Benarkah Teknologi Ini Memungkinkan Kabin Pesawat Bisa Selamat dari Maut?

oleh Rahma Muliani
10:01 AM on Jan 25, 2016

Sudah sering sekali kita mendengar berita mengenai kecelakaan pesawat. Jumlah korban dalam beberapa kecelakaan tersebut bahkan mencapai ratusan orang. Nah, baru-baru ini ada seorang ilmuwan yang menawarkan desain pesawat untuk meminimalisir jumlah korban kecelakaan pesawat.

Penemuan itu memungkinkan kabin pesawat lepas secara otomatis dari bagian mesin pesawat tersebut. Wah, seperti apa yaa konsepnya itu? Untuk lebih jelasnya kita simak saja beberapa penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

1. Konsep Ditemukan Oleh Seorang Teknisi Pesawat Dari Ukraina

Seperti dilansir dari Boredpanda.com, konsep di mana kabin dapat lepas secara otomatis ini ditemukan oleh seseorang berkebangsaan Ukraina, bernama Vladimir Tatarenko. Ia adalah seorang teknisi pesawat yang sudah mendalami pekerjaannya selama 3 tahun.

Kabin Dapat Lepas Otomatis [image source]
Kabin Dapat Lepas Otomatis [image source]
Vladimir Tatarenko meyakini, jika konsepnya ini dapat diimplementasikan, maka akan berpotensi menyelamatkan banyak nyawa jika terjadi kecelakaan pesawat sewaktu-waktu. Tak main-main, proyek ini sudah mulai dipelajari dan terus dikembangkan selama 3 tahun loh.

2. Kabin Pesawat Bisa Lepas Secara Otomatis

Jadi, saat terjadi sesuatu bahaya dalam pesawat, kabin akan terlepas secara otomatis. Kemudian, akan ada parasut yang muncul dari bagian atas kabin. Setelah itu, parasut tersebut akan mengembang secara otomatis, sehingga kabin tersebut tidak jatuh begitu saja.

Pelampung Akan Mengembang - [image source]
Pelampung Akan Mengembang – [image source]
Tak hanya itu, jika kabin yang terlepas tadi akan mendarat, dari bagian bawah kabin nantinya juga akan muncul balon besar yang berfungsi seperti pelampung. Jadi, kabin akan tetap mendarat dengan mulus meski mendarat di darat atau di air sekalipun.

3. Masih Ada Kekurangan

Namanya juga penemuan yang masih dikembangkan, jadi tentu saja masih memiliki kekurangan. Salah satunya adalah nasib sang pilot dan co-pilot. Seperti yang bisa kita lihat dalam video di bawah ini, saat kabin terlepas, ruang pilot akan tertinggal begitu saja.

Penemuan ini juga belum bisa mengatasi jika kecelakaan yang terjadi adalah pesawat meledak atau mendapat serangan dari roket atau pesawat lain. Belum lagi, untuk dapat mengimplementasikannya dibutuhkan biaya yang sangat besar.

4. Sedikit Terjadi Perdebatan Tentang Nasib Pilot

Vladimir Tatarenko mengungkapkan, ada banyak kubu yang setuju dengan konsep pesawat yang ia tawarkan ini. Tetapi ada juga yang sedikit meragukan akan penemuannya tersebut. Salah satunya adalah nasib pilot dan soal biaya yang tadi sudah disebutkan.

Nasib pilot dan kopilot yang jadi perdebatan [image source]
Nasib pilot dan kopilot yang jadi perdebatan [image source]
Beberapa organisasi juga ada yang mengungkapkan, sistem kabin dapat lepas secara otomatis itu sedikit sulit. Karena dapat merusak integritas struktural dari pesawat tersebut. Tapi jika terus dipelajari dan dikembangkan, masih ada kemungkinan sistem ini dapat diimplementasikan.

Kalau melihat ilustrasi dari video tadi, tentu kita semua sangat ingin sistem ini dikembangkan dan segera diimplementasikan bukan. Yaa, kita berdoa saja, semoga dunia mendukung agar sistem ini dapat segera terealisasi. Menurut readers sendiri, konsep yang ditawarkan Vladimir Tatarenko keren banget gak sih? 🙂

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA