Selain cabai, tomat adalah tanaman pangan yang umum ditanam sendiri. Selain karena mudah, eksistensinya juga tidak bisa dilepaskan dari berbagai jenis masakan rumah, mulai dari tumis sampai kuah butuh bahan satu ini. Di samping tomat juga kerap jadi minuman seperti jus yang khasiatnya baik untuk tubuh.

Menanam tomat cukup mudah dan tingkat keberhasilannya tinggi. Tapi, meskipun demikian, ada langkah-langkah yang harus dilakukan agar benar-benar berhasil. Nah, kalau kamu sedang mencoba menanam bahan pangan satu ini, berikut ini Boombastis sajikan caranya dikutip dari Youtube Channel Taman Inspirasi. Bahannya cuma perlu dari tomat sisa dapur kok.

Persiapkan media tanamnya dulu

Basahi media tanam [sumber gambar]
Sebelum mulai menanam, persiapkan dulu media tanamnya. Rekomendasinya adalah tanah yang dicampur dengan arang bakar dan juga pupuk. Kemudian setelah itu basahi atau rendam sampai air meresap ke dalam media tanam. Jika sudah maka kemudian kita persiapkan tomatnya.

Pakai tomat dari dapur bisa kok

Potong tomat secara melingkar [sumber gambar]
Tomat yang digunakan sebagai bahan tanam bisa dari mana saja, termasuk tomat yang kamu simpan di dapur. Setelah itu Iris tomat dengan potongan melingkar, fungsinya agar biji tomat yang berkecambah bisa tumbuh di area lingkaran kulit tomat tersebut dan mudah untuk dipisahkan. Satu tomat bisa dipotong sampai lima bagian. Jika dirasa kurang kamu bisa tambahkan satu buah tomat lagi.

Saatnya pembibitan tomat

Pembibitan tomat [sumber gambar]
Setelah semua siap, letakkan potongan lingkaran tomat tadi ke media tanam. Posisikan agar muat untuk semua potongan tomatnya ya. Setelah itu tutup lagi dengan media tanam kurang lebih satu cm lalu kemudian siram. Begitu selesai tinggal tunggu selama 3-4 hari sampai kecambah tomat muncul. Oiya, letakkan pada tempat yang teduh dan tidak terkena matahari langsung ya.

Pemindahan kecambah tomat ke pot tanam

Penyemaian tomat [sumber gambar]
Setelah kecambah tumbuh selama 10 hari, saatnya memindahkannya satu per satu ke dalam media tanam lain, dengan rekomendasi perbandingan tanah, arang bakar, dan pupuknya adalah 1:1:1. Proses ini harus dilakukan dengan hati-hati. Usahakan ketika memindahkannya, akar kecambah tomatnya tetap utuh dan batangnya tidak patah. Kemudian saat memasukkan ke dalam media tanam baru, usahakan tidak terlalu menekan tanahnya. Sedikit tips agar mudah memindahkannya adalah basahi dulu media tanam awal kecambahnya.

Proses akhirnya

Penanaman tomat [sumber gambar]
Setelah memindahkan kecambah tomat ke media tanam baru, maka langkah selanjutnya adalah menyiraminya. Setelah itu kita hanya perlu pantau perkembangan tanaman-tanaman ini. Selama proses tumbuhnya usahakan dirawat, entah disiram, dipupuk, atau jaga dari hama-hama yang mungkin ada. Tak butuh waktu lama sampai akhirnya kamu bisa mulai petik tomat hasil kreasimu sendiri. Selamat!

BACA JUGA: Punya Pohon Pisang? Lakukan Teknik Ini maka Buahnya bakal Lebih Gemuk dan Manis

Tomat mungkin harganya cukup terjangkau dan stabil, tapi kalau kita bisa menanamnya sendiri kenapa tidak? Di samping itu juga lebih sehat. Di kondisi seperti sekarang mindset-nya adalah berhemat sebijak mungkin. Kalau bisa tanam sendiri ya kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membelinya kan?