Bikin Serangan Jantung, ini Lho Tarif Pengacara TOP di Indonesia

oleh Rizal
15:00 PM on Dec 1, 2015

Dalam sebuah sistem peradilan, kecakapan adalah hal penting. Cakap memberikan argumen, membeberkan bukti, serta analisa-analisa, akan mampu membuat sebuah kasus atau proses peradilan sesuai dengan yang diinginkan. Hanya saja, tak banyak orang yang punya kemampuan seperti ini karena satu dan lain hal. Nah, oleh karenanya kemudian jasa pengacara sangat dibutuhkan.

Pengacara ibarat lidah dan tangan sambungan seseorang yang menyewa jasanya. Lewat kemampuannya berkelit serta memberikan argumen-argumen, seseorang bisa mendapatkan apa yang diinginkannya di mata hukum. Di Indonesia sendiri, profesi pengacara terkesan sangat flamboyan dan katanya punya pendapatan yang tinggi. Ya, hal ini memang benar kalau dilihat dari deretan pengacara terkenal di negeri ini yang kehidupannya sangat mewah.

Baca Juga
Inilah 4 Cara Greget BNN dalam Menghukum Para Bandar Narkoba yang Mulai Merajarela
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam

Nah, berikut adalah deretan pengacara yang dianggap paling kaya dan sukses di Indonesia. Intip berapa bayaran mereka dan siap-siap ngiler dan kemudian ngebet untuk masuk fakultas hukum tahun depan.

1. Hotman Paris Hutapea

Hampir setiap orang tahu nama ini. Alasannya, Hotman Paris selalu muncul sebagai tim pembela dari kasus-kasus besar sampai selebriti. Terakhir, ia menangani kasus Angeline sebagai kuasa hukum dari Agustay yang dituduh terdakwa. Nah, membicarakan kehidupan Hotman Paris, tentu saja bikin kita geleng-geleng. Bagaimana tidak, pria Medan ini seperti tidak pernah kehabisan uang.

Punya banyak mobil mewah, sudah pasti tarif Hotman Paris sangat tinggi [Image Source]
Punya banyak mobil mewah, sudah pasti tarif Hotman Paris sangat tinggi [Image Source]
Hotman adalah penggemar mobil sport. Lamborghini hijau kesayangannya adalah salah satu koleksinya, belum lagi beberapa Ferari dan juga mobil luar negeri yang tersimpan rapi di garasinya. Hotman pernah mengatakan jika semua itu adalah hasil jerih payahnya sebagai seorang pengacara. Tak pernah terlontar dengan jelas berapa tarif pengacara ini. Namun konon tergantung siapa kliennya. Makin terkenal dan penting kasusnya, bayarannya mungkin bisa di atas Rp 1 miliar bahkan lebih.

2. Hotma Sitompul

Ada Hotman, tentu tak lengkap tanpa menyebut nama Hotma Sitompul. Dua orang ini adalah saingan berat, walaupun mereka sama-sama dari Medan dan tak pernah mengatakan deklarasi persaingan. Hotma juga merupakan pengacara kondang yang sudah wara-wiri mengatasi kasus-kasus besar. Saat ini ia tengah disibukkan dengan kasus Angeline sebagai kuasa hukum dari Margriet.

Tak kalah dari Hotman, Hotma Sitompul juga punya bayaran yang sangat mahal [Image Source]
Tak kalah dari Hotman, Hotma Sitompul juga punya bayaran yang sangat mahal [Image Source]
Sama seperti sang saingan utama, servis Hotma konon dibanderol dengan tarif yang melangit. Lagi-lagi, pengacara tidak ada yang akan pernah membuka mulutnya soal tarif. Namun dilihat dari hobinya yang juga doyan koleksi mobil seperti Hotman Paris, maka bayaran Hotma ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

3. OC Kaligis

Otto Cornelis Kaligis, namanya hangat jadi perbincangan saat ini. Bukan lantaran ia menangani kasus besar, tapi seperti yang kita tahu, saat ini ia sendiri yang justru jadi pesakitan lantaran dugaan korupsi. Sebagai pengacara, OC Kaligis bisa dibilang menggila. Sudah tak terhitung berapa banyak kasus yang diselesaikannya, bahkan gara-gara itu ia mendapatkan julukan “Manusia Seribu Perkara” .

Sebelum jadi tersangka seperti sekarang, OC Kaligis adalah salah satu pengacara paling gila di Indonesia [Image Source]
Sebelum jadi tersangka seperti sekarang, OC Kaligis adalah salah satu pengacara paling gila di Indonesia [Image Source]
Nama sudah terkenal, kiprahnya juga sangat diakui, maka hal ini pun berimbas kepada pundi-pundi uang yang mengalir ke kantongnya. Konon ia mendapatkan bayaran $ 500 atau hampir Rp 7 juta per jamnya. Itu hanya untuk konsultasi belum untuk mengurusi perkara yang lebih dalam lagi yang tarifnya jauh melambung.

4. Alm. Adnan Buyung Nasution

Jika sepak bola punya legenda semacam Maradona dan Pele, maka dunia ke-pengacaraan juga punya hal semacam itu. Ya, sang pengacara legendaris, khususnya di Indonesia, tentu saja Adnan Buyung Nasution. Pria yang lahir di Batavia ini sudah malang melintang di dunia hukum dan banyak kasus besar yang sudah ditanganinya. Misalnya saja Gayus Tambunan dan juga Anas Urbaningrum.

Semua orang bahkan pengacara terkenal, mengakui kehebatan seorang Adnan Buyung Nasution sang legenda ini [Image Source]
Semua orang bahkan pengacara terkenal, mengakui kehebatan seorang Adnan Buyung Nasution sang legenda ini [Image Source]
Berbekal nama besar serta kiprahnya yang sudah puluhan tahun, maka sudah bukan jadi hal yang mengherankan kalau pria dengan ciri khas rambut putihnya ini memiliki tarif yang bisa dibilang mahal. Tahun 2014 lalu setidaknya Adnan pernah mendapatkan bayaran hingga Rp 6 miliar untuk kasus sengketa Pemilu Legislatif.

5. Farhat Abbas

Banyak orang yang mengira jika sosok Farhat Abbas hanya bisa berceloteh dan menimbulkan kontroversi lewat opininya yang sering berseberangan dengan mayoritas. Padahal kalau kalau dipandang dari profesi yang dijalankannya, Farhat Abbas adalah seorang Pengacara Handal. Tercatat ada beberapa kasus besar yang pernah ditanganinya, termasuk para artis pula.

Mungkin karena pro kontra yang ditimbulkannya, membuat tarif Farhat Abbas jadi melambung tinggi [Image Source]
Mungkin karena pro kontra yang ditimbulkannya, membuat tarif Farhat Abbas jadi melambung tinggi [Image Source]
Berapa besar pendapatan Farhat tidak pernah diketahui dengan jelas, namun statusnya yang juga sebagai selebritis dan pencipta lagu, maka bisa dibilang ia punya bayaran yang lumayan tinggi. Bahkan pria yang merupakan anak seorang Hakim Agung itu juga punya kantor hukum sendiri.

Masyarakat umumnya selalu memandang buruk profesi ini. Anggapan cuma obrol omongan saja bisa dapat uang banyak, sampai kecaman ketika para pengacara ini menjadi kuasa hukum dari para tersangka kejahatan. Terlepas dari semua itu, berprofesi sebagai pengacara sangat berat. Tak hanya menggenggam nasib klien-nya, tapi mereka juga punya tanggung jawab moral kepada Tuhan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA