M1 Abrams, Raja Tank Dunia yang Sebaiknya Dimiliki Indonesia

oleh Rizal
07:00 AM on Aug 4, 2016

Tentu bukan tanpa alasan kenapa Amerika bisa sukses menempatkan dirinya sebagai negara nomor satu soal militer. Penyebabnya sendiri tak hanya karena jumlah tentaranya yang melimpah dan katanya sangar luar biasa, tapi juga koleksi alutsistanya yang gila. Kita mungkin tak pernah baca daftar perlengkapan perang AS secara terperinci, tapi pasti sudah tahu kalau alutsista milik negeri Paman Sam itu adalah yang terbaik di dunia. Tak cuma pesawat tempur atau kapal perang saja, tapi juga tank-tank mereka.

Nah, berbicara soal tank Amerika, maka jelas akan menyinggung nama M1 Abrams. Kendaraan tempur satu ini memang luar biasa dan sudah jadi ujung tombak AS selama bertahun-tahun. Dan dari semua misi yang melibatkan tank ini, AS rata-rata mendapatkan kemenangan gemilang. M1 Abrams mungkin uzur, tapi ia masih sangat mumpuni dan menjawab semua tantangan. Maka, tak berlebihan rasanya kalau kendaraan tempur satu ini mendapatkan gelar raja tank dunia.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Memang sehebat apa sih tank satu ini sehingga selalu jadi andalan dan dipuji bahkan oleh musuh-musuh AS? Hal itu akan kamu ketahui lewat ulasan berikut. Oh iya, penjelasan ini juga jadi alasan kenapa Indonesia harus mempertimbangkan untuk memiliki tank ini pula.

Kemampuan Persenjataan yang Bikin Ketar-Ketir Musuh

Hal yang paling mengerikan soal M1 Abrams adalah senjatanya. Dilihat dari fisiknya saja ia terlihat sangat menantang dengan mengadopsi laras utama yang begitu panjang dan besar. Dan memang, itu bukan cuma aksesoris atau gagah-gagahan saja melainkan berfungsi dengan amat baik. Soal senjata utama, M1 Abrams mengusung meriam L52 M68 yang mampu melontarkan dengan amat presisi amunisi sebesar kaki gajah.

Persenjataan sangar Abrams [Image Source]
Persenjataan sangar Abrams [Image Source]
Tak hanya si laras utama yang ngeri itu saja, Abrams juga punya persenjataan lain yakni sebuah heavy machine gun di sebelah meriam utama. Senjata satu ini juga gila lantaran kemampuan menembaknya konon bisa merontokkan sebuah gedung. Sebenarnya tak hanya dua ini saja, M1 Abrams juga bisa dilengkapi dengan dua machine gun lainnya jika dibutuhkan.

Manuver Smooth Ala Mobil Balap

Abrams adalah tank paling berat di dunia saat ini dengan bobot mencapai sekitar 67 ton. Tapi, meskipun begitu berat, tank satu ini bisa bergerak sangat lincah. Manuvernya benar-benar oke, tak hanya bisa meliuk-liuk seperti mobil balap, tapi juga mampu melakukan gerakan akrobatik dengan indah. Ini penting bagi sebuah tank karena musuh bisa berada di sisi mana pun.

Manuver mumpuni M1 Abrams [Image Source]
Manuver mumpuni M1 Abrams [Image Source]
Tak hanya kemampuan manuver, Abrams juga dibekali mesin jet yang bisa membuatnya melesat cepat. Menurut data yang ada, tank ini bisa berlari dengan kecepatan 72 km/jam di jalanan mulus dan sekitar 40 km/jam di jalan tak rata. Dengan mempertimbangkan beratnya yang seperti itu, bisa melaju secepat ini tentu adalah hal yang sangat hebat.

Ketahanan yang Luar Biasa Kuat

Tank mungkin punya senjata mematikan dan kemampuan manuver hebat, tapi ia tetap jadi mangsa empuk kalau tubuhnya tak dibaluti dengan armor. Nah, soal armor, M1 Abrams ini dilengkapi dengan pelindung luar yang benar-benar sangar. Tak hanya tahan ketika dihajar sniper atau senapan mesin, tank ini pun bahkan tak bergeming ketika menginjak ranjau atau dilempar granat. Hal ini berkat lapisan luarnya yang sangat kuat.

Armor super keras Abrams [Image Source]
Armor super keras Abrams [Image Source]
Masih soal ketahanan, M1 Abrams juga dibekali banyak peralatan mutakhir yang bisa menghindarkannya dari celaka. Salah satunya adalah adanya sistem pengacau radar untuk meng-hack sistem bidik rudal yang menuju kepadanya. Tank satu ini benar-benar sangat aman, makanya AS masih ogah untuk menggantinya meskipun Abrams sudah dibuat sejak tahun 80an.

M1 Abrams Teruji Lewat Banyak Misi

Di atas kertas bisa kita koar-koar soal keunggulan, tapi kalau di lapangan memble ya percuma. M1 Abrams tidak seperti ini, kemampuannya di dunia nyata sama persis seperti yang dituliskan. Bahkan, sebenarnya lebih dari itu. Abrams secara aktif sudah dipakai oleh AS sejak puluhan tahun lalu. Dan setiap misi apa pun yang membutuhkan penetrasi tank, negara ini pasti memberangkatkan korps Abrams-nya.

Abrams saat misi di Irak [Image Source]
Abrams saat misi di Irak [Image Source]
Kalau berbicara misi, Abrams ini sudah dipakai sejak Perang Teluk, konflik Afghanistan, Irak dan sebagainya. Tank ini sendiri sekarang masih dipakai AS di Timur Tengah untuk menghadapi ISIS. Soal pengalaman, memang tank satu ini tak perlu lagi diragukan.

Fitur Unik yang Tak Dimiliki Tank Lain

Soal kelengkapan, M1 Abrams tak hanya mengusung senjata dan armor saja tapi juga sebuah fitur keren lainnya yang bernama multi-fuel. Seperti namanya, fitur ini adalah memungkinkan M1 Abrams untuk mengonsumsi berbagai macam bahan bakar. Entah itu kerosene, bahan bakar jet, sampai diesel.

Multi-fuel Abrams [Image Source]
Multi-fuel Abrams [Image Source]
Fitur ini peranannya penting karena ketika bahan bakar yang dipakai bermacam-macam maka bakal berdampak besar di ranah operasionalnya. Makanya, dengan segala keunggulan ini AS sampai membuat Abrams begitu banyak dan hanya menjualnya ke negara-negara tertentu saja.

Lihat sendiri kan betapa M1 Abrams ini memang luar biasa gila? Sepertinya Indonesia juga tak ada salahnya untuk memboyong tank satu ini mengingat jumlah kendaraan tempur kita yang berjenis ini hanya ratusan saja. Kalau bisa terbeli, pamor Indonesia pasti makin mentereng. Tapi, tentu tidak mudah mendatangkan Abrams ke Indonesia, selain karena harganya yang begitu mahal yakni $8.9 juta per unit, proses birokrasinya juga pasti ruwet.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA