5 Teknologi Canggih yang Paling Dibutuhkan Indonesia Saat ini

oleh Rizal
15:00 PM on Dec 21, 2015

Kata orang, Indonesia merupakan negara yang gemah ripah loh jenawi. Namun kini ungkapan tersebut sudah tidak relevan lagi, yang lebih pas adalah negara dengan seribu satu masalah. Benar begitu, kan? Belum selesai masalah satu, sudah ada yang lain. Belum tuntas skandal ini, eh muncul skandal lain yang lebih besar. Terus saja seperti ini sampai negara api menyerang.

Indonesia butuh problem solver untuk menuntaskan semua masalah ini agar tidak berlarut-larut dan kembali jadi negara yang damai dan tentram. Sayangnya, tidak pernah ada yang namanya cara mudah untuk mengatasi masalah. Apalagi yang kita bicarakan adalah problematika besar yang ada di negara ini. Namun, sepertinya kita bisa menggantungkan solusi dari masalah besar tersebut kepada teknologi.

Baca Juga
Inilah 4 Cara Greget BNN dalam Menghukum Para Bandar Narkoba yang Mulai Merajarela
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam

Ya, Indonesia sepertinya butuh teknologi-teknologi terbaik yang bisa menyelesaikan banyak masalah rumit di dalamnya. Meskipun terdengar seperti hal yang lucu dan imajinatif, tidak menutup kemungkinan jika nantinya mungkin akan benar jadi kenyataan.

1. Mesin Lie Detector Canggih untuk Penyelesaikan Kasus Pelik

Sebenarnya sangat mudah kok mendapatkan solusi dari banyak masalah di Indonesia, terutama kasus-kasus pelik, semacam korupsi dan juga sidang kelas berat seperti Setya Novanto. Jujur. Ya, cukup dengan jujur, maka masalah akan langsung beres. Sayangnya, yang terjadi justru sebaliknya. Harus berbelit-belit dulu untuk kemudian baru ditunjukkan yang sebenarnya.

Indonesia butuh alat detektor kebohongan agar cepat diketahui siapa yang salah [Image Source]
Indonesia butuh alat detektor kebohongan agar cepat diketahui siapa yang salah [Image Source]
Oleh karenanya, kita butuh yang namanya lie detector atau mesin deteksi kebohongan. Tinggal pakai, tak butuh lama, kita sudah bisa mengetahui si terdakwa jujur atau berbohong. Ini jadi solusi pas di saat kebenaran adalah hal yang samar seperti sekarang ini.

2. Mesin Deteksi Gambar Palsu

Kita sudah sangat sering disuguhi berita-berita foto skandal. Mulai dari Abraham Samad, sampai yang terakhir adalah Pasha Ungu. Kita butuh tahu untuk melihat maksud si penyebarnya, sekaligus masalah keaslian foto yang akan jadi solusi dari masalah tersebut. Selama ini kita hanya mengandalkan analisa para pakar telematika, yang bisa saja salah.

Kasus skandal foto seperti ini sering bikin resah, Indonesia harus punya mesin detektor foto palsu juga [Image Source]
Kasus skandal foto seperti ini sering bikin resah, Indonesia harus punya mesin detektor foto palsu juga [Image Source]
Sudah saatnya kita punya yang namanya mesin deteksi keaslian foto. Entah bagaimana mekanismenya, yang penting kita punya sebuah alat yang bisa dipercaya. Dengan alat ini, kita juga tak perlu menunggu terlalu lama hanya untuk sekedar mengetahui apakah sebuah foto tersebut asli atau tidak.

3. Mesin Penyedot Asap untuk Bencana Rutin Kita

Asap jadi tragedi paling menyita perhatian beberapa waktu lalu. Bagaimana tidak heboh asapnya saja sampai menutupi kota-kota dan bikin aktivitas masyarakat terganggu. Bahkan negara tetangga juga ikut kena dampaknya. Penanganan terhadap asap masih kurang cepat dan efektif. Padahal bencana ini terjadi hampir setiap tahun sekali.

Indonesia juga butuh alat penyedot asap agar jika terjadi yang seperti ini maka solusinya bisa cepat [Image Source]
Indonesia juga butuh alat penyedot asap agar jika terjadi yang seperti ini maka solusinya bisa cepat [Image Source]
Sudah saatnya Indonesia punya teknologi yang bisa memberantas masalah asap ini. Entah mesin raksasa penghisap asap, atau pesawat pemadam asap otomatis. Berbekal teknologi canggih maka asap-asap akan segera menghilang dan tak mengganggu aktivitas warga.

4. Transportasi Massal Super Cepat

Macet, kecelakaan berakibat kematian, kasus kriminal di jalan, adalah buntut dari problematika transportasi kita. Pemerintah bukannya diam saja, tapi sudah melakukan sesuatu. Sayangnya, it takes time sedangkan kebutuhan akan transportasi harus segera.

Masalah transportasi juga masih problem pelik, Indonesia butuh teknologi canggih untuk mengatasi masalah ini [Image Source]
Masalah transportasi juga masih problem pelik, Indonesia butuh teknologi canggih untuk mengatasi masalah ini [Image Source]
Ini saatnya pemerintah mendatangkan teknologi transportasi massal yang canggih. Tujuannya untuk menggantikan kendaraan-kendaraan di jalan sehingga akan banyak masalah teratasi. Kecelakaan, polusi dan juga kemacetan.

5. Mesin Daur Ulang Sampah

Sampah adalah masalah pelik pemerintah yang hingga saat ini masih belum benar-benar ada solusinya. Kalau tak percaya, mampir ke Bantar Gebang dan lihatlah jutaan ton sampah bertumpuk hampir menyerupai bukit kecil.

Bagaimana dengan sampah? Ya, Indonesia juga butuh alat canggih untuk ini [Image Source]
Bagaimana dengan sampah? Ya, Indonesia juga butuh alat canggih untuk ini [Image Source]
Akibat sampah ini tentu banyak. Penyakit, lingkungan tercemar, sampai masalah estetika. Indonesia butuh mesin yang bisa mendaur ulang sampah. Di Swedia sudah ada teknologi yang semacam ini, bahkan konsepnya tak sekedar daur ulang saja tapi juga menjadikannya energi. Bahkan Swedia sampai impor sampah tuh agar mereka tetap punya cadangan energi alternatif.

Keberadaan teknologi ini akan jadi hal fundamental dan pasti akan banyak sekali membantu. Sayangnya, hampir semuanya kecuali mesin daur ulang sampah masih jadi alat imajinatif yang belum ada wujud nyatanya hingga hari ini. Sebenarnya ulasan ini adalah sindiran atas banyaknya kasus yang terjadi namun tidak terselesaikan dengan maksimal, cepat dan tepat. Sehingga untuk melakukan hal-hal yang harusnya adalah tugas manusia ini, kita sampai mengandalkan yang namanya teknologi canggih. Negara harus berubah cepat agar bisa menjadi lebih baik lagi.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA