Inilah Desa Tulehu, Pabriknya Pemain Sepak Bola Muda dengan Bakat Emas di Ambon Manise yang Bikin Bangga Indonesia

Banyak pemain muda berbakat Indonesia berasal dari desa di Maluku ini

oleh Arief Dian
08:00 AM on Apr 29, 2017

Kecintaan orang Indonesia terhadap sepak bola sudah tidak diragukan lagi. Tidak peduli berasal dari ras atau agama apa,  tua maupun muda semua bakal mati-matian mendukung tim andalannya berlaga. Bisa dibilang sepak bola tidak akan pernah dapat dipisahkan dari hati rakyat Indonesia.

Meskipun orang Indonesia sangat doyan dengan sepak bola, namun tidak ada yang tahu dari mana para pemain berbakatnya berasal. Ternyata kebanyakan pesepak bola handal Indonesia berasal dari salah satu kampung di daerah Maluku. Bukan hanya karena pemandangannya yang indah, namun banyak sisi lain Tulehu yang membuatnya layak jadi sorotan dunia.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Selalu konsisten mencetak pemain muda berbakat

Pemain asal Teluhu [image source]
Entah mengapa salah satu desa di Ambon ini selalu saja mencetak darah muda berbakat di lapangan hijau. Contohnya saja Hasyim Kipuw, Ramdani Lestaluhu, Ambrizal Umanailo dan pemain-pemain muda lainnya. Uniknya para generasi muda dari desa Tulehu selalu saja ada yang lolos menjadi anggota Timnas Garuda Indonesia. Jadi bukanlah hal yang aneh jika desa Tulehu Ambon dianggap memberikan warna pada sepak bola di Indonesia dengan menghasilkan pemain baru. Bisa diibaratkan kalau kota Ambon ini sudah seperti “Brazil”nya Indonesia. Tulehu memberikan sumbangsi besar karena juga ikut dalam mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

Adat turun lapangan sejak dini

Dididik sejak dini [image source]
Ada tradisi yang unik di daerah Tulehu ini, sejak dini sudah dikenalkan dengan suasana yang ada di lapangan hijau. Pasalnya, saat masih bayi, anak-anak Tulehu harus merasakan rasanya rumput di salah satu lapangan di sana. Itu adalah sebuah tradisi yang wajib dilewati saat ada kelahiran. Jadi bukanlah hal yang aneh jika anak Tulehu sudah sangat akrab dengan sepak bola. Kamu juga bakal sering menemukan banyak orang tua yang mengendong anak bayinya saat ada pertandingan sepak bola. Kemahiran anak-anak Tulehu dalam bermain bola ternyata bukan hanya berasal dari bakat alami, namun mereka juga sudah dididik sejak kecil untuk mencintai sepak bola

Kampung bola yang selalu dikunjungi pencari bakat dari luar negeri

Dilirik para pelatih [image source]
Ternyata ketenaran Tulehu dalam mencetak bibit-bibit baru sudah terkenal hingga seantero jagat. Sudah banyak pelatih luar negeri yang sengaja datang ke desa itu hanya untuk melihat para pemain muda yang berbakat. Contohnya saja beberapa waktu yang lalu, pelatih asal Belanda dan Jerman sengaja datang untuk mencari para pemain muda berbakat. Pemain muda yang dihasilkan Tulehu memang terbukti berkualitas, jadi bukan hal yang aneh jika desa ini menjadi incaran para pelatih baik dalam negeri maupun luar negeri. Belum lagi, pemain-pemain yang sudah terkenal  siap untuk kembali ke Tulehu hanya untuk membagikan ilmunya kepada generasi-generasi yang lebih muda.

Sangat cinta pada sepak bola

Kampung Bola [image source]
Jika ditanya mengenai cita-cita, kebanyakan anak Tulehu akan menjawab ingin menjadi seorang pesepak bola profesional. Jadi, adalah hal yang wajar jika setiap hari selalu saja ada pertandingan sepak bola di lapangan Tulehu. Di sana juga sangat banyak sekolah-sekolah sepak bola yang didirikan. Semua itu semata-mata hanya untuk memfasilitasi para anak dari kampung sepak bola tersebut. Keadaan alam Tulehu juga mendukung dalam pembentukan fisik anak muda di sana untuk menjadi seorang pesepak bola profesional. Kualitas pemain sepak bola asal desa di Maluku ini, sudah tidak usah ditanyakan lagi.

Indonesia patut bangga karena mempunyai desa pencetak pemain muda berbakat yang diakui dunia. Justru karena jasa anak-anak Tulehu pula lah, sepak bola di Indonesia seperti memiliki nyawa. Bahkan sampai saat ini desa itu selalu memberi kejutan dengan terus mencetak pemain muda berbakat.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA