Tak Mampu Bayar uang Kebersihan Sekolah, Remaja ini Nekat Tenggak Racun

oleh venny
12:02 PM on Feb 13, 2015

Lagi, kisah pilu kenekatan remaja berusaha mengakhiri hidupnya terulang, kali ini seorang remaja berusia 17 tahun, Ferdian siswa kelas XI madrasah aliyah (MA) -setingkat SMA- di Mataiwoi, Kecamatan Angata, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

Remaja ini nekat menenggak racun serangga karena tak mampu membayar iuran lomba kebersihan dan sering dimarahi oleh guru di sekolahnya. Untungnya, nyawa Ferdian berhasil diselamatkan setelah pihak keluarga membawanya ke Rumah Sakit Bahteramas Kendariuntuk mendapatkan pertolongan.

Baca Juga
Missileers, Serdadu “Emak-emak” Amerika yang Bisa Bikin Dunia Kiamat Dalam Sekejap
Rochy Putiray, Pesepak Bola Indonesia yang Pernah Bikin AC Milan Ampun-ampunan

Bunuh diri dengan racun serangga ilustrasi
Bunuh diri dengan racun serangga ilustrasi

Ibu Ferdian, Nurnani (41) menceritakan bahwa anak lelakinya itu kerap dimarahi oleh gurunya. Bahkan gurunya seringkali menyuruh anaknya untuk membawa perlengkapan ruangan kelas. Namun meki Ferdian sudah menuruti perintah guruya itu, ia tetap kena marah.

“Ketika disuruh bawa kursi, palu-palu, gergaji, jam dinding, dia bawa semua, tetapi tetap dimarahi gurunya. Katanya, ‘Kau itu Ferdin gak usah mi ko datang di sekolah, itu mi mungkin dia frustrasi,'” cerita Nurnani meniru ucapan guru Ferdian, Kamis (12/2/2015) seperti dilansir di kompas.

Nurnani lantas menceritakan sebelum anaknya nekat mencoba mengakhiri hidupnya, anaknya itu meminta uang Rp. 10.000,00 padanya untuk membayar lomba kebersihan di sekolahnya, namun saat itu ia tak punya uang. Ia tak menyangka jika Ferdian merasa putus asa itu mencari racun serangga ke tetangganya dan mnenggaknya.

“Saat itu, sekolahnya ikut lomba kebersihan. Jadi, siswa disuruh membayar Rp 10.000. Saya bilang belum ada uang, besok saja. Tidak pernah saya marahi. (Tapi), dia memang sering dimarahi gurunya,” kata ibu Ferdian itu.

Kondisi keluarganya memang sulit, Ferdian pernah dimasukkan sebagai penerima beasiswa oleh sekolah, namun uang beasiswa sebesar Rp. 500.000,00 tersebut habis untuk membayar iuran sekolah.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara, Samsuri bahwa madrasah swasta memang membiayai sendiri keperluan di sekolah, namun iuran yang ada harus sesuai dengan kesepakatan. Bantuan dari pemerintah hanya untuk biaya operasional yaitu bantuan operasional sekolah (BOS) yang dibayarkan tiap semester.

Ferdian juga sering terlambat datang ke sekolah, bukan karena malas namun memang karena jarak tempuh rumahnya dan sekolahnya cukup jauh. Karena hal ini pula ia sering dimarahi gurunya.

Terkait dengan sikap guru yang sering memarahi Ferdian, Samsuri menegaskan akan mencari tahu dan menindaklanjuti hal ini apabila memang terbukti ada oknum guru yang bertindak demikian.

“Sebagai pembina madrasah, saya akan segera konfirmasi dengan memanggil kepala sekolahnya dan gurunya,” terang Samsuri.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren! Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa
BACA JUGA