in

Inilah 4 Fakta Noken Anggrek, Tas Tradisional Papua yang Bisa Seharga Motor

Sudah bukan lagi rahasia soal tanah Papua yang dianggap memiliki beribu pesona. Bagaimana tidak, pasalnya keindahan alamnya yang luar biasa serta budaya yang sangat unik membuat pulau timur di Indonesia ini selalu jadi destinasi wisata. Tentu ini jadi keuntungan tersendiri baik dari segi finansial maupun sosial budaya.

Bicara soal Papua, siapa sangka ada satu lagi kerajinan asli sana yang bikin heboh. Bagaimana tidak, pasalnya tas noken Papua ternyata ada yang sampai harga sepeda motor loh. Lalu benarkah hal itu terjadi? Biar gak penasaran simak ulasan berikut ini.

Noken sebagai salah satu identitas Papua

Tak ada habisnya jika kita ingin terkesima dengan keindahan alam dan budaya di Papua, selalu menarik untuk dipelajari. Salah satunya adalah sebuah tas khusus dari daerah timur Indonesia yang bernama Noken. Bagaimana tidak, meskipun banyak suku-suku yang berbeda di sana, siapa sangka hampir semuanya mengenal Noken ini.

Noken asli Papua [sumber gambar]
Alhasil pada tahun 2012 ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya berwujud tak benda. Sedangkan Noken sendiri dapat menampung beban berat bahkan sampai puluhan kilo itu semua tidak terlepas dari bahan dasarnya yang terbuat dari serat-serat kayu pilihan. Bukan lagi hal yang aneh kalau mama-mama Papua menggunakan tas ini dari zaman dulu hingga sekarang.

Tas kecil asal Papua yang kekuatannya tak hanya tak perlu diragukan

Ada yang spesial dengan tas ini, meskipun tak seperti model yang modern namun tak kalah kehebatannya. Bayangkan saja, tas ini mampu menampung beban sampai puluhan kilo. Jadi bukan lagi hal yang aneh kalau para mama Papua menampung banyak barang ketika belanja di pasar atau bawah buah dari hutan dengan jumlah berat yang luar biasa.

Kemampuan mengangkat berat dari noken [sumber gambar]

Makin bagus serat kayu yang digunakan, semakin banyak benda yang mampu dibawa. Semisal yang terbuat dari anggrek hutan, dikatakan bisa mencapai 100 kilo dapat diangkut. Buktinya banyak perempuan di sana yang membawa anaknya menggunakan noken.

Siapa sangka harganya ada yang sama dengan motor

Harga yang ditawarkan oleh para penjual noken ternyata berbeda, tergantung dengan bahan pembuat, proses dan kualitasnya. Ada yang berkisar sekitar Rp 25 -50 ribuan, namun ada pula yang mencapai 8 juta rupiah hanya untuk satu tas. Tidak bisa dipercaya memang, namun itulah kenyataanya.

Nolen banyak di jual [sumber gambar]
Seperti yang dilansir dari Nova Grid, noken yang berharga 8 juta itu terbuat dari anggrek hutan yang memang mampu menahan berat yang luar biasa serta sulitnya mendapatkannya. Bayangkan saja, untuk mendaptkan bahan dasarnya saja harus menginap sampai tiga malam hingga mingguan di hutan. Belum lagi menganyamnya jadi wajar kalau sampai jutaan.

Filosofi noken sendiri yang unik dari yang lain

Bukan hanya sebuah tas biasa, tetapi ada filosofi unik mengapa banyak warga Papua menggunakannya. Tas tradisional itu disebut sebagai lambang tentang hal baik, kedamaian serta kesuburan bagi masyarakat di sana. Uniknya lagi hanya orang Papua yang boleh membuat benda ini, penduduk asing atau wisatawan hanya boleh membeli dan memilikinya.

Filosofi dari noken [sumber gambar]
Selain itu, setiap wanita di sana diwajibkan untuk bisa membuat tas tradisional ini karena dianggap sebagai simbol kedewasaan. Bahkan beberapa suku di sana membuatnya sebagai syarat untuk menikah, jadi tidak hanya dianggap sebagai alat bantu membawa benda saja.

Tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagaimana warisan budaya Indonesia bisa dihargai sangat mahal. Selain bisa menjadi keuntungan finansial tersendiri bagi warga Papua juga mampu melestarikan budaya asli bangsa.

Written by Arief Dian

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

9 Meme Kocak Plesetan Jasa dan Nama yang Terinspirasi dari Ojek Online Ini Dijamin Bikin Mules

Mantap! 8 Anak Adam Ini Berhasil Taklukan Puteri Indonesia ke dalam Pelukannya