in

Waw! Tanaman Langka Ini Menjadi Penanda Adanya Berlian yang Terkubur di Bawah Tanah

Berlian merupakan logam mulia yang keberadaannya sangat dicari, bukan hanya karena indah saja, tetapi juga harganya yang fantastis dan bisa bikin kaya mendadak. Perlu diketahui jika berlian itu tertanam jauh di dalam tanah. Ia baru akan muncul ke permukaan setelah terdorong oleh aktivitas vulkanik gunung berapi.

Namun, tahukah kamu jika ada tumbuhan yang bisa memberikan tanda adanya keberadaan berlian? Yap, tumbuhan tersebut adalah pandan langka asal Afrika. Jika selama ini, mungkin kita hanya mengenalnya sebagai tanaman yang digunakan dalam penyedap masakan, sekarang ia bisa menjadi tanda jika di dalam tanah tersebut terdapat batu berlian.

Tanaman penanda adanya berlian [Sumber gambar]
Jenis tumbuhan yang disebut sebagai Pandanus candelabrum ini awalnya hanya dianggap sebagai tanaman gurun biasa. Dilansir dari berbagai sumber, tanaman ini aslinya berasal dari Liberia, salah satu negara termiskin di Afrika yang terkenal memiliki kandungan berlian terbesar di dunia. Namun, Stephen Haggerty, seorang peneliti asal Universitas Miami, Florida (AS) kemudian mengungkapkan bahwa ia tidaklah tumbuh di sembarang tempat, misalnya di tanah yang tepat di atasnya pipa kimberlite. Pipa kimberlite ini sendiri kaya akan magnesium, potasium, dan fosfor sehingga berlian akan terkumpul dan melekat di sana.

Batu berlian [Sumber gambar]
Berlian sendiri merupakan karbon murni yang berubah menjadi kristal akibat proses kimiawi di dalam perut bumi dan memakan waktu beratus-ratus tahun, hingga menjadi batu intan. Nah, ketika ditambang dan diolah sedemikian rupa, intan mentah tersebut barulah dinamakan sebagai batu berlian.

Masalahnya, untuk menemukan tumbuhan pandan-pandanan ini tidaklah mudah. Karena tumbuhan ini biasanya akan tumbuh tersembunyi di semak-semak belukar dan kebanyakan berada di padang gurun Afrika. Jika pun menemukan maka para pemburu berlian akan berebut untuk menggali dan mengambil berliannya.

Para penambang berlian [Sumber gambar]
Bagaimana? Apakah kamu pernah menemukan tumbuhan jenis ini. Jika pernah, coba deh pastikan apa benar ia merupakan tumbuhan seperti yang dikatakan oleh ilmuwan Miami ini. Dapat dipastikan saat menemukan tumbuhan ini kamubisa menjadi kaya mendadak.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Digelar Saat Ramadan, Inilah Pemain yang Akan Berpuasa di Final Liga Champion 2018

Via Vallen Nyanyi Lagu Pop, 5 Hal Ini Bakal Terjadi Jika Dia Tinggalkan Jalur Dangdut