Dokter Ini Mencangkok Tangan di Betis Seorang Pria!

oleh Tetalogi
13:10 PM on Jul 20, 2015

Seorang pekerja pabrik asal China bernama Zhou mengalami kecelakaan yang membuat tangannya terpotong mesin pemotong. Ia segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan. Di rumah sakit, sang dokter mencangkok tangannya yang terpotong ke betisnya!

Membaca hal tersebut akan cukup ngeri bagi mereka yang tidak mengerti. Tapi ternyata, hal ini dilakukan tim dokter agar tangan tersebut tetap bisa hidup sementara syaraf dan tendon pergelangan tangannya mengalami pemulihan. Ajaibnya lagi, setelah satu bulan, setelah syaraf dan tendon pada lengan sudah mulai sembuh, tangan tersebut kemudian kembali dipasang di tempat yang seharusnya dan ia bisa kembali menggerakkannya!

Baca Juga
6 Artis Tanah Air Ini Pindah Kewarganegaraan, Alasannya Menusuk ke Relung Hati Terdalam
7 Pekerjaan Ini Sering Diremehkan, Padahal Kita Tak Bisa Hidup Tanpa Mereka

Seperti yang dilansir dari Dailymail, operasi langka ini dilakukan di rumah sakit Changsa, provinsi Hunan di China tengah. Saat Zhou dibawa ke rumah sakit, tangannya sudah terpotong. Dokter Tang Juyu yang menanganinya memutuskan bahwa ia ingin mengembalikan tangan Zhou yang hilang, maka dilakukanlah prosedur operasi ini. Ia dan timnya sudah pernah melakukan operasi yang serupa pada tahun 2013 dan berhasil.

Tangan Dicamgkok di kaki [Image Source]
Tangan Dicamgkok di kaki [Image Source]
Lengan Zhou dan tangan yang terputus tersebut sama-sama terluka hebat. Akibatnya dokter tidak bisa langsung menyambungnya begitu saja. Akhirnya dokter memutuskan untuk memberi waktu untuk lengan dan tangan yang terputus tersebut agar sembuh terlebih dulu. Itulah mengapa ia mencangkok tangan Zhou di betis kanannya.

Dokter Tang mengungkapkan bahwa dalam suhu normal, jari yang putus punya waktu 10 jam untuk mengembalikan suplai darah, tapi untuk lengan akan butuh waktu yang jauh lebih pendek. Jika lengan tersebut kekurangan darah terlalu lama, maka jaringannya akan mati dan tidak bisa diselamatkan lagi. Itulah mengapa dokter Tang menjaga agar tangannya tetap hidup dengan menyambungnya di kaki dalam kurun waktu satu bulan lebih.

Operasi penyambungan kemabli memakan waktu 10 jam [Image Source]
Operasi penyambungan kemabli memakan waktu 10 jam [Image Source]
Tangan Zhou kini sudah berhasil disambung kembali ke lengannya dalam operasi selama 10 jam. Ia sekarang juga bisa menggerakkan jari-jarinya sedikit. Meski begitu, ia akan butuh proses rehabilitasi untuk mengembalikan fungsi tangannya secara penuh.

Wah, sungguh menakjubkan usaha dokter ini untuk menyelamatkan pasiennya, ya!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren!
BACA JUGA