Tingkatkan Tarif, PLN Harus Benahi Pasokan Listrik

oleh Alfry
07:57 AM on Jan 6, 2015

Tarif listrik yang beberapa waktu mulai dinaikkan seharusnya membuat pasokan listrik di berbagai daerah menjadi semakin lancar, tetapi justru masih ada pemadaman di beberapa daerah di Indonesia.

DPR RI meminta kenaikan tarif tenaga listrik yang dilakukan untuk 12 golongan pelanggan PT PLN (persero) harus diimbangi dengan perbaikan keandalan pasokan yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan listrik yang dibutuhkan masyarakat dan peningkatan dari segi rasio elektrifikasi.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Tingkatkan tarif, PLN Harus Benahi Pasokan Listrik
Tingkatkan tarif, PLN Harus Benahi Pasokan Listrik

“Rakyat masih banyak yang mengeluh daerahnya sering padam. Bahkan, ketika saya berkunjung ke Nusa Tenggara Barat (NTB), listrik padam sampai empat kali,” kata Anggota DPR Komisi VII Kurtubi di Jakarta, Senin (5/1).

Pada kesempatan yang sama, dia juga menyebutkan bahwa di Indonesia masih ada sekitar 20% wilayah yang belum teraliri listrik secara maksimal. Selain itu juga masih terbelit dengan tingkat keandalan pasokan listrik yang belum memenuhi target yang diharapkan.

Kurtubi juga menilai jika penerapan tarif adjustment merupakan kebijakan untuk menutupi kesalahan atas rencana pemerintah dan PLN dalam mengakomodasi kebutuhan listrik masyarakat di masa lalu. Hal ini terlihat dari banyak penggunaan pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

“Bayangkan saja di NTB itu 95% masih menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) atau bersumber dari BBM. Itu kan dananya sangat mahal,” katanya.

Meski begitu, menurutnya menghapus subsidi dengan cara kenaikan tarif secara adjustment ini dapat membantu cashflow keuangan PLN. Diketahui PLN memiliki hutang cukup besar untuk memberikan jaminan dalam kelancaran pembelian listrik dari Independent Power Producer (IPP).

“Maka dengan penghapusan subsidi, pembenahan dalam menjamin pasokan listrik wajib dioptimalkan oleh PLN,” katanya.

Listrik merupakan salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari, tanpa listrik beberapa kegiatan akan terhambat. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia berharap agar listrik ditingkatkan menjadi lebih baik lagi untuk warga masyarakat Indonesia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo
BACA JUGA