 meter di seluruh permukaannya. Di kawasan ini, arus di bagian atas sangat tenang, namun di bagian bawah cukup deras. Bagi kamu yang belum memiliki kemampuan penyelaman yang tinggi disarankan untuk tidak ikut terjun. Hal ini untuk menghindari kamu terbawa arus yang cukup deras.

Hal Menarik yang Dilakukan di Sana

Hal menarik yang bisa kamu lakukan di sana tentu saja melakukan scuba diving. Dengan kedalaman mencapai 80 meter, kamu akan lebih leluasa dalam bergerak.Oh ya arus mulai kuat pada kedalaman 30 meter sehingga kamu harus waspada jika terus masuk ke kedalaman laut. Usahakan membawa partner jika melakukan penyelaman agar bisa saling membantu dan menjaga.

kedalaman air laut [image source]
kedalaman air laut [image source]
Di dalam laut, kamu bisa menyaksikan pemandangan serba biru yang menakjubkan. Kalau kamu beruntung, di kedalaman kurang dari sepuluh meter, hiu kepala martil suka menampakkan diri. Di beberapa bagian dari laut terdapat semacam gua yang bisa dijelajahi meski memiliki arus dan risiko terbentur karang cukup besar.

Hiu Kepala Martil yang Banyak

Inilah bagian yang paling ditunggu oleh banyak orang. Berenang dengan hiu martil yang sangat besar. Kamu bisa menemukan hiu martil dalam jumlah banyak, ya ada sampai 30 ekor di kedalaman 20-30 meter. Di sana, mereka berkumpul dalam kelompok dan kadang mendekati penyelam dengan sedikit penasaran. Tenang, hiu ini tidak akan menggigit manusia meski didekati.

sekelompok hiu kepala martil [image source]
sekelompok hiu kepala martil [image source]
Dalam beberapa waktu, hiu bersirip hitam dan putih kadang terlihat dengan sangat gesit. Mereka suka masuk ke gerombolan hiu martil yang sangat banyak. Oh ya, selain hiu, di kawasan ini juga banyak ular laut yang beracun. Mereka suka berenang dan bersembunyi di karang. Ikan jenis tuna atau barakuda juga kerap terlihat meski larinya sangat cepat.

Daya Tarik Wisatawan Dunia

Yang membuat Teluk Belongas menjadi terkenal adalah banyak hiu martil yang berkeliaran. Para wisatawan dari mancanegara tertarik untuk menyaksikan sendiri seperti apa kehidupan dari para hiu yang sangat besar itu. Mereka ingin melihat dari dekat gerombolan hiu yang tidak ganas namun tetap mengerikan. Penyelam yang disenggol bisa saja oleh.

Hiu kepala martil [image source]
Hiu kepala martil [image source]
Penyelam dari seluruh dunia biasanya berkumpul pada bulan bulan September hingga Oktober. Pada bulan ini junlah dari ikan hiu yang berkumpul cukup banyak. Selain itu, suhu di lautan juga tidak terlalu dingin sehingga memudahkan siapa saja yang melakukan penyelaman.

BACA JUGA:  5 Negara Besar Ini Sudah Mempersiapkan ‘Tentara Super’ untuk Perang Dunia III, Indonesia?

Inilah Teluk Belongas dan hiu kepala martilnya yang sangat unik. Kalau kamu ingin uji nyali dan ngaku pemberani, yuk terjun ke spot scuba diving ini. Berenang dengan hiu kepala martil sepertinya bukan pilihan yang buruk.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA