in

9 Tantangan Makan Paling Berbahaya di Dunia

Kita sering sekali melihat beberapa kontes makan untuk mendapatkan sebuah hadiah. Kontes ini biasanya diadakan di pusat perbelanjaan atau disiarkan di TV. Tujuannya adalah melihat seberapa kuat atau bertahannya seseorang menghabiskan makanan dalam porsi yang sangat besar. Bahkan bisa dimakan oleh lima orang atau bahkan lebih.

Perlombaan makan seperti ini memang terlihat seru. Orang akan berlomba-lomba makan dan menelan hingga semua makanan yang ada di piring habis. Namun kita harus tahu, ternyata beberapa lomba makan ini sangat berbahaya. Bahkan bisa menyebabkan kematian. Nggak percaya? Mari kita bahas bersama-sama, sembilan tantangan makan yang sangat berbahaya di dunia.

1. Tantangan Minum Air

Benar sekali, anda tidak salah baca. Air masuk ke dalam deretan tantangan makanan yang sangat berbahaya. Meski hanya berupa cairan, namun ternyata air bisa membuat orang mabuk hingga kehilangan nyawa. Hal ini terjadi saat kontes minum air terbanyak yang dilaksanakan pada tahun 2007. Hadiah dari kontes ini adalah sebuah game console. Seorang ibu berhasil menang, namun ia juga harus  menukar nyawanya dengan hadiah yang tak seberapa itu.

Tantangan Minum Air [image source]
Tantangan Minum Air [image source]
Kontes dilakukan dengan dengan minum air sebanyak-banyaknya. Lalu air tidak boleh keluar dari badan. Artinya kita tidak boleh pergi ke toilet. Dan selama berjam-jam air akan membanjiri seluruh tubuh. Bisa dibayangkan jika minum 3 liter air artinya ada 3 kg air dalam perut. Organ dalam bisa jadi mengalami kebocoran akibat tekanan kuat dari air. Mengerikan!

2. Tantangan Minum Kecap Asin

Jangan pernah sekali-kali mencoba mengikuti tantangan meminum kecap asin dalam jumlah yang besar. Meski terkesan biasa ternyata meminum kecap asin dalam jumlah banyak akan membuat anda jadi kejang, lalu beberapa saat kemudian tubuh akan kaku dan mengalami koma. Hal ini terjadi karena tubuh keracunan garam yang banyak terdapat di kecap asin.

Tantangan Minum Kecap Asin [image source]
Tantangan Minum Kecap Asin [image source]
Kejadian mengerikan ini terjadi pada seorang remaja pada tahun 2011. Dia meminum kecap asin dalam jumlah yang besar hingga membuat tubuhnya kejang dan kaku. Untuk menolong remaja ini dokter menggunakan 6 liter larutan garam yang dialirkan dalam tubuh remaja malang ini. Akhirnya remaja ini berhasil diselamatkan sebelum mengalami koma. Masih tertarik dengan tantangan minum kecap asin?

3. Tantangan Makan Tepung Tanpa Air

Tepung adalah bagian utama dalam membuat kue. Semua koki tahu jika tepung adalah bagian vital yang tidak bisa diganti-ganti sesuka hati. Kali ini tepung tidak digunakan untuk lomba membuat kue, namun lomba memakan tepung mentah dengan mengunyahnya tanpa dicampur terlebih dahulu dengan air.

Tantanngan Makan Tepung [image source]
Tantanngan Makan Tepung [image source]
Hasil dari lomba ini adalah: tidak ada pemenang. Banyak peserta yang mengalami batuk dan tersedak akibat mengunyah tepung dari takaran terbesar yang mampu mereka masukkan ke dalam mulut. Tersedak bisa membahayakan manusia, terutama jika ada benda asing sampai masuk ke rongga pernapasan dan jatuh ke paru-paru.

4. Tantangan Memakan Kayu Manis

Memakan kayu manis adalah salah satu tantangan makan paling terkenal di dunia. Bahkan sering diadakan untuk beberapa event khusus menyambut hari-hari besar. Meski begitu tantangan ini juga terkenal sangat berbahaya bagi manusia. Terutama yang tidak kuat dengan bau-bauan kuat rempah-rempah. Mengunyah banyak kayu manis bisa membuat tersedak dan susah napas.

Tantanangan Memakan Kayu manis [image source]
Tantanangan Memakan Kayu manis [image source]
Kayu manis mengandung zat bernama selulosa. Zat ini dikenal sangat sulit diolah atau dipecah oleh tubuh manusia. Selulosa akan terasa berada di di paru-paru dan tidak bisa hilang. Beberapa orang bisa mengalami peradangan paru-paru, pneumonia hingga menyebabkan paru-paru berhenti berfungsi dan menyebabkan kematian.

5. Tantangan Makan “Ghost Pepper”

Tantangan makan cabai adalah hal yang sering terjadi. Biasanya sering dibarengi dengan makan gorengan seperti tahu atau bala-bala. Cabai yang digunakan juga hanya rawit yang masih kalah pedas dengan cabai Bhut Jolokia. Cabai ini memiliki tingkat kepedasan yang bisa mencapai 10 kali cabai rawit. Memakan satu Bhut Jolokia sama halnya memakan 10 cabe rawit dalam sekali waktu.

Tantangan akan Bhut Jolokia [image source]
Tantangan akan Bhut Jolokia [image source]
Di luar negeri sering sekali diadakan tantangan memakan cabai yang sering disebut cabai setan ini. Jika perut seseorang tidak kuat maka dalam tempo yang cepat akan mengalami gangguan maag akut, lalu dibarengi dengan diare. Jika hal ini tidak segera ditolong maka seseorang bisa mengalami pingsan karena menahan sakit dari perutnya.

6. Tantangan Makan Cupcake

Cupcake adalah salah satu kue yang paling diminati di seluruh dunia. Bentuknya tidak terlalu besar dengan toping berupa krim warna-warni yang sangat disukai anak-anak. Tapi tampilan menarik ini bisa jadi mengerikan jika dijadikan sebagai tantangan makan. Cupcake bisa membuat orang jadi susah napas karena tersedak terlebih jika tidak diperkenankan minum.

Tantangan Makan Cupcake [image source]
Tantangan Makan Cupcake [image source]
Tantangan ini menjadi sangat poluler di seluruh dunia. Terlebih National Geographic mengangkatnya sebagai salah satu acara “Do or Die”. Meski terkenal tapi beberapa orang menganggap hal ini tidak berguna. Untuk apa memakan banyak sekali cupcake jika tidak dinikmati, bahkan bisa membuat kita kehilangan napas?

7. Tantangan Makan Marshmallow

Salah satu aturan tantangan ini adalah memasukkan sebanyak mungkin marshmallow ke dalam mulut. Seseorang yang dapat memasukkan sebanyak mungkin marshmallow akan memenangkan tantangan yang juga sering disebut “chubby bunny”. Namun meski terdengar lucu, tantangan bisa membuat orang yang mengikutinya kehilangan nyawa.

Tantangan Makan Marshmallow [image source]
Tantangan Makan Marshmallow [image source]
Setelah seluruh marshmallow masuk ke dalam mulut maka setiap peserta harus berhasil membunyikan dua kata: “chubby bunny”. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya mulut saat penuh marshmallow dan disuruh bicara? Belum lagi jika ada beberapa butir yang “menggelinding” ke dalam? Bisa bikin kita tersedak dadakan.

8. Tantangan Makan Pisang Dicampur Minuman Bersoda

Tantangan ini menjadi berbahaya karena bisa membuat pesertanya kembali tersedak. Bagaimana tidak, mereka harus mengunyah pisang dan meminum air bersoda lalu menyimpan di dalam mulutnya. Semakin lama menyimpan di dalam rongga mulut, maka bisa memenangkan tantangan. Jika sampai pisang dan air soda sampai dimuntahkan artinya gagal dalam tantangan. Jika sampai tertelan juga kalah.

Tantangan Makan Pisang dan Minuman Soda [image source]
Tantangan Makan Pisang dan Minuman Soda [image source]
Menahan air soda dan pisang dalam mulut bisa membuat seseorang mengalami nyeri di rongga mulut. Selain itu jika tidak sengaja tertelan banyak-banyak bisa membuat kita kesusahan napas. Kalau sial, bisa membawa pesertanya menjemput ajal.

9. Tantangan Minum Se-Galon Susu

Susu adalah minuman yang sangat penting bagi kita semua. Sejak kecil kita banyak diberikan susu untuk membantu kita mencukupi nutrisi hingga tumbuh besar. Namun siapa yang tahu jika susu juga bisa menjadi sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang sangat banyak.

Tantangan Minum Segalon Susu [image source]
Tantangan Minum Segalon Susu [image source]
Sebuah tantangan meminum susu menuntut seseorang menghabiskan segalon susu dalam waktu yang singkat. Bisa dibayangkan bagaimana keadaan perut kita? Yang jelas akan menimbulkan kemelaran pada perut. Lalu jika tubuh tak lagi bisa menampung maka peserta bisa mengalami muntah yang sangat parah. Jika sial maka bisa menjadikan peserta masuk rumah sakit.

Pada dasarnya sesuatu yang sangat berlebihan selalu tidak baik. Bukannya mendapatkan manfaat malah membahayakan tubuh, hingga menyebabkan kematian. Bijaklah jika ingin mengikuti acara-acara tantangan makan. Selalu utamakan keselamatan!

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

10 Alasan Konyol Orang Bisa ‘Ditendang’ dari Penerbangan

8 Hal Ini Lebih Berguna daripada Tidur Setelah Sahur!