Dengan munculnya media sosial memang yang namanya informasi bisa tersebar dengan sangat cepat. Kini tak lagi harus menunggau media cetak atau berita di TV, tinggal mentengin hp doang info terbaru dan terkini bisa dengan mudah diakses. Apalagi jika beritanya sangat urgent dan unik, makin cepat tersebarnya di dunia maya.

Seperti beberapa waktu yang lalu, sebuah video viral beredar dengan cepat di dunia maya. Bagaimana tidak, pasalnya ada sebuah tabrakan dengan benda tak kasat mata yang berhasil direkam. Lalu benarkah apa yang ada dalam video tersebut? Biar gak penasaran simak ulasan berikut.

Munculnya video tabrakan hantu yang bikin ngeri

Beberapa waktu yang lalu netizen dibuat heboh dengan beredarnya sebuah video viral. Bagaimana tidak, dengan judul tabrakan hantu / ghost crash tentu membuat banyak orang penasaran. Apalagi kalau sampai melihat videonya, dijamin banyak orang dibuat melongo. Bagaimana tidak, dalam video yang berdurasi kurang dari tiga menit itu menampilkan sebuah kecelakaan tunggal.

Artikel Lainnya
Sedang Menjadi Tren Make-Up Kekinian, Begini Fakta Terkait Freckles atau Kulit Berbintik Coklat
Dari Pujian Hingga Cacian, 4 Ragam Penyambutan Tim ‘Gagal’ Piala Dunia 2018

Uniknya bukan seperti kecelakaan tunggal karena tergelincir atau yang lain-lain namun malah cenderung hal di luar nalar. Ya, mobil-mobil tersebut seolah menabrak benda tak kasat mata bahkan membuat bagian yang tertabrak seolah penyok gak karuan. Hal tersebutlah yang sempat membuat geger netizen bahkan mengakibatkan perdebatan di sana.

Dimulai dari pesan Whatsapp menyebar ke media sosial

Dilansir dari smhoaxslayer, adanya video tabrakan hantu itu diperkirakan awalnya berasal dari pesan berantai aplikasi chating Whatsapp. Namun entah mengapa, seseorang netizen sempat mengunggahnya di media sosial hingga viral di media sosial. Awal mula video Whatsapp itu sendiri juga bukan dari Indonesia melainkan luar negeri.

Tabrakan hantu [sumber gambar]
Hingga akhirnya salah satu netizen Indonesia juga ikut mengunggahnya di media sosial. Berbagai komentar berbeda di dunia maya pun diungkapkan oleh netizen, mulai dari yang menghubungkan dengan hal tak kasat mata hingga berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Namun ada pula yang mengatakan kalau itu hanya hoax semata.

Meskipun seolah seperti nyata, ternyata hanya editan semata

Jika dilihat, kecelakaan tunggal yang terjadi memang seolah nyata di mata. Akan tetapi jika ditelusuri lebih lanjut ternyata video tersebut adalah hoax semata. Bukan karena adanya benda/makhluk tak kasat mata, melainkan sebuah editan sangat rapi dengan program pengedit video dan photoshop yang menghasilkan tampilan yang sangat nyata.

Bahkan ada video klarifikasi mengenai tabrakan hantu itu yang ternyata mobil-mobil tersebut menabrak kendaraan lain dengan cukup keras. Akhirnya banyak orang yang juga meng-share video klarifikasi ini agar netizen yang sebelumnya sudah menyebarkan tabrakan hantu segera menghapusnya. Mau bagaimana lagi, video tabrakan hantu sendiri sudah banyak disebar oleh banyak orang.

Sebuah video karya Donato Sansone dari Italia

Ternyata pria yang membuat video satu ini adalah seorang pria dari Italia. Donato Sansone adalah pria di balik tabrakan hantu yang namanya disematkan pada akhir video yang asli. Bukan hanya sebuah video editan semata, tabrakan hantu ini juga sempat ditampilkan pada sebuah festival film di Italia dan mendapatkan apresiasi yang sangat bagus.

Festival film itali [sumber gambar]
Banyak orang yang mengaku sangat salut pada editan dari Donato Sansone bagaimana dirinya bisa seolah menghilangkan sebuah mobil dalam adegan tabrakan secara sangat rapi sehingga seolah benar-benar nyata. Namun dirinya tidak mengira kalau video tersebut bisa viral seperti sekarang.

Adanya video tabrakan hantu ini memang sempat bikin heboh, apalagi isinya adalah hal yang diluar nalar. Namun sebagai netizen yang budiman akan lebih baik kalau kita mengecek dulu kebenaran sebuah informasi meski semenarik atau semustahil apapun usianya. Karena zaman sekarang banyak orang yang menyebarkan info palsu dengan tak tanggung jawab.