5 Teknologi Bionik dalam Bidang Militer yang Perlu Dikembangkan Indonesia

Seumpama kita punya teknologinya, Kopassus bakal makin tak terkalahkan.

oleh Arief Dian
16:00 PM on Mar 20, 2017

Tokoh Winter Soldier pada film Captain America mungkin bukan karakter yang paling menarik dari kisah itu. Tapi, harus diakui kalau dia cukup keren. Tak hanya tampilannya, tapi juga kekuatannya. Seperti yang kamu tahu, dengan lengan bioniknya, Winter Soldier mampu mengangkat mobil hanya dengan satu tangan. Sungguh luar biasa seumpama tentara-tentara era sekarang juga bisa seperti itu.

Menjadikan tentara seperti Winter Soldier mungkin cukup mustahil, tapi teknologi ke sana memang sudah ada. Beberapa perusahaan sedang mengembangkan hal tersebut. Dan setelah bertahun-tahun melakukan uji coba, akhirnya muncul beberapa produk yang benar-benar bisa membuat para tentara memiliki kekuatan super. Seperti apa rupanya? Simak ulasannya berikut.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Lutut Bionik

Lutut Bionik [image source]
Teknologi yang satu ini dikembangkan oleh salah satu perusahaan di Kanada. Perusahaan tersebut membandrol harga $5,100 per unitnya. Lutut bionik ini telah dilakukan uji lapangan pada beberapa tentara di sana.  Hasilnya, tentara-tentara tersebut dapat mengangkat beban 100 pounds tanpa kelelahan. Itupun masih ditambah kemampuan untuk mengangkat beban dengan kaki saat keadaan terjepit, serta kemampuan meningkatkan kecepatan berlari hingga berhari-hari tanpa kelelahan.

Pengisi daya bionik

Pengisi daya Bionik [image source]
Bayangkan jika dalam peperangan, senjata atau gadget yang membutuhkan listrik tiba-tiba low bat. Hal tersebut tentu akan jadi mimpi buruk. Belajar dari pengalaman ini, kemudian salah satu perusahaan di Amerika membuat semacam alat pengisi listrik unik di mana dihasilkan dari pergerakan tubuh manusia. Jadi, alat ini dipasang dalam tubuh manusia kemudian bisa mengonversi tenaga gerak menjadi listrik untuk kemudian disalurkan ke peralatan perang. Sungguh luar biasa kan?

Lengan Bionik

Lengan Bionik [image source]
Pada tahun 2014, departemen pertahanan Amerika (DARPA)  telah meluncurkan sebuah penemuan tangan bionik. Uniknya, tangan ini dikontrol menggunakan pikiran seperti layaknya tangan asli. Pengguna lengan bionik ini juga dapat merasakan sentuhan-sentuhan layaknya lengan asli. Teknologi ini sebenarnya diperuntukkan untuk para tentara yang kehilangan anggota tubuh saat perang. Beruntung untuk teknologi lengan bionik ini, Indonesia sudah memilikinya. Meskipun bukan lengan bionik super seperti yang dikembangkan di Amerika, itu sudah kemajuan yang bagus.

Kaki bionik

Kaki Bionik [image source]
Beberapa tentara di Amerika Serikat memiliki kaki bionik yang sangat kuat. Bukan bionik biasa yang diperuntukkan untuk penyandang disabilitas, alat ini memiliki kemampuan yang luar biasa. Bahkan kekuatannya berkali-kali lebih tangguh daripada kaki manusia. Kaki bionik ini sebenarnya diperuntukkan untuk tentara yang kehilangan anggota tubuh, namun dalam praktiknya, si kaki robot malah jadi semacam kekuatan lain yang membuat si serdadu makin kuat.

Bionik eksoskeleton

Bionik Eksoskeleton [image source]
Pernah bermain game Call of Duty? Kamu pasti familiar dengan teknologi ini. Ya, teknologi ini benar-benar terinsprasi dari EXO suit di game tersebut. Bionik eksoskeleton ini mampu memberikan penggunanya kekuatan dan perlindungan lebih. Teknologi ini berbentuk semacam sebuah pakaian khusus dengan teknologi bionik di dalamnya. Beberapa negara maju telah mengembangkan teknologi ini lebih dahulu, namun sampai saat ini masih banyak membutuhkan banyak pembaharuan pada beberapa komponennya. Rancangan teknologi ini sangat sesuai dengan tubuh manusia dan membuat pemakainya memiliki kekuatan berkali-kali lipat dari tentara biasa.

Para tentara di negara-negara maju sudah mulai mengaplikasikan teknologi bionik ini untuk berbagai aktivitas dan hasilnya sungguh luar biasa. Melihat itu, Indonesia seharusnya juga sudah mulai mempertimbangkan untuk memakai peralatan yang serupa. Tentu tidak terbayang bagaimana hebatnya ketika para Kopassus atau Denjaka yang hebat itu memakai alat-alat robotik yang membuat kemampuannya naik berlipat-lipat.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA