in

Wajib Tahu! Inilah 5 Tanda Kalau Tubuhmu Sudah Mulai Kecanduan Kopi

Kopi yang tengah digandrungi para remaja, membuat banyak orang menjadi ketagihan. Rasa-rasanya, kalau tidak minum kopi dalam sehari seperti ada yang kurang. Maka dari itu, kopi telah menjadi candu dan tak bisa lepas dari kehidupannya sekali saja.

Berbicara tentang kopi, rasanya memang enak dan bisa menenangkan jiwa kata si pecandu minuman ini. Namun sayangnya, ketika kita mengonsumsinya terlalu sering, bisa berakibat fatal bagi tubuh. Akan ada banyak penyakit bermunculan karena kafein yang dikandungnya. Nah, untuk itu, kalian sebaiknya perlu tahu tanda-tanda tubuh jika sudah terlalu banyak minum kopi.

Super duper mengantuk jika tidak minum kopi

Mudah mengantuk [Sumber Gambar]
Sering kali orang-orang mengandalkan kopi sebagai penahan kantuk. Apalagi yang sedang bekerja shift malam, kopi menjadi teman terbaiknya untuk menunggu pagi. Nah, biasanya orang-orang yang sudah konsumsi kopi setiap hari semacam ini, akan merasa lebih cepat mengantuk kalau tidak meminumnya dalam beberapa waktu. Hal ini juga dibenarkan oleh penulis buku The Healthy Guide to Unhealthy Living bernama David J Clayton, MD. Jika minuman kopi ternyata mampu mempengaruhi energi. Sehingga, kalau kita tidak mengonsumsi kopi sebentar saja dan kemudian mengantuk, maka itu berarti energi sedang dalam masa penurunan. Bisa dibilang, kalian sudah terlalu banyak mengonsumsi kopi tuh.

Warna dari urine menjadi kuning gelap atau oranye

Warna urine kuning gelap [Sumber Gambar]
Seperti yang kita tahu, kalau urine berwarna kuning gelap atau oranye merupakan tanda dari kekurangan cairan alias dehidrasi. Begitu juga jika terlalu banyak minum kopi nih Sahabat Boombastis. Menurut Amy Gross selaku pakar diet klinis di New York, ini dikarenakan kopi bersifat deuretik yang bisa mengakibatkan dehidrasi. Tapi, ini berlaku jika kita kekurangan cairan sebanyak 500 mg saja lho. Kalau kurang dari itu, urine tidak akan berwarna kuning gelap atau oranye kok.

Rasa cemas selalu datang tanpa ada penyebabnya

Mudah cemas [Sumber Gambar]
Sering merasa cemas padahal tidak ada masalah apapun? Bisa jadi itu adalah tanda kalau kalian sudah terlalu banyak konsumsi kopi. Berdasarkan The National Institute of Mental Health di Amerika Serikat, jika minuman berkafein satu ini dapat memperparah kecemasan sehingga mengakibatkan tidak bisa tidur. Sehingga kalau kalian sudah merasakan hal ini, alangkah lebih baiknya untuk mengurangi kopi ya.

Diare yang terjadi secara terus menerus

Diare [Sumber Gambar]
Kopi ternyata mampu memicu munculnya diare lho Sahabat Boombastis. Alasannya karena kopi memiliki efek laksatif yang membuat perut terasa bergejolak menurut The International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorders. Apalagi jika konsumsi minuman berkafein tersebut mencapai dua kali dalam sehari, risiko munculnya diare akan semakin besar nih. Oleh karena itu, hindari konsumsi kopi terlalu sering ya.

Sakit kepala yang tak bisa dihindarkan

Sakit kepala [Sumber Gambar]
Selain di atas, ciri-ciri yang bisa ditemukan kalau terlalu banyak konsumsi kopi yakni sakit kepala. Yap, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins University, kopi dapat memicu sakit kepala jika konsumsinya sudah mencapai 500 mg kafein atau setara dengan 5 cangkir. Namun, ini tak hanya muncul karena kopi saja ya Sahabat Boombastis, ada minuman lain yang bisa jadi penyebabnya. Misalnya seperti teh, soda atau minuman berenergi.

Kopi memang nikmat. tapi tidak jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Contohnya saja seperti di atas yang merupakan akibat kalau minum kopi tidak sesuai aturan. Jadi, mulai sekarang, alangkah lebih baiknya untuk tidak mengonsumsi minuman berkafein tersebut terlalu berlebih. Secukupnya saja dan kalau bisa hindari minum setiap hari ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

5 Wisata Kuliner Batam yang Bisa Jadi “Obat Lapar” Saat Asyik Traveling

Melihat Aturan Pengeras Suara Adzan di Negara-negara Muslim Dunia, Indonesia Gimana?